Mengenal Jenis Dan Ukuran Balok Kayu Secara Lengkap

Kayu gelondongan yang ingin dijadikan bahan material konstruksi ataupun furnitur perlu dipotong-potong lebih kecil agar bisa diolah lebih jauh. Sebagai contoh, ukuran balok kayu memiliki fungsi tertentu semisal untuk pembuatan kusen, tiang dan lain sebagainya. Berbeda dengan ukuran papan kayu yang umumnya diolah menjadi furnitur.

Informasi mengenai pengolahan kayu tersebut penting untuk Anda perhatikan agar risiko kesalahan dalam memilih ukuran dan jenis kayu dapat diminimalisir. Dengan begitu, biaya yang Anda keluarkan untuk bahan material kayu tidak terbuang dengan percuma.

Bagi Anda yang ingin membuat furnitur ataupun membangun rumah dengan bahan dasar kayu, maka sebaikanya baca artikel di bawah ini sampai selesai ya.




Jenis-Jenis Ukuran Kayu





Mengolah kayu untuk dijadikan sebagai material konstruksi ataupun furnitur tentu saja menuntut Anda untuk mengetahui berbagai macam jenis ukuran kayu. Dengan begitu, nantinya Anda dapat memutuskan kebutuhan ukuran kayu seperti apa yang harus dipilih berdasarkan kebutuhan.

Nah, bagi Anda yang masih bingung mengenai informasi tentang ukuran kayu, berikut ini adalah ulasan lengkapnya:


1. Ukuran Balok Kayu


Balok kayu merupakan potongan kayu berbentuk persegi panjang yang diambil dari bagian pohon yang ada di dalam. Ukuran balok kayu ini tergolong ukuran pengolahan kayu yang paling besar. Balok kayu umumnya memiliki ukuran panjang 2 sampai 4 meter, lebar 12 sampai 20 cm  dengan ketebalan 5 sampai 8cm.

Ukuran balok kayu yang umum digunakan adalah 5x10 cm hingga 8 x 15 cm dengan panjang 2 meter sampai 4 meter.

Dengan ukuran tersebut, balok kayu biasanya dimanfaatkan untuk membuat kusen pintu atau jendela, kuda-kuda dan tiang-tiang pondasi konstruksi rumah. 

Harga kayu balok cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis kayu dengan ukuran lainnya.


2. Ukuran Reng Kayu




Sesuai dengan namanya, ukuran kayu ini digunakan sebagai reng untuk penopang bagian penutup atap bangunan.Reng ini menghubungkan ke kayu kaso/usuk agar penutup atap seperti genteng bisa tertopang dengan baik dan stabil.

Dalam proses instalasinya, bagian reng kayu harus terpasang dengan baik. Pastikan ukuran jarak pemasangan reng disesuaikan dengan ukuran genteng yang digunakan.

Karena ukuran reng kayu ini jauh lebih kecil daripada ukuran balok kayu, membuat harga reng lebih murah. Lebih detailnya mengenai ukuran reng kayu  tersedia dalam berbagai ukuran, seperti 2x3 cm dan 3x4 cm dengan panjang sekitar 3-4 meter. 


3. Ukuran Kayu Kaso


Setelah reng, Anda juga perlu tahu ukuran kayu kaso/usuk kayu. Selain untuk usuk, ukuran kayu kaso ini biasanya digunakan dalam pembuatan lis plafon, bekisting, dan lain sebagainya.

Pilihlah kayu usuk yang memiliki ukuran ringan namun awet. Ukuran kayu kaso pada umumnya adalah 4x6 cm dan 5x7 cm. 


4. Ukuran Papan Kayu



Papan kayu merupakan jenis ukuran kayu yang biasa digunakan untuk membuat furnitur, duan pintu, daun jendela, maupun dinding. Papan kayu memiliki ukuran yang lebih tebal daripada triplek.

Ukuran penampang papan kayu adalah 2x10 cm, 2x20 cm, 3x20 cm, dan 3 x 30 cm. Ukuran ini biasanya digunakan untuk papan lisplang. Sementara itu ukuran papan kayu 4×15 cm, 4×20 cm, 4×25 cm, dan 4x30cm biasa digunakan untuk pembuatan mebel, daun pintu dan jendela.


5. Ukuran Triplek Kayu


Triplek merupakan kayu lapis pabrikan yang disusun dari lapisan kayu (venir kayu) dengan merekatkan bersama-sama sesuai arah serat atau urat kayu (grain). Meskipun melalui proses perekatan, namun triplek kayu ini memiliki kekuatan yang stabil dan kokoh.

Ukuran triplek tersedia mulai dari ketebalan 0,8 mm hingga 32mm. Sedangkan di Indonesia, ukuran ketebalan triplek mulai dari 3mm sampai 32 mm dengan panjang x lebar berturut-turut 2440mm x 122mm.


Perlu diperhatikan bahwa ukuran balok kayu yang disebutkan di atas hanya merupakan ukuran yang umum digunakan, dan mungkin terdapat variasi ukuran balok kayu yang berbeda di tempat lain. Sebagai contoh, ukuran balok kayu yang digunakan di Amerika Serikat mungkin berbeda dengan ukuran balok kayu yang digunakan di Indonesia.

0 Response to "Mengenal Jenis Dan Ukuran Balok Kayu Secara Lengkap"

Post a Comment