5 Pilihan Ukuran Kusen Pintu Untuk Hunian Impian

Ukuran kusen pintu sangat perlu diperhatikan. Karena ukuran ini nantinya dapat berpengaruh saat memasukkan dan/atau mengeluarkan barang. Ukuran kusen pintu ini tergantung dengan jenis model pintu yang dipilih.

Sebagaimana diketahui, fungsi kusen pintu adalah sebagai tempat peletakkan daun pintu. Selain itu, kusen juga memiliki fungsi untuk penyekat dinding antar ruangan. Ukuran kusen pintu dengan daun pintu harus disesuaikan agar nantinya bisa terpasang dengan tepat.



Ukuran Kusen Pintu


Spesifikasi berikut dengan ukuran kusen merupakan ketentuan dasar yang harus diperhatikan bagi mereka yang sedang merencanakan pekerjaan pintu dan jendela sebuah bangunan. 

Secara umum ukuran setiap sisi ketebalan kusen adalah 6 cm. Sedangkan ketika kusen pintu digabung dengan jendela, maka ketebalan yang digunakan menjadi 2x lipat, yaitu 12 cm.

Adapun beberapa ukuran kusen pintu yang baik harus dibuat sesuai dengan jenis dan modelnya, yaitu:


1. Ukuran Kusen Pintu Daun Tunggal


Pintu daun tunggal merupakan jenis pintu yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ukuran kusen pintu ini pada umumnya sebesar 80 cm x 210 cm. Namun, ada juga yang mengaplikasikan  (90, 20) cm x (210, 240) cm untuk ukuran kusen pintu daun tunggal, sehingga akan terlihat begitu megah dan meweah.


3. Ukuran Kusen Pintu Kupu-Kupu (Ganda)


Desain pintu ini dikenal dengan model pintu kupu tarung. Adapun standar ukuran kusen pintu jenis ini memiliki besar 120 cm x 200 cm. Sedangkan ukuran lain yang dipilih untuk menampilkan rumah megah dan mewah bisa menggunakan ukuran kusen pintu ganda dengan ukuran (150,180, 210, 240) cm x (210, 240) cm.




4. Ukuran Kusen Pintu Kamar Tidur


Meskipun barang-barang yang ada di dalam kamar tidur tidak sebanyak barang-barang yang ada di ruangan keluarga, ataupun ruang lainnya, namun kusen pintu kamar tidur harus tetap diperhatikan ukurannya. Dengan ukuran yang tepat, penghuni akan merasa tidak kesusahan ketika harus keluar masuk kamar tidur. 

Idealnya kamar tidur memiliki ukuran kusen pintu 80 cm x 200 cm. Standar ukuran kusen pintu kamar tidur memang tidak cocok berukuran besar, agar tampilannya lebih minimalis dan simple.  



5. Ukuran Kusen Pintu Kamar Mandi



Terdapat beberapa jenis material yang biasanya digunakan untuk desain pintu kamar mandi, yaitu PVC, galvalum, dan aluminium. Material ini memiliki ukuran yang berbeda untuk dapat diaplikasikan pada kamar mandi.

Ukuran pintu kamar mandi yang terbuat dari aluminium atau galvalum sebesar (67, 70) cm x (185, 200) cm.




Sedangkan untuk ukuran kusen kamar mandi PVC, kamu bisa membuatnya dengan ukuran (70, 80) cm x (180, 210) cm. Ukuran pintu PVC ini sudah termasuk dengan ukuran ketebalan kusen (karena memang sudah satu paket).





Sedangkan informasi tambahan terkait dengan ukuran aksesoris seperti:

  • Loster berukuran 12×30 cm
  • Buvenli berukuran 40×60 cm


Itulah ukuran kusen pintu untuk pintu ruang depan (tamu), kamar mandi, dan ruang biasa yang bisa kamu pilih. Silahkan pilih model pintu yang sesuai dengan desain rumah secara keseluruhan. Dengan memperhatikan keduanya, maka harmonisasi desain antara pintu dan juga elemen rumah lainnya bisa tetap menarik.

0 Response to "5 Pilihan Ukuran Kusen Pintu Untuk Hunian Impian"

Posting Komentar