14 Ide Desain Masjid Tanpa Kubah yang Menarik

Umumnya, masjid identik dengan kubahnya yang terbangun di bagian atasnya. Namun, apakah Anda sudah pernah melihat masjid tanpa kubah? Ya, sekarang ini sudah ada beberapa masjid yang dibangun tanpa kubah, sehingga hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masjid-masjid tersebut.

Pada dasarnya, hal ini boleh-boleh saja untuk dilakukan, karena sejak awal Nabi Muhammad SAW membangun masjid hanya untuk tempat sujud atau ibadah. Tidak ada aturan khusus yang mengatakan bahwa masjid harus dibangun dengan didukung kubah yang ada di bagian atasnya.


Masjid At-Taufiq, Bernuansa Minangkabau


Mengenal Lebih Dekat Masjid Tanpa Kubah


Mungkin Anda salah satu dari beberapa orang yang belum tahu tentang keberadaan masjid tanpa bagian kubah ini. Namun, nyatanya sudah ada beberapa masjid seperti ini yang tersebar di berbagai wilayah dunia. Sehingga, Anda tidak akan kesulitan untuk mencuri ide desain salah satu di antaranya.

Masjid tanpa kubah adalah sebuah masjid yang dengan sengaja dibangun tanpa memasukkan bagian kubah ke dalam bangunan itu sendiri. Jadi, bagian atas bangunan masjid tersebut hanyalah atap biasa, yang bisa didesain dengan sedemikian rupa.

Masjid dengan desain seperti ini sudah ada sejak abad ke-16, yaitu awal-awal agama Islam masuk ke Indonesia. Lalu, perkembangan desain masjid ini terus berlanjut hingga abad ke-20. Semakin ada banyak masjid yang dibuat dengan bentuk-bentuk yang lebih modern dan minimalis.

Baca juga: Masjid Tanpa Tiang Tengah


Sejarah Kubah Masjid


Melanjutkan pembahasan tentang kubah masjid, rasanya ada yang kurang jika kita tidak membahas tentang sejarahnya juga. Ketika Anda melihat masjid di lingkungan sekitar, pasti Anda juga bisa melihat bagian kubah dari masjid itu sendiri. Dalam hal ini, kami akan membagikan sejarah lengkapnya, yaitu:


1. Tahun 100 Masehi – Abad ke-17

Pada dasarnya, masjid pertama kali dibangun oleh bangsa romawi di sekitaran tahun 100 masehi. Sebelum itu, bangunan masjid dibangun hanya dengan menggunakan tiang penyangga yang ada. Namun, bangsa romawi akhirnya menemukan ide yang berupa kubah tersebut.

Kendati demikian, awalnya kubah ini ditujukan untuk pembangunan kuil agung saja, sampai pada akhirnya perkembangan desain ini terus berlanjut, dan semakin ada banyak masjid yang dibangun dengan didukung kubah masjid sebagai atapnya.

Waktu terus berjalan hingga akhirnya di tahun 1453 kubah mulai dikenal di negara Arab Saudi. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat perkembangan kubah itu sendiri terus dilakukan, hingga akhirnya tersebar sampai seluruh pelosok dunia.

Kemudian, perkembangan kubah masjid ini masih terus berjalan hingga abad ke-17. Kubah mulai dikenal oleh masyarakat Eropa, dan ada beberapa orang yang mengatakan bahwa kubah adalah akar dari era Rennaisance yang berkembang pesat di benua Eropa pada abad ke-15 hingga abad ke-17.



2. Tahun 622 Masehi – Sekarang

Pada tahun 622 masehi, Masjid Nabawi mulai dibangun dan proses pembangunan ini dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Masjid ini dibangun dengan sedemikian rupa tanpa mengurangi sisi sederhana yang ada di dalamnya.

Kemudian, waktu terus berjalan dan Nabi Muhammad SAW wafat, Masjid Nabawi mulai dibangun dan didirikan kembali dengan bentuk yang lebih megah. Proses pembangunan ulang ini terjadi di tahun 88 hijriyah-91 hijriyah, dan dipimpin oleh Umar bin Abdul Aziz.

Pada saat itu, perubahan dilakukan di setiap bagian masjid dan tak terkecuali pada bagian kubahnya. Sejak saat itu, perkembangan kubah masjid di seluruh dunia tidak pernah berhenti. Segala jenis inovasi baru selalu dimunculkan, dan membuat masjid di setiap daerah memiliki desain yang berbeda.

Baca juga: Harga Kubah Masjid per Diameter


14 Ide Desain dan Arsitektur Masjid Tanpa Kubah yang Menarik


Untuk membantu Anda dalam mengenali mana sajakah masjid yang dibangun tanpa menggunakan kubah pada bagian atapnya, di sini kami juga akan membagikan beberapa contoh di antaranya, yaitu:


1. Masjid Nuurur Rahmaan


Masjid ini terletak di Komplek Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertahanan Nasional yang ada di Jakarta. Sebagian besar masjid ini diselimuti dengan kombinasi warna merah bata serta kuning gading.


2. Masjid Raya Sumatera Barat





Sesuai dengan namanya, masjid ini terletak di daerah Sumatera Barat. Salah satu masjid raya di Indonesia ini memiliki daya tarik pada bagian atapnya, yang dibangun dengan mengikuti tipologi arsitektur tradisional Minangkabau.


3. Masjid Al-Irsyad



Bagian atap masjid ini berbentuk kubus, sehingga hal ini membuatnya berbeda dibanding bangunan-bangunan masjid lainnya. Selain itu, masjid ini juga memanfaatkan kekayaan sinar matahari untuk menyinari bagian dalamnya.


4. Masjid Kopeng Merapi





Masjid yang ada di Yogyakarta memiliki konsep yang sangat tidak biasa. Masjid ini dibangun dengan banyak bukaan kecil yang terdapat di bagian dinding serta atapnya.


5. Masjid Baitul A’laa





Masjid yang berada di wilayah perumahan Raffles Hills Cibubur ini juga termasuk ide masjid tanpa kubah yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan agar masjid dapat terlihat menyatu dengan rumah-rumah penduduk lainnya.


6. Masjid Vali e Asr





Beralih dari Indonesia ke luar negeri, Masjid Vali e Asr adalah masjid tanpa bagian kubah yang ada di negara Iran. Bentuknya yang unik membuat masjid ini sering dikunjungi oleh para wisatawan asing.


7. Masjid Kontemporer Australia





Hanya dengan melihat dari luarnya saja, mungkin Anda tidak akan tahu bahwa bangunan ini adalah sebuah masjid. Sebab, tidak ada kubah di bagian atasnya dan atapnya sendiri dibangun dengan desain yang sangat unik.


8. Masjid Shah Faisal Islamabad





Ide masjid tanpa kubah selanjutnya ada di negara Pakistan. Masjid ini dibangun dengan konsep yang layaknya tenda berukuran besar.


9. Masjid Jami’ Abu Darda’




Masjid ini dilengkapi dengan lengkungan yang berukuran besar dan berbalut marmer. Selain itu, bangunan ini juga dilengkapi dengan bagian interiornya yang terlihat minimalis.


10. Masjid Al-Safar





Masjid Al-Safar terletak di daerah rest area tol Cipularang dan didesain langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Masjid ini didesain tanpa kubah, sehingga sering menarik perhatian banyak orang.


11. Masjid Darul Ulum



Masjid ini didesain dengan bagian atapnya yang menyerupai bentuk kapal Nabi Nuh AS. Jadi, hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi masjid tersebut.


12. Masjid Tabuk




Masjid selanjutnya yang didesain tanpa kubah adalah Masjid Tabuk. Masjid ini terletak di negara Arab Saudi, dan bisa dikunjungi oleh para wisatawan asing.


13. Masjid Al-Dana




Ide selanjutnya adalah Masjid Al-Dana, Abu Dhabi. Tidak hanya memiliki daya tarik pada bagian kubahnya saja, tapi masjid ini juga memiliki daya tarik lainnya yang tidak kalah menarik.


14. Masjid Sancaklar





Masjid ini menggunakan struktur yang mengikuti alam, sehingga bentuknya terlihat unik dan juga menarik.


Setiap masjid tanpa kubah yang ada di atas memiliki beragam keunggulan tersendiri, sehingga Anda bisa mempertimbangkan untuk berkunjung ke salah satu masjid di atas.

0 Response to "14 Ide Desain Masjid Tanpa Kubah yang Menarik"

Post a Comment