Kelebihan dan Kekurang Kubah Galvalum, Berikut Harganya!

Kubah termasuk salah satu komponen arsitektur yang sudah ada sejak jaman dulu, sehingga tidak mengherankan jika saat ini sudah ada banyak jenis material yang bisa digunakan untuk membuatnya, dan salah satunya adalah kubah galvalum.

Umumnya, kubah akan menjadi komponen arsitektur yang memiliki bentuk setengah bola dan diberi banyak ornamen menarik lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu kubah masjid bisa dibuat dengan desain yang lebih unik. Hal ini dilakukan untuk menambah estetika visual yang dimilikinya.




Perbedaan Kubah Enamel dan Kubah Galvalum


Untuk mengenal apa saja perbedaan yang dimiliki kedua jenis kubah ini, Anda perlu mengenali ciri-cirinya dengan baik terlebih dahulu. Jadi, di sini kami juga akan membahas tentang ciri-ciri kubah enamel dan galvalum, yang antara lain adalah:

1. Ciri-Ciri Kubah Enamel


Mengawali pembahasan tentang ciri-ciri kubah enamel, pada dasarnya kubah dengan jenis ini memiliki spesifikasinya tersendiri, sehingga Anda perlu mengenalinya dengan baik. Berikut adalah spesifikasi lengkap yang dimiliki kubah enamel, yaitu:

  • Panel dari kubah masjid enamel memiliki bahan plat baja SPCC dengan ukuran tebalnya yang sebesar 0.99-1 mm.
  • Proses finishing atau coating dalam pembuatan kubah masjid enamel menggunakan pelapisan teflon.
  • Waterproofing yang digunakan adalah membran bakar dengan ukuran yang sesuai dan tepat.
  • Plafon menggunakan kalsiboard berukuran 3 mm atau disesuaikan dengan desain dan ukuran dari kubah itu sendiri.
  • Penampilan visual dari kubah jenis ini terlihat lebih estetik dan enak dipandang mata.
  • Tahan panas dan segala jenis cuaca, karena didukung dengan fitur penangkal petir serta anti karat.


2. Ciri-Ciri Kubah Galvalum


Kubah galvalum adalah sebuah kubah yang terbuat dari kombinasi bahan seng serta aluminium, sehingga sudah menjadi hal yang wajar jika kubah dengan jenis ini dibanderol harga yang lebih terjangkau dibanding kubah enamel.

Berikut adalah beberapa karakteristik yang dimiliki kubah masjid galvalum, yaitu:


  • Rangka pipa galvanis 1-3 inci dengan tebal yang berukuran 1,6 mm
  • Rangka pendukung hollow berukuran 1,5 x 3,5 dan 3,5 x 3,5 dengan tebalnya sebesar 0,7 mm
  • Panel plat galvalum berukuran 0,4 mm – 0,5 mm
  • Coating menggunakan epoxy, cat utama, dan anti gores yang berkualitas
  • Waterproofing menggunakan membran bakar sebesar 3 mm
  • Plafon menggunakan board yang sebesar 3 mm atau plat galvalum
  • Makara menggunakan plat dengan bahan stainless steel atau plat galvalume
  • Anti karat dan tahan terhadap korosi yang mengganggu
  • Didukung dengan daya rekat yang sangat baik
  • Harga kubah galvalum tergolong jauh lebih terjangkau dibanding kubah enamel


Kelebihan dan Kekurangan Kubah Galvalum



Kubah dari bahan galvalum ini akan terbuat dari bahan seng dengan ukuran 45% dan bahan aluminium sebesar 55%. Nantinya, kubah dengan jenis ini juga akan memiliki beragam keunggulan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui, yaitu:


1. Kelebihan Kubah Masjid Galvalum

Mengawali pembahasan tentang hal ini, kami akan menjelaskan tentang beberapa kelebihannya terlebih dahulu, yaitu:


a) Tahan terhadap Panas

Cukup mirip dengan kubah enamel, kubah masjid galvalum juga tahan terhadap suhu panas, sehingga ini bisa menjadi keunggulannya tersendiri. Pada dasarnya, material galvalum memiliki tingkat kekuatan yang begitu luar biasa.

Material galvalum mampu menahan panas hingga temperatur mencapai 300 derajat, tanpa menimbulkan kondisi perubahan kontur pada penampilannya. 


b) Anti Karat

Tidak hanya tahan terhadap suhu panas saja, tapi kubah dengan jenis ini juga didukung dengan fasilitas anti karat yang sangat menguntungkan. Perlu Anda ketahui bahwa material galvalum dalam hal ini juga memiliki daya tahan yang luar biasa terhadap korosi atau tingkat pengasaman.

Jadi, tidak mengherankan jika bahan kubah ini banyak dimanfaatkan untuk dijadikan material atap juga, seperti genteng metal, trimdex, dan sandex.


c) Daya Rekat yang Fleksibel

Kelebihan selanjutnya dari kubah masjid galvalum adalah daya rekatnya yang tergolong lebih fleksibel. Dengan karakteristiknya yang seperti ini, membuat jenis kubah masjid galvalum cocok dengan segala jenis macam cat dasar.

Tidak hanya itu, karakteristik ini juga dapat menjadikan cat dasar tersebut tidak mudah terkelupas meski terkena paparan sinar matahari secara langsung sekalipun.


d) Menetralkan Cuaca Panas

Tak banyak orang yang tahu bahwa kubah masjid galvalum ini juga mampu menetralkan cuaca panas di beberapa kondisi tertentu. Hal ini terjadi karena bahan galvalum itu sendiri mampu menahan panas hingga temperatur sebesar 300 derajat celcius.


2. Kekurangan Kubah Masjid Galvalum

Pada dasarnya, kemampuan bahan galvalum dalam menyerap panas juga bisa menjadi kekurangan tersendiri baginya. Mengapa demikian? Karena kubah itu sendiri harus dibuat lebih tinggi dibanding bangunan rumah pada umumnya.

Tentu ini juga akan berpengaruh terhadap lokasi dari masjid itu sendiri, apakah terletak di area yang beriklim non-tropis atau tropis. Dalam hal ini, bisa dipastikan bahwa proses pembangunan masjid dengan kubah jenis ini harus diperhatikan dengan sebaik mungkin.

Dengan begitu, hasil yang bisa Anda peroleh dapat lebih sesuai dengan harapan. Maka dari itu, rencanakan prosesnya dengan serinci mungkin.


Cara Pemasangan Kubah Masjid Galvalum


Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memasang kubah masjid secara sempurna, dan cara tersebut adalah:

  • Ciptakan desain dan rangka kubah masjidnya terlebih dahulu. Pastikan kedua poin ini sudah sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Kemudian, susun rangka dan desain yang telah dibuat tersebut dengan cara yang tepat. Pastikan rangka tersebut dapat berdiri dengan tegak dalam jangka waktu yang panjang.
  • Untuk mengakhiri proses pemasangan ini, Anda bisa memasang panel galvalum di setiap bagiannya. Pastikan proses ini dilakukan dengan menyesuaikan desain yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Selesai.


Harga Kubah Galvalum



Sebelum membeli kubah dalam jenis apapun itu, tentu Anda harus mencari tahu terlebih dahulu tentang kisaran harga yang berlaku di dalamnya. Untuk membantu Anda dalam mengetahui berapa kisaran harga dari kubah galvalum, berikut kami sampaikan informasinya:

  • Diameter 0,5 m dengan tinggi 0,5 m = Rp. 785.000,00 – Rp. 1.200.000,00
  • Diameter 1 m dengan tinggi 1 m = Rp. 3.000.000,00 – Rp. 4.500.000,00
  • Diameter 1,5 m dengan tinggi 1,5 m = Rp. 7.000.000,00 – Rp. 10.000.000,00
  • Diameter 2 m dengan tinggi 2 m = Rp. 12.000.000,00 – Rp. 18.900.000,00


Seperti yang sudah kami jelaskan, kubah galvalum adalah salah satu komponen arsitektur yang memiliki beragam keunggulan di dalamnya. Dalam hal ini, Anda bisa menilai apakah keunggulan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan Anda atau belum.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurang Kubah Galvalum, Berikut Harganya!"

Post a Comment