Beragam Alat Tukang Bangunan di Indonesia dan Luar Negeri Lengkap Jenis dan Harga

Saat ini, alat tukang bangunan menjadi benda wajib yang harus ada di rumah bagi pria. Ini disebabkan karena banyaknya benda dan furnitur di rumah yang terkadang harus diperbaiki sendiri tanpa menyuruh tukang. Agar koleksi Anda lengkap, pastikan jenis peralatan di Indonesia dan luar negeri harus dimiliki.

Pasalnya, beberapa alat tukang di Indonesia ada yang kurang lengkap dan canggih sehingga membutuhkan sentuhan alat dari luar negeri yang lebih modern. Dengan begitu, proyek yang dikerjakan bisa diselesaikan dengan mudah dan efisien. 



15 Alat Tukang Bangunan di Indonesia dan di Luar Negeri


Pada dasarnya, peralatan tukang di Indonesia maupun luar negeri sama saja. Perbedaannya hanya pada tingkat kecanggihan dari alat tersebut. Berikut beberapa alat-alat tukang yang wajib dimiliki di rumah ataupun dimiliki para tukang untuk mendukung pekerjaan yang dilakukan. 


1. Obeng 


a. Fungsi

Obeng berguna untuk memasang dan membuka skrup pada berbagai peralatan, mulai dari elektronik, furniture, hingga otomotif. 

b. Jenis

Ada banyak sekali jenis obeng jika dilihat dari bentuk matanya, yaitu:

  • Obeng pipih untuk mengencangkan atau melonggarkan sekrup berbentuk minus.
  • Obeng kembang memiliki bentuk tanda tambah untuk membuka dan menutup baut plus.
  • Obeng ratchet dengan bentuk seperti pistol untuk memasang semua jenis mata obeng.
  • Obeng magnet, mengandung magnet untuk mempermudah pengambilan baut dengan matanya.
  • Obeng taspen yang difungsikan mengecek aliran listrik. 


c. Merk dan Harga


Ada banyak merk obeng, beberapa di antaranya adalah merk Bosch, Tekiro, dan Inco. Kisaran harganya mulai dari 19 ribu bagi yang satuan, serta mencapai 400 ribu untuk obeng dengan mata lengkap.

2. Bor





a. Fungsi

Fungsi alat tukang bangunan yang satu ini sangat banyak sehingga hampir dimiliki semua pria di rumahnya. Beberapa di antaranya adalah melubangi kayu, papan, tembok, memasang furniture, hingga membuka dan melepas sekrup. 

b. Jenis

Jenis-jenis bor meliputi:

  • Bor tangan dengan variasi mata bor 6,5 mm, 10 mm, hingga 32 mm.
  • Bor impact biasa dipakai untuk melubangi dinding karena memiliki getaran.
  • Bor SDS+ yang dilengkapi dua mode penggunaan, yakni putaran saja serta getaran dan putaran.
  • Bor Cordless, mesin ini banyak ditemukan di luar negeri dengan baterai sebagai tenaganya dan dipakai pada pekerjaan ringan. 
  • Bor magnet juga terdapat di luar negeri dengan kombinasi magnet pada bagian bawahnya untuk mengebor dinding berbahan besi.


c. Merk dan Harga

Merk bor juga tidak jauh dengan alat bangunan lainnya, yakni Bosch serta Ryu. Kisaran harganya sesuai dengan variasinya. Untuk bor tangan biasa sekitar 400 hingga 700 ribu saja. Sementara bor canggih seperti SDS dan magnet bisa mencapai 4 hingga 5 juta.  


3. Tang





a. Fungsi

Tang memiliki bentuk yang mirip dengan gunting. Fungsinya sangat beragam, mulai dari memotong kabel, kawat, tembaga, dan sebagainya. Tang juga sering dipakai mencabut paku yang menempel pada dinding. 

b. Jenis 

Jenis-jenis tang sesuai dengan fungsi dan bentuknya adalah:

  • Tang kombinasi, bersifat multifungsi untuk memotong kabel, mengupas kulit kabel, dan melilitkannya. 
  • Tang cucut, berguna memotong dan menjepit kabel dengan mulutnya yang menyerupai cucut.
  • Tang rivet, memiliki bentuk dan fungsi yang agak berbeda dengan tang lainnya yakni membuat berbagai furniture dengan menancapkan paku rivet pada objeknya. 
  • Tang buaya, untuk menjepit mur dan baut yang besarnya bisa diatur sesuai ukuran objek. 


c. Merk dan Harga

Ada banyak merk tang yang bisa dipilih sesuai kualitas yang diinginkan, seperti Krisbow, Fujiya, Ingco, dan Tekiro. Adapun harganya untuk jenis tang pemotong biasa hanya berkisar antara 30 hingga 50 ribu. Sedangkan tang variasi lainnya ada yang mencapai 90 hingga 180 ribu. 


4. Gergaji



a. Fungsi

Gergaji adalah alat pertukangan yang selalu dibawa dalam berbagai proyek. Fungsinya untuk memotong besi, kayu, dan berbagai perkakas dengan material tersebut. 

b. Jenis

Secara umum, hanya ada 4 jenis gergaji yang biasa dipakai, yaitu:

  • Gergaji tangan yang biasa digunakan menggunakan tangan secara manual.
  • Gergaji mesin yang diaplikasikan dengan mesin tanpa menggeseknya.
  • Gergaji circular saw berbentuk bulat dan juga diaplikasikan dengan mesin.
  • Gergaji besi, khusus untuk memotong benda berbahan besi dan dijual dalam bentuk mata gergaji. 


c. Merk dan Harga

Merk gergaji yang terkenal adalah Efco, Ryu, Tanitec, Trusco, Bosch, dan Ingco. Selain itu masih ada merk lainnya yang bisa ditemukan di pasaran. Harga yang paling murah adalah jenis gergaji besi dengan kerangkanya, yakni 35 hingga 50 ribu. 

Sedangkan jenis gergaji mesin terkenal seperti Efco yang berbahan bakar bensin bisa mencapai 10 juta 


5. Palu dan Paku




a. Fungsi


Paku dan palu adalah dua benda yang tidak bisa dipisahkan. Palu berfungsi untuk memasang paku dan menghancurkan berbagai benda keras, sementara paku untuk mengaitkan benda pada dinding objek lainnya. 

b. Jenis

Umumnya palu hanya memiliki 1 jenis yang berbahan besi untuk segala keperluan. Tapi secara spesifik ada beberapa jenis palu sesuai material objek yang dipasangkan, yaitu:

  • Palu besi.
  • Palu tembaga.
  • Palu plastik.
  • Palu kayu.
  • Palu batu.
  • Palu karet.


c. Merk dan Harga

Merk palu yang paling banyak digunakan adalah Tekiro, Trusco, hingga Krisbow. Kisaran harganya untuk palu jenis biasa hanya 50 hingga 75 ribu. Sementara palu jenis metal, tembaga, dan jenis lainnya berkisar antara 100 hingga 600 ribu. 


6. Gerinda





a. Fungsi

Gerinda termasuk alat tukang bangunan modern yang mulai banyak digunakan. Penggunaannya sangat praktis karena digerakkan dengan mesin. Fungsi utamanya untuk memotong berbagai besi dan logam. Bisa juga dipakai untuk menggerus dan mengasah benda tertentu.

b. Jenis

Mesin gerinda bisa dibedakan lagi berdasarkan mesin dan fungsi utamanya, yaitu:

  • Gerinda silindris untuk mengerjakan benda yang berbentuk silindris.
  • Gerinda  permukaan  untuk mendapatkan permukaan yang halus dan datar.
  • Gerinda duduk yang bisa dipasang pada meja kerja secara praktis.
  • Gerinda tangan yang umum dipakai dan dioperasikan dengan tangan.


c. Merk dan Harga

Gerinda merk Ryu adalah yang umum ditemukan. Namun ada juga merk lainnya seperti Mailtank, Bosch, Kairos. Kisaran harganya cukup terjangkau, yakni 155 sampai 300 ribu tergantung merk dan jenisnya. 


7. Serutan Kayu





a. Fungsi

Sesuai namanya, alat ini dipakai untuk merapikan kayu dan menghaluskan permukaannya sehingga lebih rapi sebagai langkah finishing pada furniture. Serutan kayu juga sering dikenal dengan sebutan mesin ketam


b. Jenis

Mesin ketam hanya memiliki satu jenis dengan fungsi yang sama. Namun klasifikasinya biasanya dibedakan berdasarkan merk mesinnya. 


c. Merk dan Harga

Merk terkenal dengan kualitas tinggi dari mesin ini adalah Makita dan Bosch. Harganya juga sangat tinggi dibandingkan merk lain, yakni berkisar antara Rp1.400.000,000 – Rp1.500.000,00. Sementara mesin serut merk biasa seperti Vukido dan Modern antara 400 sampai 700 ribu. 


8. Tangga Lipat Aluminium



a. Fungsi

Tangga sebagai alat pertukangan dapat difungsikan untuk memasang lampu atau memperbaiki atap yang bocor. Tangga ini dapat difungsikan seperti halnya scaffolding, yaitu untuk mengecet tembok. 

Setidaknya dengan menggunakan tangga, Anda cukup meletakkan tangga di dekat objek yang akan Anda perbaiki. Dan kemudian, Anda tinggal menaikinya.

b. Harga

Harga tangga lipat aluminium ini berkisar Rp500.000 hingga Rp1.000.000. Harga tersebut tergantung dari merek dan jenis tangga lipat yang Anda pilih.


9. Kunci Inggris


a. Fungsi

Kunci inggris memiliki fungsi untuk mengencangkan dan melonggarkan mur. Alat pertukangan ini memiliki beragam ukuran yang dapat disesuaikan dengan ukuran mur. 

Seperti halnya obeng, penggunaan kunci inggris dilakukan dengan cara memasang kunci pas sepenuhnya sehingga kepala baut tercengkeram dengan baik dan tidak terlepas.

Untuk melepaskannya, Anda perlu menarik kunci ke arah luar dan begitu juga sebaliknya apabola Anda ingin mengencangkan mur.

b. Harga

Kunci Inggris tersedia dan dijual dalam dua jenis koleksi, yaitu dijual secara terpisah sesuai dengan ukuran dan ada pula yang dijual dalam bentuk satu set atau paket.

Satu set Kunci Inggris biasanya memiliki harga berkisar Rp. 40.000 hingga Rp. 180.000 tergantung ukuran dan model kunci inggris yang Anda pilih.


10. Sekop




a. Fungsi

Sekop merupakan alat tukang bangunan yang berfungsi untuk memindahkan pasir ke tempat yang diinginkan, seperti ke dalam truk. Selain itu, sekop juga digunakan bersama-sama dengan cangkul untuk mengaduk adonan semen. 

Tak hanya digunakan untuk memperlancar proses pekerjaan proyek bangunan, sekop juga dapat dijadikan sebagai alat berkebun khususnya untuk menggemburkan tanah.


b. Harga

Harga sekop biasanya berkisar antara Rp50.000 sampai Rp180.000 tergantung ukuran dan bahan pembuatnya.


11. Cetok / Sendok Semen



a. Fungsi

Cetok atau sendok semen memiliki fungsi untuk emudahkan pekerjaan pasangan batu untuk dinding rumah. Tak hanya sebagai alat tukang bangunan, cetok juga dapat digunakan untuk berkebun seperti untuk menggali tanah saat bercocok tanam.

b. Harga

Cetok dijual mulai dari Rp6.000 sampai Rp20.000 saja.


12. Mata Gergaji Besi




a. Fungsi

Sesuai namanya, alat pertukangan ini memiliki fungsi untuk memotong besi. Selain itu, mata gergaji besi biasanya juga digunakan untuk memotong pipa PVC.

b. Harga

Mata gergaji besi ini dijual mulai dari Rp10.000 sampai Rp50.000 atau lebih mahal lagi tergantung dengan merek dan kualitasnya.

13. Cangkul



a. Fungsi

Cangkul bukanlah alat pertukangan yang asing. Alat ini banyak digunakan untuk menggali tanah, menimbun tanah dan sebagainya. Dalam pekerjaan proyek bangunan, alat tukang bangunan ini digunakan untuk mengaduk adonan semen.

b. Harga

Cangkul dijual berkisar mulai dari Rp40.000 tanpa gagang. Jika Anda membeli komplit dengan gagang biasanya harus merogoh kocel mulai dari Rp60.000.


14. Materan




a. Fungsi

Alat meteran memiliki fungsi untuk  mengukur suatu bidang. Tersedia dalam berbagai ukuran sesuai dengan penggunannya, mulai dari 3 meter, 5 meter, 30 meter, dan bahkan ada yang mencapai 100 meter.

b. Harga

Harga meteran bervasiasi tergantung dari merek dan panjangnya. Secara umum, meteran dapat Anda dapatkan mulai dari Rp30.000 hingga Rp. 160.000.


15. Helm Safety


a. Fungsi

Sesuai dengan namanya, helm proyek ini berfungsi untuk melindungi kepala dari risiko kemungkinan yang tidak diinginkan. Selain itu, alat dan perlengkapan tukang bangunan ini dapat digunakan untuk memudahkan identifikasi jabatan atau profesi pihak yang mengenakannya.

Baca juga: Arti Warna Helm Proyek


b. Harga

Harga proyek atau helm safety ini berkisar mulai dari Rp30.000 sampai Rp70.0000.


-------------

Sejumlah alat tukang bangunan di atas tergolong paling sering dibutuhkan dan digunakan dalam setiap proyek pembangunan ataupun perbaikan di Indonesia dan luar negeri. Sebagai antisipasi sebelum membutuhkannya, Anda bisa mengoleksi 7 alat tersebut untuk mempermudah pekerjaan. 

0 Response to "Beragam Alat Tukang Bangunan di Indonesia dan Luar Negeri Lengkap Jenis dan Harga"

Post a Comment