11 Warna Cat Ruang Kerja Terbaik Dan Penjelasan Psikologi Warnanya

Lingkungan kerja yang nyaman tentu tercipta dari salah satunya dengan penataan warna cat ruang kerja kantor yang baik. Warna cat ruangan dapat memiliki efek yang luar biasa pada energi, kreativitas, dan fokus seseorang. Namun, sayangnya Anda tidak punya waktu untuk membaca buku teks tentang psikologi warna itu sendiri. Sebagai gantinya, berikut telah dirangkum dan telah digabungkan semua informasi terkait dengan pemilihan warna ruang kerja yang mungkin Anda butuhkan sebagai suatu panduan praktis.

Pertimbangkan efek psikologis warna cat ketika Anda memutuskan memilih warna cat interior untuk ruang kerja kantor Anda. Umumnya perusahaan memilih warna cat krem, abu-abu dan putih yang sifatnya netral disukai oleh semua orang. Sebenarnya masih banyak warna lain yang dapat menciptakan suasana kantor produktif sedangkan beberapa warna lain harus Anda hindari.

Dalam artikel ini, akan dibahas bagaimana memilih warna cat paling epic untuk ruang kerja kantor Anda, sehingga mempunyai nilai estetika yang indah sesuai dengan apa yang Anda inginkan.




Psikologi Warna Berpengaruhnya Terhadap Suasana Hati


Ahli psikolog warna yaitu Angela Wright telah mengembangkan Color Affects System. Beliau telah membuktikan bahwa ada korelasi antara warna dan perilaku manusia. Pada tahun 1984, beliau menulis Teori Wright setelah bertahun-tahun mempelajari warna dan pengaruhnya terhadap suasana hati dan perilaku manusia.

Sampai hari ini, para psikolog menggunakan teori Color Affects System sebagai salah satu tolok ukur psikologi warna. Teori tersebut secara umum menyimpulkan:


1. Biru: Pikiran

Warna biru dipercaya mampu merangsang pikiran sehingga timbul ide-ide cemerlang yang kemudian menghasilkan lebih banyak produktivitas. Rona palet warna biru ini ideal untuk ruang kerja para akuntan agar produktivitasnya meningkat dan membuatnya tetap fokus dalam bekerja.


2. Merah: Tubuh

Seperti disebutkan, merah membangkitkan gairah dan cocok untuk menemani pekerjaan fisik seperti konstruksi. Warna ini akan merangsang energi mereka dalam bekerja.


3. Kuning: Emosi

Warna kuning dipercaya mampu merangsang emosi, yang cocok sekali untuk diaplikasikan pada industri kreatif. Selain itu, warna ini juga mampu membangkitkan perasaan bahagia.


4. Hijau: Keseimbangan

Warna hijau merupakan warna yang mampu menciptakan keseimbangan, ketenangan, dan kepastian. Jadi, jika Anda bekerja di industri keuangan, warna ini sangatlah cocok untuk desain kantor kantor Anda.


5. Warna Sekunder

Saat kita mencampurkan dua warna primer, maka akan dihasilkan warna sekunder.

Misalnya, oranye merupakan hasil campuran dari warna kuning yang menciptakan kebahagiaan dan warna merah yang menghasilkan gairah. Nah, tak heran jika banyak yang mengatakan bahwa warna oranye yang diaplikasikan pada ruang kerja akan mampu meningkatkan suplai oksigen ke otak Anda.

Ungu merupakan gabungan warna merah yang menciptakan energi dan warna biru yang menghasilkan produktivitas. Ungu, seperti warna lavender, cocok untuk desain yang ingin memberikan kesan feminin.


Baca juga: 8 Ide Desain Ruang Kerja Minimalis di Rumah


Ide Warna Cat Ruang Kerja Kantor


Nah, setelah membaca psikologi warna di atas mungkin sekarang Anda menemukan ide warna cat yang cocok untuk Anda, namun kami juga memiliki 11 rekomendasi warna cat terbaik untuk ruang kerja kantor Anda.


1. Biru untuk Kejernihan Pikiran dan Meningkatkan Produktivitas



Ruang kerja ini dicat dengan warna biru yang memberikan nuansa sejuk. Warna ini memberikan vibe bekerja dalam keadaan tenang dan penuh kreativitas. Menurut ColorPsychology.org, warna biru memiliki efek relaksasi dan membantu konsentrasi. Orang yang bekerja di ruangan ini cenderung lebih menikmati pekerjaan dan lebih produktif dalam bekerja.


2. Biru dan Abu-Abu Memberikan Nuansa Tenang



Kombinasi dua warna ini menghadirkan efek kondusif untuk lingkungan kerja yang baik. Warna abu-abu dan biru adalah kombinasi warna yang serasi. Skema gelap pada warna abu-abu dan warna biru yang menenangkan pikiran membuat orang di sekelilingnya merasa tenang ketika memikirkan ide-ide kreatif dalam pekerjaannya.


3. Hijau dan Putih


Hijau identik dengan energik dan menyegarkan. Ruang kerja ini memiliki dinding yang dicat dengan warna hijau yang diaplikasikan di berbagai unit dengan warna putih sebagai aksennya.


4. Orange, dan Hindari Kuning Cerah



Orange adalah warna yang mungkin terbukti sangat ideal untuk sebuah ruangan kantor. Warna ini cocok untuk mendefinisikan ruang kantor open space

5. Abu-abu



Warna gray atau abu-abu sering menjadi pilihan favorit warna cat ruang kantor. Warna ini menyampaikan kesan kuat dan profesional. Warna abu-abu mampu mengurangi sedikit kecerahan  dan menyeimbangkannya untuk konsentrasi bekerja yang lebih baik.


6. Gaya Industrial dengan Dinding Bata Expose Berwarna Abu-Abu



Masih dengan warna abu-abu, bedanya ruang kerja ini menerapkan bata expose yang dihiasi dengan cat abu-abunya. Gaya industrial yang tampak pada ruang kantor ini mencerminkan kecerdasan dan pandangan ke masa depan. Karena itu, warna ini sangat ideal untuk profesi yang harus mematuhi dan mematuhi prinsip-prinsip hukum yang ada. seperti misalnya notaris.

7. Warna Cat Dinding Oranye dan Krem untuk Ruang Kerja Kantor



Desain ruang kerja ini menampilkan warna oranye cerah yang tidak berlebihan yang dikombinasikan dengan dinding bersebelahan berwarna krem. Dinding yang terbuka juga memperlihatkan warna hijau untuk ruang kantor yang bersebelahan. Jadi, cukup berwarna-warni dan penuh semangat, bukan?


8. Hijau dan Oranye




Pada ruang kerja ini menunjukkan ruang yang bersebelahan memiliki warna aksen oranye, tetapi warna dinding secara keseluruhan berwarna hijau. Rak untuk meletakkan dokumen/arsip berwarna putih terbuka.

Menurut psikologi warna, kedua pilihan warna hijau dan oranye ini adalah warna yang dapat mengurangi tingkat stres – sehingga sangat cocok untuk diaplikasikan pada ruang kerja baik di kantor maupun di rumah ketika work from home (WFH).

Baca juga: Cara Manajemen Stres Dalam Lingkungan Kerja

9. Warna Monokrom untuk Ruang Meeting



Ruang kerja maupun ruang meeting kantor akan terlihat canggih dan nampak sebagai smart room ketika memiliki dekorasi warna hitam dan putih. Namun ketika Anda menerapkan skema warna monokrom, jangan lupa untuk menambahkan banyak tekstur baik pada bagian dinding maupun furnitur ke dalam ruangan tersebut. Tujuannya tak lain adalah untuk memastikan ruangan terasa nyaman dan menarik, tidak monoton.

10. Ruang Meeting dengan Kombinasi Warna Krem dan Coklat dari Dinding Kayu



Coklat dan krem dapat memberikan nuansa hangat pada sebuah ruang kantor. Kombinasi dua warna ini sangat mudah untuk dikombinasikan lagi dengan jenis warna lain. Warna coklat pada dinding kayu memberikan nuansa alam yang asri sehingga dapat menenangkan pikiran yang burnout akibat dari kelelahan atau penatnya pekerjaan.

Sedangkan warna krem pada beberapa aksen di dinding dipercaya memicu optimisme. Kedua kombinasi warna ini paling baik digunakan di lingkungan kerja tempat para penulis, desainer, seniman, dan profesional kreatif lainnya.


11. Pink



Warna pink mampu memberikan rasa tenang dan kehangatan. Warna ini juga penuh dengan energi dan kebahagiaan. Pink dapat Anda gunakan untuk dinding ruang kerja atau hanya sebagai aksen seperti pada furnitur. Warna ini membuat Anda bisa lebih fokus dalam bekerja.


--------


Studi psikologi warna untuk ruang kerja di atas menunjukkan bahwa warna tidak hanya mengubah suasana hati, tetapi juga memengaruhi produktivitas dalam bekerja. Itulah mengapa sebaiknya Anda menghias ruang kerja baik di kantor maupun di rumah dengan campuran warna-warna yang telah direkomendasikan di atas sehingga nantinya mampu meningkatkan kreativitas. Dengan begitu,  pada akhirnya output pekerjaan bisa lebih maksimal.

0 Response to "11 Warna Cat Ruang Kerja Terbaik Dan Penjelasan Psikologi Warnanya"

Post a Comment