8 Model Pot dari Pipa PVC dan Cara Membuatnya

Pipa PVC diproduksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan saluran air atau saluran limbah. Namun, karena kreativitas manuasia pipa PVC ini bisa juga dikreasikan menjadi pot tanaman/tumbuhan. Pot dari pipa PVC ini umumnya digunakan untuk tanaman hidroponik, namun seiring perkembangannya, masyarakat juga mengkreasikannya untuk tanaman hias, atau bahkan tanaman artificial.

Banyak sekali model pot dari pipa PVC yang bisa Anda jadikan inspirasi, untuk menghiasi interiuor rumah atau halaman bagian depan. Ukuran pot pipa PVC pun bisa disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan. Selengkapnya, bisa dibaca di bawah ini, ya.




Model Pot Dari Pipa PVC

Bagi Anda yang ingin menghiasi interior maupun eksterior rumah dengan tanaman, bisa menggunakan pot pipa PVC yang menarik ini. Anda bisa mengkreaikannya menjadi model yang beragam dengan warna-warna yang menarik. Berikut ini pilihan model desain pot berbahan pipa PVC yang bisa Anda jadikan inspirasi:


1. Pot dari Pipa PVC Berwarna Merah

Pot bunga dari bahan pipa PVC yang pertama adalah model gantung. Pipa PVC tersebut dilubangi membentuk persegi panjang yang difungsukan ebagai dudukan untuk tanaman. Tak lupa, lakukan pengecatan untuk menambah daya tarik dari pot pipa PVC ini. Pilih warna-warna yang kontras dengan warna tanaman, seperti warna merah yang nampak pada gambar di bawah ini.





2. Pot Tanaman Hidroponik dari Pipa PVC

Model pot dari pipa PVC yang paling umum adalah didesain untuk tanaman hidroponik. Sistem ini sangat cocok untuk Anda yang tidak mempunyai lahan luas namun ingin bercocok tanam.

Pot pipa PVC untuk tanaman hidroponik ini tidak membutuhkan tanah untuk media tanamnya. Sebagai penggantinya, Anda akan menggunakan air sebagai medium bertani ala hidroponik ini.

Perbedaan sistem hidroponik dan sistem konvensional, hidroponik bekerja dengan melarutkan nutrisi tanaman ke dalam air sehingga akar tanaman akan mendapatkan pasokan berbagai nutrisi sesuai kebutuhan tanaman. Sedangkan pada pertanian konvensional, nutrisi berada di dalam tanah sehingga akar akan akar mencari sendiri nutrisi sesuai kebutuhan




3. Pot dari Pipa PVC dengan Logam pada Ujungnya


Anda juga bisa mengkombinasikan pipa PVC dengan logam bessi seperti pot bunga ini. Denga ujung berupa logam berbahan besi, desain pot pipa PVC ini akan nampak elegan. Sebelumnya pastikan diameter pot dan logam besi memiliki ukuran yang sama.


4. Pot dari Pipa PVC Minimalis

Sesuai dengan namanya ukuran pot pipa PVC ini kecil. Untuk mendapatkan desain yang menarik, Anda bisa mengkreasikan bentuknya ke atas, berkelok, atau membentuk seperti huruf U. Pot bunga ini hanya cocok untuk menyimpan tanaman yang ukurannya juga kecil.


5. Pot Pipa PVC Satu Batang

Jika biasanya pot dibuat dengan ukuran yang cukup megah, Anda bisa mencoba konsep yang unik yang satu ini yaitu pot PVC dengan model satu batang pipa. Buatlah lebih dari tiga model pot ini sehingga nantinya Anda bisa menempatkannya secara berselang seling baik di tangga ataupun di atas lemari, atau rak bunga dari kayu/besi.

Pot bunga ini juga cocok diletakkan pada pojok atau sudut ruangan.



6. Pot Bunga Pipa PVC Warna-Hijau

Menambah keindahan teras rumah tidak harus mahal. Anda bisa menggunakan pipa PVC ini untuk dijadikan pot-pot bunga yang cantik. 

Pot dari pipa PVC ini bisa Anda dijadikan sebagai pajangan unik dan juga memberikan nuansa segar pada teras rumah. Untuk menambah keindahannya, Anda bisa mengecatnya dengan warna hijau dan juga memasangkannya dengan desain pot mirip batu bata.

Baca juga: 6 Warna Pilihan untuk Keramik Teras Depan dan Merek Terbaiknya



Karena ukurannya tidaklah terlalu tinggi dan besar seperti model pot pipa PVC yang lainnya, pot yang satu ini bisa ditaruh di rak bunga dari kayu, ya.

7. Pot Pipa PVC Dihasi dengan Cat Lukis

Desain dan konsep pada pot berbahan pipa PVC ini sangat unik dan menarik, yaitu dengan memanfaatkan sambungan pipa Y branch. 

Karena bentuknya yang unik, maka Anda bisa menambahkan cat lukis dengan gambar-gambar yang unik pula. Sedangkan untuk dudukannya, bisa menggunakan papan kayu yang dicat dengan warna senada.





8. Pot Pipa PVC Vertical Planting

Rumah atau bangunan yang berdiri di lahan yang sempit pada umumnya jarang dihiasi sesuatu. Keterbatasan lahan tersebut membuat masyarakat urban malas untuk menanam tanaman di rumahnya. Nah, dengan konsep vertical planting yang memanfaatkan pot pipa PVC seperti ini bisa menjadi solusi, lho.



Cara Membuat Pot dari Pipa PVC


Beragam produk jenis pipa PVC banyak digunakan sebagai sistem pertanian hidroponik. Meskipun saat ini banyak toko tanaman yang menjual pot pipa pvc tersebut, tetapi Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah sebagai berikut:




  • Pipa PVC 6 inch atau 3 inch, sebanyak 3 buah
  • Fitting PVC elbow 90 derajat berukuran 6 inch atau 3 inch, sebanyak 2 buah
  • Media tanam dan bibit/biji tanaman
  • Pot atau gelas plastik bekas
  • Gergaji
  • Bor


Langkah-Langkah:


  1. Gunakan bor atau alat lain untuk melubangi Pipa PVC seukuran gelas plastik. Dan berikan jarak anta lubang sekira 20 cm agar tanaman hidroponik yang tumbuh tidak saling berhimpitan.
  2. Pasang elbow 90 derajat pada ujung pipa PVC yang telah di lubangi. Untuk penyambungannya tidak perlu menggunakan lem agar nantinya mudah dilakukan pencopotan ataupun pemasangan kembali.
  3. Pasang 2 Pipa PVC terakhir pada ujung elbow 90 derajat yang telah dipasang, 2 pipa ini akan menjadi kaki pot.
  4. Untuk bisa diletakkan secara berdiri tegak, tanamlah kaki pot ke dalam tanah. 
  5. Masukan media tanam ke dalam pot kecil atau gelas plastik yang telah teredia. Langkah berikutnya, masukan bibit atau biji tanaman ke dalam media tanam tersebut, dan selanjutnya masukan gelas plastik yang sudah diisi media tanam dan bibit tersebut  ke dalam lubang lubang pipa.
  6. Siram dan berikan cairan nutrisi dan pupuk secara rutin.


Itulah model pot pipa PVC dan juga langkah-langkah pipa PVC untuk sistem berocok tanaman secara hidroponik. Bagaimana, unik, kan?

0 Response to "8 Model Pot dari Pipa PVC dan Cara Membuatnya"

Post a Comment