Ukuran Kalsifloor: Fungsi, Keunggulan, Pemasangan dan Harganya

Lantai rumah atau bangunan lainnya akan lebih kuat atau kokoh ketika dipasang atau ditutup dengan menggunakan kalsifloor. Lalu, berapa harga dan ukuran kalsifloor? Apa saja keunggulan dari jenis penutup lantai yang satu ini? Bagaimana cara untuk memasangnya dengan rapi?

Pertanyaan-pertanyaan di atas sering ditanyakan oleh orang-orang seperti Anda yang akan memasang kalsiflor untuk rumahnya. Yuk, langsung saja temukan jawaban dan penjelasan lebih lanjut tentang kalsifloor dengan membaca artikel di bawah ini!




Apa itu Kalsifloor?


Apa yang dimaksud dengan kalsifloor? Kalsifloor adalah jenis penutup lantai berupa papan fiber semen yang dapat menopang beban berat. Kalsifloor memiliki fungsi sebagai penutup lantai rumah, apartemen, kantor, hotel, maupun berbagai jenis bangunan lainnya.


Kemampuan menopang beban yang sangat besar ini membuat kalsifloor sering kali digunakan sebagai lantai di dalam ruangan pada bangunan-bangunan yang harus menopang beban berat. Kalsifloor juga cocok digunakan untuk penutup lantai mezzanine dan persiapan bangunan konstruksi cepat.


Kini sudah banyak orang menggunakan kalsifloor sebagai penutup lantai karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis penutup lantai lainnya. Selain itu, sudah banyak pihak konstruksi yang menyediakan jasa pemasang berbagai jenis ukuran kalsifloor.


Keunggulan dan Kelemahan Kalsifloor


Apa saja keunggulan dan kelemahan yang dimiliki oleh kalsifloor? Berikut ini informasi lengkap keunggulan dan kelemahan kalsifloor sebagai bahan pertimbangan Anda!


1. Keunggulan Kalsifloor

Kalsifloor dikenal sebagai jenis penutup lantai yang memiliki banyak kelebihan, sehingga banyak pihak menggunakannya untuk bangunan yang mereka bangun. Berikut ini keunggulan atau kelebihan dari kalsifloor sebagai penutup lantai, yaitu:


  • Mampu Menopang Beban Berat

Keunggulan utama dari kalsifloor adalah mampu menopang beban yang sangat berat bahkan hingga 800 kg. Penutup lantai seperti ini tentunya sangat cocok digunakan pada bangunan-bangunan yang harus menopang berbagai benda atau peralatan dengan beban berat di atasnya.


  • Memiliki Struktur yang Ringan

Meskipun mampu menopang beban yang sangat berat, ternyata kalsifloor memiliki struktur ringan. Struktur ringan ini juga merupakan salah satu kelebihan dari kalsifloor. Strukturnya yang ringan membuat kalsifloor tetap mudah disesuaikan dan dipasang.


  • Pemasangannya Mudah Dilakukan

Selain dua kelebihan di atas, kalsifloor juga termasuk jenis penutup lantai yang fleksibel dan mudah dipasang. Namun, tentu saja pemasangan kalsifloor tetap harus dilakukan oleh tenaga ahli atau professional.


  • Lebih Tahan Terhadap Gempa

Selain mampu menopang beban yang berat, kalsifloor juga lebih tahan terhadap guncangan bahkan lebih tahan terhadap gempa. Kalsifloor tidak akan mudah retak atau mengalami kerusakan lainnya ketika menerima guncangan.


  • Tahan Terhadap Air

Kelebihan lainnya yang dimiliki kalsifloor adalah tahan terhadap air. Kondisi ini tentu saja sangat menguntungkan karena penutup lantai yang tahan air umumnya bisa bertahan lebih lama atau awet digunakan hingga berpuluh-puluh tahun.


  • Tahan Rayap

Selain tahan terhadap air, kalsifloor juga merupakan jenis penutup lantai yang tahan terhadap serangan rayap. Kondisi ini membuat kalsifloor juga tidak mudah mengalami kerusakan dan lebih awet digunakan sebagai penutup lantai.


  • Dapat Dipasang Berbagai Variasi Finishing

Selain mudah dipasang, kalsifloor juga dapat dipasang dengan berbagai variasi finishing. Anda pun dapat menyesuaikannya dengan desain yang diinginkan atau sesuai dengan kebutuhan.


2. Kelemahan Kalsifloor

Selain memiliki beberapa kelebihan, jenis penutup lantai kalsifloor memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan. Apa saja kekurangan kalsifloor? Berikut ini informasi tentang beberapa kekurangan atau kelemahan dari kalsifloor, yaitu:

  • Kalsifloor hanya dapat dipasang oleh tenaga ahli professional dan berpengalaman.
  • Membutuhkan rangka sebagai penopang dan sekrup sebagai penguat atau kuncian, sehingga tidak dapat dipasang secara langsung.
  • Harga kalsifloor lebih tinggi atau mahal jika dibandingkan dengan harga produk jenis-jenis kalsiboard lainnya.


Ukuran Kalsifloor




Anda harus mengetahui ukuran kalsifloor sebagai informasi penting untuk memperkirakan banyaknya atau jumlah kalsifloor yang diperlukan. Kalsifloor itu sendiri umumnya dijual dengan satuan per lembar. 

Masing-masing lembar kalsifloor memiliki ukuran lebar, panjang, dan ketebalan yang berbeda. Hal ini juga bergantung dari proses pemotongan di tempat produksi atau penjualannya. Namun, secara umum, berapa besarnya ukuran kalsifloor per lembar?

Pada umumnya kalsifloor dijual per lembar dengan ukuran panjang 2400 mm dan lebar 1200 mm atau 1220 mm. Ukuran tebal kalsifloor sangat beragam, yaitu:

  • Kalsifloor 15 yang memiliki ukuran ketebalan sebesar 15 mm.
  • Kalsifloor 18 yang memiliki ukuran ketebalan sebesar 18 mm.
  • Kalsifloor 20 yang memiliki ukuran ketebalan sebesar 20 mm.


Di antara semua jenis kalsifloor berdasarkan ukurannya, Kalsifloor dengan ketebalan 20 mm paling sering dipilih dan digunakan sebagai penutup lantai suatu bangunan. Namun, tentu saja Anda bisa menyesuaikan ukuran kalsifloor yang akan dibeli dengan kebutuhan seharusnya.


Teknik Pemasangan dan Pengaplikasian Kalsifloor




Rangka kalsifloor dapat dipasang dengan mudah. Namun, tentu saja semua proses pemasangan kalsifloor harus dilakukan oleh orang berpengalaman atau ahli di bidangnya. Anda tidak boleh asal-asalan memasang jenis penutup lantai ini.

Kalsifloor dapat dipasang menggunakan sekrup jenis KalsiScrew FL pada rangka baja. Namun, sebelum dipasang kalsifloor harus dilapisi dengan adukan semen terlebih dahulu. Selain itu, para proses pemasangannya juga memerlukan kawat ayam.

Setelah itu, proses pemasangan bisa dilanjutkan dengan penutupan keramik, parket, dan karpet lantai vinyl.

Baca juga: 9 Rekomendasi Alternatif Lantai Selain Keramik


Harga Kalsifloor

Berapa harga kalsifloor per lembar? Kalsifloor dijual dengan harga yang berbeda-beda tergantung beberapa faktor, seperti jenis kalsifloor, ukuran per lembar, ketebalan dari ukuran kalsifloor, dan lain sebagainya.

Kalsifloor dengan ukuran lebar dan panjang sama, tetapi lebih tebal akan memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan kalsifloor yang lebih tipis.

Rata-rata harga kalsifloor dengan ketebalan 20 mm adalah Rp 500.000 hingga Rp 600.000. Namun, ada juga yang menjual kalsifloor 20 dengan harga Rp 600.000 hingga 900.000 tiap lembar dengan ukuran 1200 mm x 2400 mm.

Harga ini belum termasuk biaya atau tarif pemasangan kalsifoor. Anda harus memiliki budget yang lebih tinggi ketika akan membeli kalsifloor dan menggunakan jasa tenaga ahli professional untuk memasang jenis penutup lantai satu ini.


Ukuran kalsifloor berdasarkan ketebalannya ada yang 15 mm, 18 mm, dan 20 mm. Masing-masing kalsifloor memiliki harga berbeda-beda tergantung ukurannya. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan penutup lantai bangunan yang diinginkan.

0 Response to "Ukuran Kalsifloor: Fungsi, Keunggulan, Pemasangan dan Harganya"

Post a Comment