Ide Dekorasi Rumah Bergaya Shabby Chic, Interior Ruang Tamu dan Kamar Tidur

Ada banyak jenis konsep desain yang bisa Anda pilih saat ini, untuk desain rumah kekinian. Mulai dari konsep minimalis, skandinavian, kontemporer hingga shabby chic. Konsep dan desain shabby merupakan desain yang elegan dan cenderung feminin tapi juga tegas.

Tampilan dari desain shabby lebih mengarah pada model vintage atau retro. Keseluruhan dari desain ini dominan dengan motif floral yang sangat indah. Namun dalam menerapkan konsep shabby ini memang tidak mudah, karena harus dilakukan dengan aturan yang tepat agar hasilnya pun maksimal.

Dekorasi Rumah Bergaya Shabby Chic


Konsep dan Cara Penataan Shabby Chic

Supaya tidak salah, Anda harus menerapkan konsep serta penataan pada desain shabby ini dengan tampilan yang segar dan enak dipandang, ikuti langkah berikut: 

1. Menghadirkan Nuasan Putih yang Dominan

Warna putih hampir selalu menjadi pilihan pada setiap konsep dan desain interior suatu hunian yang kekinian. Termasuk desain shabby yang satu ini, Anda harus pilih warna putih sebagai warna dasar yang akan membuat warna-warna di sekitarnya lebih netral.

Apalagi jika Anda sudah memilih terlalu banyak warna di suatu ruangan, maka netralkan saja dengan warna putih agar tampilannya semakin memukau dan sangat chic.

2. Tampilkan Kesan Unfurnished

Ciri yang paling menonjol dari desain shabby di sebuah desain interior adalah kesan lusuh. Namun lusuh yang menarik, bukan lusuh yang tidak terawat. Kesan lusuh ini bisa Anda tampilkan dengan sengaja, dengan membuat konsep unfurnhised pada suatu ruangan.

Konsep unfurnished ini adalah konsep ruangan yang memberi kesan belum selesai. Contohnya dengan tak usah memplester batu bata atau buat cat kursi dan meja yang tidak merata. Masih banyak pilihan lainnya dari kesan unfurnished yang bisa Anda sesuaikan dengan tema rumah.

3. Pilih Warna Pastel yang Lembut

Jangan menambahkan warna yang mencolok pada desain shabby, karena konsep shabby lebih dominan ke warna-warna lembut seperti warna pastel. Pilih salah satu warna utama yang paling Anda suka, lalu seimbangkan lagi dengan warna komplementernya.

Gaya dari desain shabby ini tidak banyak mengeksplorasi warna atau kontras warna yang tinggi. Namun lebih ke warna-warna monokrom yang lebih aman dan kalem.

4. Adanya Sentuhan Vintage

Seperti yang telah dibahas di atas tadi, desain dan konsep shabby ini erat kaitannya dengan gaya vintage. Maka tambahkan unsur vintage pada desain interior rumah Anda, baik dalam hal furniturnya atau finishingnya.

Pilih jenis-jenis furnitur yang kesan vintagenya sangat kuat dan terasa. Misalnya lemari kayu yang kusam tapi elegan, atau kursi jengki yang merupakan jenis kursi yang banyak digunakan di zaman dahulu.

5. Tambahkan Material Kain

Kain linen dan katun sering kali dipakai untuk menghiasi ruangan yang berkonsep shabby. Apabila Anda lebih suka kain bermotif maka pilihlah motif bunga-bunga khas shabby. 

Material kain ini bisa Anda aplikasikan pada apa saja misalnya gorden, seprai, taplak meja, sarung bantal, sarung sofa dan lain sebagainya.

6. Atur Pencahayaan yang Redup

Ciri dan karakteristik lainnya dari desain shabby adalah memiliki pencahayaan ruangan yang redup. Gunakan sistem pencahayaan tak langsung atau indirect lighting yang akan mengarah ke langit-langit ruangan, yang akan memantul ke seluruh ruangan.

7. Menggunakan Chandelier

Anda juga bisa menambahkan chandelier supaya memberi kesan elegan di ruangan. Chandelier bekas atau baru tidak masalah, selama hal itu bisa menambah keanggunan suasana di rumah Anda. Pilih juga chendelier yang unik dengan desain vintage yang memesona.

Model Pengaplikasian Desain Shabby Chic

Lalu konsep apa saja yang bisa dipakai untuk mengaplikasikan desain shabby di interior rumah Anda? Berikut ini beberapa pilihan model pengaplikasian desain shabby pada interior rumah:

1. Ruang Tamu yang Hangat Ala Shabby



Gunakan warna-warna pastel untuk pilihan furnitur di ruang tamu shabby Anda. Tidak semua konsep interior shabby harus bernuansa antik, asalkan ada kesan vintagenya saja di dalamnya. Pilih hiasan dinding antik atau meja berbahan kayu alami.

2. Lantai Artistik dan Langit-langit Kayu 

Sebenarnya tak dibutuhkan biaya dekor yang besar pada rumah bergaya shabby. Misalnya dengan memilih lantai artistik yaitu lantai yang menggunakan material bahan kayu kasar, dengan warna putih ataupun motif bata. Bisa juga dipadukan dengan langit-langit berbahan kayu berwarna putih.

3. Ruang Tidur Bergaya Shabby Cantik



Fokus utama Anda pada ruangan tidur yang bergaya shabby adalah dengan pemilihan furnitur yang tepat. misalnya lemari belajar, buku, ranjang dan lemari baju bergaya klasik sekaligus vintage. 

4. Desain Kamar Romantis Shabby Chic



Pilihlah bantal dan sprei yang memiliki tema shabby yaitu dengan memilih motif floral kecil-kecil atau penuhi dengan nuansa putih dan pink yang dominan.

Masih banyak pilihan lainnya dari rumah dengan desain dan gaya shabby chic yang menarik, enak dipandang dan membuat penghuninya betah di sana. Bagi Anda yang suka dengan gaya klasik dan vintage, akan sangat cocok jika menggunakan konsep desain shabby yang sempurna.

0 Response to "Ide Dekorasi Rumah Bergaya Shabby Chic, Interior Ruang Tamu dan Kamar Tidur"

Post a Comment