Mengenal Jenis Dan Standar Ukuran Kalsiboard

Ukuran kalsiboard dan daya tahannya yang cukup besar membuat material konstruksi ini mampu digunakan sebagai penutup dinding, plafon, dan juga partisi lainnya. Kalsiboard ini banyak digunakan sebagai material konstruksi alternatif asbes dan gypsum karena memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh keduanya.

Terdapat jenis dan ukuran kalsiboard yang beragam yang bisa kamu gunakan sebagai material pentup tembok, plafon, hingga lantai rumah. Nah, apakah kamu tertarik untuk mempertimbangkan penggunaan kalsiboard di rumah? Jika ia, yuk sebaiknya ketahui dahulu ukuran dan jenis-jenis kalsiboard yang ada di pasaran, untuk menghindari kejadian salah pilih jenis material yang satu ini.




Varian Ukuran Kalsiboard Yang Cocok Untuk Beragam Bangunan


Ukuran kalsiboard standar memiliki panjang x lebar, yaitu 244 cm x 122 cm. Sedangkan ketebalan kalsiboard memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Semakin berisiko untuk menerima beban maka ketebalannya semakin tinggi, Sebagai contohnya, kalsiboard plafon memiliki tebal 3 mm – 4 mm, ketebalan kalsiboard dinding memiliki ketebalan 6 mm – 12 mm, dan ukuran kalsiboard untuk lantai memiliki standar ketebalan 20 mm.

Kalsiboard bisa dijadikan sebagai bahan material alternatif yang tepat untuk pengganti kayu, gypsum,  triplek, parket, dan lainnya. Kalsiboard saat ini mudah didapatkan di toko-toko bangunan. Daya tahan dan ukuran kalsiboard yang presisi dan kuat sangat cocok untuk berbagai jenis bangunan. Berdasarkan fungsinya, kalsiboard dapat dibagi menjadi beberapa jenis, berikut ini.


1. Ukuran Kalsiboard Jenis KalsiDeck



Kalsideck merupakan kalsiboard yang biasa digunakan untuk aplikasi deck lantai. Bahan penyusunnya adalah kombinasi dari kayu hutan dengan fiber semen sehingga menghaislkan terktur terbaiknya.

Jenis kayu yang biasanya adalah kayu meranti. Ukuran kalsiboard ini umumnya memiliki panjang 240 cm dan lebarnya 20 cm. Sedangkan ketebalannya adalah 20 mm.


2. Ukuran Kalsiboard Jenis KalsiPlank




Jenis kalsiboard berikutnya adalah kalsiplank, yang merupakan kalsiboard untuk aplikasi dinding papan sirip (siding plank). Bentuk dari jenis kalsiboard ini terinspirasi dari olahan papan kayu alami. 

Ketebalan kalsiplank sendiri cukup bervariasi mulai dari 8mm, 9mm, dan 10mm yang membuat papan ini cukup kokoh, kuat, dan fleksibel. Sedangkan ukuran panjang dan lebarnya adalah 300x20 cm atau 300x30 cm.




3. Ukuran Kalsiboard Jenis KalsiClad




Kalsiclad merupakan jenis kalsiboard yang digunakan untuk aplikasi tembok luar. Kebanyakan digunakan untuk bangunan perkantoran ataupun ruko.

Kelebihan dari jenis kalsiboard ini adalah memiliki isolasi termal yang baaik, daya tahan yang cukup tinggi, dan mudah dipasang serta dirawat. Ukuran kalsiboard standar jenis Kalsiclad ini adalah memiliki panjang 244 cm dan lebar 122 cm. Sedangkan ketebalannya adalah 12 mm.


4. Ukuran Kalsiboard Jenis KalsiFloor




Jika kamu ingin menampilkan lantai dengan desain kekinian, maka memiliki kalsifloor bisa menjadi alternatif solusinya.

Baca juga: Keunggulan Kalsifloor Beserta Pilihan Ukurannya 

Ukuran kalsiboard jenis Kalsifloor ini memiliki standar panjang 240 cm dan lebarnya 120 cm. Sedangkan ketebalan Kalsifloor adalah 20 mm.



    5. Ukuran Kalsiboard Jenis KalsiCeiling




    Sesuai dengan namanya, kalsiceiling ini difungsikan sebagai penutup bagian atap. Keunggulan dari kalsiboard ini adalah tahan lama dan fleksibel sehingga memudahkan untuk proses pemasangan. Standar ukuran kalsiceiling adalah memiliki panjang 244 cm, lebar 122 cm, dan tebal 4 mm.


    6. Ukuran Kalsiboard Jenis KalsiQua




    KalsiQua merupakan kalsiboard yang difungsikan untuk area basah seperti kamar mandi ataupun untuk penutup atap, di mana dalam pemasangannya tidak diperlukan aplikasi waterproofing tambahan.

    Model yang ringan, namun memiliki daya resistensi yang cukup tinggi terhadap guncangan, membuat kalsiboard jenis ini cukup populer di masyarakat. Dengan menggunakan KalsiQua ini, kamu akan mendapatkan sistem aplikasi area basah yang lengkap dan terbaik.

    Ukuran kalsiboard ini tersedia dengan panjang 240 cm dan lebarnya 120 cm, dengan tebal 8 mm.


    7. Ukuran Kalsiboard Jenis KalsiRata




    KalsiRata merupakan jenis kalsiboard yang bisa dipasang untuk pengganti triplek. Karena ekonomis, kuat, bebas asbes, dan tahan lama, KalsiRata banyak digunakan untuk jenis bangunan modern minimalis. Pekerjaankonstruksi ataupun renovasi menjadi lebih efektif, sehat bagi lingkungan, dan ramah di kantong.

    Adapun ukuran kalsiboard jenis ini adalah memiliki pilihan panjang 100 cm dan 200 cm. Sedangkan lebarnya ada yang 100 cm dan 50 cm, dengan ketebalan 3 mm.


    Ada banyak jenis kalsiboard yang bisa kamu manfaatkan sesuai dengan fungsinya. Pilihlah ukuran kalsiboard yang sesuai standar dan difungsikan sebagaimana mestinya. Jangan gunakan kalsiboard yang seharusnya digunakan untuk plafon, malah digunakan untuk lantai, dan seterusnya.

    0 Response to "Mengenal Jenis Dan Standar Ukuran Kalsiboard"

    Post a Comment