8 Model Rak Bunga Dari Bahan Kayu Menarik Dan Harganya

Dalam menata pot bunga sebaiknya gunakan rak khusus yang dibuat dari bahan yang menarik dan juga berkualitas. Salah satunya adalah rak bunga dari kayu. Susunan pot bunga di rumah Anda akan semakin terlihat cantik, jika model dan desain raknya pun memiliki tampilan menarik. Rak bunga dari kayu tersebut akan membuat pot bunga Anda semakin tertata dengan rapi dan juga menarik perhatian bagi yang melihatnya.

Banyak sekali desain rak bunga yang bisa Anda gunakan, untuk menetapkan pot-pot bunga tersebut. Ukurannya pun bisa disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan. Mulai dari ukuran kecil, sedang hingga besar semuanya tersedia untuk menaruh pot bunga agar semakin rapi dan enak dipandang.


8 Model Rak Bunga dari Kayu


Bagi Anda yang hobi menanam tanaman hias menggunakan berbagai jenis tanaman dan pot bunga menarik, Anda bisa menggunakan rak berbahan kayu dengan desain dan model yang beragam. Berikut ini pilihan rak bunga berbahan kayu yang bisa Anda jadikan inspirasi:


1. Rak Bunga Bertingkat Model Kotak

Rak Bunga Bertingkat Model Kotak


Rak bunga yang satu ini memiliki beberapa tingkatan sehingga Anda bisa menaruh beberapa pot bunga di sana. Apabila Anda membuatnya sendiri jumlah tingkatannya bisa disesuaikan. Rak bunga berbahan kayu dengan model susun tiga tingkatan ini simpel, namun fungsional sekali.

2. Rak Bunga Kayu Minimalis

Rak Bunga Kayu Minimalis


Sesuai dengan namanya ukuran dari rak bunga berbahan kayu ini kecil dan hanya terdiri dari 2 tingkatan saja, ke atas dan bawah serta kanan dan kiri. Rak kayu ini hanya cocok untuk menyimpan pot bunga yang ukurannya juga kecil.

3. Rak Bunga Kayu Kombinasi Besi

Rak Bunga Kayu Kombinasi Besi


Anda juga bisa mengkombinasikan bahan kayu dengan besi seperti rak bunga ini, dengan tiang berbahan besi tetapi dudukannya terbuat dari kayu. Ukurannya panjang dan lebar sehingga memuat banyak pot bunga di sana. 

4. Rak Bunga Kayu Model Segitiga

Rak Bunga Kayu Model Segitiga


Rak bunga dari bahan kayu lainnya yang juga bisa Anda jadikan inspirasi adalah rak bunga berbentuk segitiga. Rak susun 4 tingkat ini memiliki ukuran dudukan yang berbeda-beda, mulai dari yang kecil paling atas hingga yang besar di bagian bawah.

5. Rak Bunga Susun Seperti Rak Sepatu

Rak Bunga Susun Seperti Rak Sepatu


Rak untuk menyimpan pot bunga berbahan kayu ini merupakan rak susun, yang desain dan modelnya mirip dengan rak sepatu. Ukurannya bisa disesuaikan, tetapi tidak terlalu lebar. Desainnya juga sederhana saja dan cukup tinggi.

6. Rak Bunga Kayu Model Tempel

Rak Bunga Kayu Model Tempel via Hipwee


Kini, ada banyak jenis pot bunga yang bisa Anda gunakan. Maka model rak bunganya pun disesuaikan dengan jenis potnya. Anda bisa memilih model rak bunga tempel sehingga penyimpanan pot pun dengan cara ditempel di rak tersebut.

7. Rak Bunga Kayu Desain Love

Rak Bunga Kayu Desain Love

Desain dan konsep pada rak berbahan kayu ini sangat unik dan menarik, yaitu mengusung tema romantis dengan kombinasi bahan besi. Ukuran dudukannya juga medium, pas untuk pot-pot bunga yang ukurannya kecil maupun medium.


Model rak bunga kayu ini sangat cocok jika diletakkan pada taman lorong samping rumah.

8. Rak Bunga Kayu Tingkat Satu Tiang

Jika biasanya rak bunga kayu dibuat dengan ukuran yang cukup melebar, Anda bisa mencoba konsep yang unik yaitu rak dengan model satu tiang. Dudukannya di bagian kanan dan kiri dengan penempatan yang selang seling. Atau juga bisa dibuat seperti pyramid. Rak bunga kayu ini cocok diletakkan pada pojok atau sudut dinding.

Rak Bunga Kayu Tingkat Satu Tiang Dudukan Selang Seling



Rak Bunga Kayu Tingkat Satu Tiang Model Pyramid



Cara Membuat Rak Bunga dari Kayu

Jenis rak bunga yang banyak digunakan oleh sebagian besar orang adalah rak yang berbahan kayu. Walaupun ada banyak toko yang menjual rak berbahan kayu tersebut, tetapi Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Siapkan Alat dan Bahan

Alat:

  • Palu atau alat paku tembak
  • Amplas
  • Alat ukur
  • Kuas

Bahan:

  • Kayu bekas
  • Cat
  • Paku


2. Menentukan Konsep Rak 

Jika alat dan bahannya sudah dipersiapkan maka langkah selanjutnya adalah tentukan konsep raknya terlebih dulu. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat konsep rak kayu ini, yaitu sebagai berikut:

  • Tentukan dahulu jumlah susunan rak yang nanti akan dibuat.
  • Tentukan ukuran tinggi rak tersebut.
  • Tentukan ukuran jarak antar tingkat rak.
  • Tentukan panjang papan di setiap tingkatan raknya.
  • Buat desain rak yang Anda mau.


3. Cara Membuat

  • Potong Kayu Bekas

Potonglah kayu bekas yang nanti akan Anda gunakan, dengan menggunakan gergaji. Potong berdasarkan ukuran yang telah Anda tentukan sebelumnya. Lakukan secara perlahan saja supaya hasilnya rapi.

  • Rangkai Potongan Kayu

Kemudian rangkai potongan-potongan kayu tersebut, yang dimulai dari bagian kaki. Setelah itu lanjutkan ke bagian yang lainnya. Gunakan paku tembak untuk merekatkan setiap potongan kayu. 

  • Finishing

Periksa kembali setiap bagian rak apakah sudah berdiri dengan kokoh dan mampu menahan berat pot tanaman. Tampilkan unsur kayu pada rak jika Anda ingin menambah kesan alami, caranya dengan mempernis rak tersebut.

Gunakan warna-warna cerah jika Anda ingin mengecatnya dan pilihlah warna cat yang cocok dengan konsep rumah Anda.

Harga Rak Bunga dari Kayu

Kini, ada banyak toko-toko furnitur yang menjual rak bunga berbahan kayu di pasaran. Harganya juga sangat variatif tergantung dari jenis bahan kayu yang digunakan, desain, hingga model dan jumlah tingkatannya.

Biasanya semakin banyak jumlah tingkatannya maka harganya pun akan semakin mahal. Namun hal itu tetap bergantung pada jenis bahan kayu yang digunakan, karena ada yang menggunakan kayu biasa ada pula yang dibuat dari bahan kayu berkualitas yang harganya memang sudah cukup mahal.

Untuk harga rak bunga dari kayu dua tingkat kisaran harganya di pasaran yaitu sekitar Rp.300.000,-. Sedangkan untuk rak bunga 3-4 tingkat harganya jauh lebih mahal yaitu sekitar Rp.700.000,-. Ukuran tingginya kurang lebih sama antara rak 2 dan 3 tingkat, yang membedakan adalah ukuran lebarnya.

Anda bisa menyesuaikan dahulu dengan kebutuhan, jenis rak kayu apa yang harus Anda beli dan pilih yang harganya sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

0 Response to "8 Model Rak Bunga Dari Bahan Kayu Menarik Dan Harganya"

Post a Comment