Ini Harga Kubah Enamel dan Spesifikasinya

Kubah adalah salah satu bagian dalam masjid yang proses pembangunannya patut diperhatikan dengan baik. Dari sekian banyak jenis kubah yang ada, kubah enamel adalah yang paling sering dipilih oleh panitia pembangunan masjid. Sebab, jenis kubah ini memiliki berbagai keunggulan di dalamnya.

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang bahwa pada dasarnya masjid itu sendiri adalah rumah ibadah yang menjadi ikon kebesaran bagi para umat Islam. Jadi, proses pembangunannya wajib dilakukan dengan sebaik mungkin, karena ada poin-poin penting yang harus diperhatikan di dalamnya.



Apa Itu Kubah Enamel?



Saat ini, sudah ada banyak jenis kubah yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi, dan salah satunya adalah kubah enamel. Yang dimaksud dengan kubah enamel adalah suatu kubah masjid yang terbuat dari rangka besi kemudian dipasangi dengan plat enamel.

Penting untuk Anda ketahui bahwa pembangunan kubah masjid ini akan berguna untuk mempercantik dan menambah kesan gagah ke dalam bangunan masjid tersebut. Dengan begitu, masjid tersebut dapat lebih mudah dalam menarik perhatian banyak umat muslim.

Nantinya, di dalam kubah ini akan mengandung bahan coating dan porselin yang berkualitas, sehingga hal ini bisa menjadi keunggulan tersendiri bagi bangunan masjid tersebut. Tidak hanya itu, sebagian besar kubah masjid enamel ini juga akan didukung dengan fasilitas penangkal petir.


Jadi, seberapa tinggi masjid yang Anda bangun, jika Anda menggunakan jenis kubah ini, maka masjid tersebut tidak akan terkena serangan petir yang berbahaya. Tentu ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi para umat muslim yang sering beribadah di masjid ini.


Untuk lebih mengenal kubah masjid enamel seperti ini, Anda juga perlu mengetahui tentang spesifikasi lengkap yang ada di dalamnya. Dalam hal ini, kami juga akan membantu Anda dalam memahami spesifikasi lengkapnya tersebut.


Spesifikasi Kubah Enamel


Bahan enamel memiliki spesifikasi atau karakteristiknya tersendiri, sehingga Anda perlu mengenalinya dengan baik. Untuk menghemat waktu Anda yang berharga, berikut adalah beberapa spesifikasi yang dimiliki kubah masjid enamel, yaitu:

  • Pipa galvanis berukuran 1-3 inci dengan ketebalan 1,6 mm
  • Rangka hollow dengan ukuran 1,5 x 3,5 dan 3,5 x 3,5 dengan tebal 0,7 mm
  • Panel berbahan plat baja SPCC dengan ketebalan 0,9-1 mm
  • Proses coating dengan temperatur 830 derajat celcius
  • Waterproofing membran bakar berukuran 3 mm
  • Plafon board sebesar 3 mm atau plat galvalum
  • Makara atau penutup kubah berupa plat stainless steel atau plat galvalume


Kelebihan dan Kekurangan Kubah Masjid Enamel


Pada dasarnya, jenis kubah masjid yang satu ini tidak hanya memiliki 1-2 kelebihan saja, akan tetapi memiliki beberapa kelebihan. Dalam hal ini, Anda perlu mengenali kelebihan serta kekurangan kubah masjid enamel dengan baik dan benar, yang antara lain adalah:

1. Kelebihan Kubah Enamel


Di beberapa paragraf sebelumnya, kami sudah sempat mengatakan bahwa kubah dengan jenis ini memiliki salah satu kelebihan yang sangat menguntungkan, yaitu mampu menangkal petir dengan sangat baik.


Kendati demikian, penting untuk Anda ketahui bahwa sebenarnya jenis kubah yang satu ini masih memiliki beberapa kelebihan lainnya, yaitu:


  • Kubah masjid enamel dibuat dengan menggunakan bahan yang tahan panas, sehingga kubah jenis ini cocok untuk daerah tropis.
  • Tahan terhadap segala jenis cuaca, karena kubah dengan jenis ini didukung dengan bahan-bahan yang anti karat.
  • Dibandingkan produk kubah jenis lainnya, kubah masjid enamel dikatakan lebih tahan terhadap segala jenis cat. Jadi, kepekatan cat pada kubah tersebut akan selalu terjaga meski dalam jangka waktu yang panjang sekalipun.
  • Didukung dengan penangkal petir yang handal, sehingga hal ini bisa menjadi keuntungan karena lebih aman.


2. Kekurangan Kubah Enamel


Tidak hanya memiliki kelebihan yang beragam saja, tapi kubah dengan jenis ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan dengan sebaik mungkin. Pada dasarnya, kekurangan yang dimiliki kubah jenis ini terletak pada harganya.


Harga kubah masjid enamel tergolong jauh lebih tinggi dibanding kubah masjid yang terbuat dari bahan galvalum. Namun, perbedaan harga yang cukup tinggi ini terjadi bukan tanpa alasan, mengingat kubah masjid enamel itu sendiri memiliki beragam keunggulan seperti yang ada di atas.


Karena harganya yang tergolong cukup tinggi seperti ini, menjadikan Anda harus menyiapkan dananya terlebih dahulu. Dengan mengeluarkan biaya yang cukup tinggi seperti ini, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih sesuai harapan.


Cara Pemasangan Kubah Masjid Enamel



Tak jarang dari beberapa orang yang ingin tahu juga tentang bagaimana proses pemasangan kubah masjid enamel dilakukan. Dalam hal ini, kami juga akan membahasnya secara lengkap, sehingga Anda bisa lebih mudah dalam memahaminya, yaitu:


1. Pembuatan Desain dan Rangka Kubah


Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memasang kubah masjid enamel tentu membuat desain dan kerangkanya terlebih dahulu. Dalam hal ini, Anda bisa memilih sendiri desain yang ingin Anda gunakan.


Setelah desain sudah jadi, maka langkah selanjutnya adalah membuat rangka kubah yang tepat. Pembuatan rangka ini akan tergantung pada ukuran kubah masjid yang sesuai dengan pesanan. Sehingga, masing-masing kubah masjid akan memiliki rangka yang berbeda.


2. Penyusunan Rangka Kubah


Setelah persiapan sebelumnya sudah berhasil dilakukan, maka sekarang proses penyusunan rangka kubah akan dilakukan. Dalam hal ini, proses penyusunan rangka kubah harus dilakukan sampai bisa benar-benar berdiri dengan tegap dan baik.


3. Pemasangan Panel di Setiap Bagian


Setelah menyusun rangka kubah dengan cara yang tepat, sekarang Anda perlu memasang panel di setiap bagian bangunan dengan sebaik mungkin. Tentunya proses ini harus dilakukan dengan menyesuaikan desain yang akan digunakan.


Harga Kubah Masjid Enamel



Pada dasarnya, kubah masjid enamel memiliki harga yang cukup tinggi, sehingga Anda perlu mengetahuinya sejak awal. Untuk membantu Anda dalam mengetahui berapa kisaran biayanya, berikut adalah beberapa informasinya:

  • Diameter 0,5 m dan tinggi 0,5 meter = Rp. 1.800.000,00 – Rp. 2.400.000,00
  • Diameter 1 m dan tinggi 1 meter = Rp. 7.750.000,00 – Rp. 9.300.000,00
  • Diameter 1,5 m dan tinggi 1 meter = Rp. 11.550.000,00 – Rp. 14.000.000,00
  • Diameter 1,5 m dan tinggi 1,5 meter = Rp. 17.100.000,00 – Rp. 21.500.000,00
  • Dan seterusnya


Kubah enamel memang memiliki karakteristik tersendiri, sehingga Anda perlu mengenalinya terlebih dahulu sebelum akhirnya membeli dan menggunakannya.

0 Response to "Ini Harga Kubah Enamel dan Spesifikasinya"

Post a Comment