Ini Lho Harga Kubah Masjid Per Diameter Berdasarkan Bahannya

Kubah merupakan salah satu bagian terpenting yang ada pada sebuah bangunan masjid. Maka dari itu, tidak mengherankan jika ketika hendak dibangun sebuah masjid, panitia pembangunan masjid harus mengetahui terlebih dahulu tentang berapa kisaran harga kubah masjid per diameternya.

Pada dasarnya, harga dari kubah masjid akan terus mengalami perubahan di setiap waktunya. Dan di sini, kami akan membagikan informasi harga yang paling terbaru, sehingga Anda bisa menilai sendiri manakah harga kubah yang paling sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.




Model Kubah Masjid


Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya harga kubah masjid di Indonesia masih tergolong sangat terjangkau. Nantinya, perbedaan harga antar kubah masjid ini akan dibedakan menurut jenis bahan dan model yang digunakannya. Untuk beberapa model kubah masjid itu sendiri adalah:


1. Model Madinah





Inspirasi model kubah masjid yang pertama adalah model Madinah. Sudah ada banyak orang yang menjadikan model ini sebagai inspirasi kubah dengan desain terbaiknya. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat masjid dengan model kubah seperti ini sendiri memiliki beragam keunggulan di dalamnya.

Pada dasarnya, yang dimaksud dengan model Madinah seperti ini adalah kubah masjid yang dibangun dengan menggunakan contoh kubah Masjid Nabawi. Seperti yang sudah banyak orang ketahui, kubah Masjid Nabawi itu sendiri sangatlah khas.

Jadi, tidak mengherankan jika semakin ada banyak orang yang menjadikan model kubah masjid satu ini sebagai inspirasi yang paling tepat.


2. Model Bawang





Tidak hanya model Madinah saja, tapi kubah masjid dengan model bawang juga sudah cukup populer di kalangan banyak orang. Sesuai dengan namanya, kubah masjid dengan model bawang itu sendiri memiliki bentuk yang menyerupai bawang, sehingga ini bisa menjadi daya tariknya tersendiri.

Bentuk ujung dari kubah ini akan mengerucut hingga menyerupai bentuk bawang. Nantinya, tim arsitek bisa menyelipkan desain-desain khusus ke bagian kubah masjid tersebut.

Dengan begitu, kubah masjid yang Anda bangun tersebut tidak akan terlihat monoton dan membosankan, sehingga ini dapat berpengaruh terhadap hasil bangunan yang Anda lakukan tersebut.


3. Model Pinang



Masih belum merasa cocok dengan beberapa model yang ada di atas? Model kubah pinang bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Sebab, kubah masjid dengan model pinang seperti ini akan memiliki bentuk yang cukup unik.


Berbeda dengan contoh model yang sebelumnya, untuk kubah masjid dengan model pinang seperti ini akan memiliki bentuk yang seperti batang pohon pinang tirus namun mengembung pada bagian sisi lingkar luarnya, sehingga hal ini akan memberikan kesan yang lebih unik ke dalam bangunan tersebut.


Jenis Bahan Kubah Masjid


Sebelum masuk ke pembahasan tentang harga kubah masjid yang ada di Indonesia itu sendiri, Anda perlu mengenali terlebih dahulu apa saja jenis bahan yang dapat digunakan untuk membangun sebuah kubah masjid, yang antara lain adalah:

1. Beton


Jenis material pertama yang akan kami bahas adalah beton. Ketika Anda menggunakan jenis material ini untuk membangun sebuah kubah masjid, maka bagian dalam masjid tersebut bisa dibangun secara lebih kokoh dan awet.

Umumnya, kubah masjid yang terbuat dari bahan beton ini akan dibangun dengan mengkombinasikannya bersama motif-motif yang menarik di dalamnya. Hanya saja, kubah masjid yang terbuat dari bahan ini akan lebih berat dibanding jenis kubah masjid lainnya.


2. Galvalum


Tidak hanya bisa dibangun dengan menggunakan jenis material beton saja, tapi kubah masjid juga bisa dibangun dengan menggunakan jenis material galvalum. Pada dasarnya, bahan galvalum akan memiliki karakteristik yang tahan panas dan berdaya rekat yang baik.

Jadi, jika Anda ingin memiliki kubah masjid yang anti karat, maka jenis material yang satu ini bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda.


3. Enamel


Untuk jenis material yang ketiga ini memiliki karakteristik yang kokoh dan berat, sehingga tidak mengherankan jika ada banyak orang yang memanfaatkannya untuk membangun kubah masjid yang sesuai dengan harapannya masing-masing.

Salah satu keunggulan yang dimiliki kubah masjid enamel adalah peluang terjadi kebocorannya yang kecil. Jadi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan akan hal ini.


Ide Desain Kubah Masjid


Untuk membantu Anda dalam mencari inspirasi desain kubah masjid secara lebih mudah, di sini kami juga akan membagikan beberapa desainnya secara sekaligus. Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut adalah beberapa contohnya:


1. Kubah Setengah Bola




Pada dasarnya, kubah setengah bola ini termasuk model yang sering digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebab, model kubah masjid yang seperti ini adalah yang paling mudah untuk dibangun. Untuk contohnya sendiri, bisa dilihat pada gambar yang ada di bawah ini.


2. Kubah Mewah




Ingin melengkapi bangunan masjid milik Anda dengan kubah yang mewah? Maka pilihan desain kubah masjid yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Berikut adalah contoh desain yang bisa Anda jadikan inspirasi, yaitu:


3. Kubah Modern




Seiring berjalannya waktu, semakin ada banyak orang yang lebih menyukai desain bangunan dengan konsep modern. Maka dari itu, tidak mengherankan jika saat ini juga sudah ada banyak orang yang lebih memilih menggunakan kubah modern dengan desain yang lebih kompleks. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini:


Harga Kubah Masjid Berdasarkan Diameter


Seperti yang sudah kami katakan di beberapa paragraf sebelumnya, bahwa Anda perlu mengetahui daftar harga kubah masjid yang tepat terlebih dahulu sebelum membangunnya. Dalam hal ini, berikut adalah kisaran harga dari kubah masjid yang perlu Anda ketahui, yaitu:


Jenis Bahan

Ukuran

Perkiraan Harga

Enamel

Diameter (1m) dan tinggi (1m)

Rp. 7.500.000,00 – Rp. 9.000.000,00

Galvalum

Diameter (1m) dan tinggi (1m)

Rp. 3.000.000,00 – Rp. 5.000.000,00

Enamel

Diameter (2m) dan tinggi (2m)

Rp. 30.000.000,00 – Rp. 35.000.000,00

Galvalum

Diameter (2m) dan tinggi (2m)

Rp. 13.000.000,00 – Rp. 19.000.000,00

Enamel

Diameter (3m) dan tinggi (3m)

Rp. 70.000.000,00 – Rp. 85.000.000,00

Galvalum

Diameter (3m) dan tinggi (3m)

Rp. 25.000.000,00 – Rp. 40.000.000,00




Harga yang ada di atas tidak berlaku di setiap toko kubah masjid, sehingga Anda bisa menggunakan daftar harga di atas sebagai bahan pertimbangan dan perhitungan saja.


Setelah mengetahui berapa kisaran harga kubah masjid menurut jenisnya tersebut, sekarang Anda bisa memilih salah satu di antaranya yang paling sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.


0 Response to "Ini Lho Harga Kubah Masjid Per Diameter Berdasarkan Bahannya"

Post a Comment