Apa itu Cat Dasar Pengganti Plamir? Ini Fungsi, Jenis dan Merek Terbaiknya

Mengecat rumah merupakan salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan agar tampilan rumah terlihat indah, terutama ketika akan memasuki hari besar seperti hari raya, hari pernikahan anak, dan lain sebagainya. Proses pengecatan dinding tembok harus dilakukan secara bertahap agar menghasilkan kualitas yang bagus. Salah satu tahapannya adalah mengaplikasikan cat dasar untuk pengganti plamir.

Penggunaan cat dasar sebelum pemakaian cat utama sebenernya sudah sejk lama direkomendasikan oleh produsen. Namun, hingga kini masih banyak orang menganggap cat dasar tidak terlalu penting dalam konstruksi bangunan. Nah, sebernanya mana yang lebih baik, mengaplikasikan cat dasar ataukah plamir? Yuk simak penjelasan detailnya pada artikel di bawah ini, ya.





Pengertian Cat Dasar dan Fungsinya


Cat dasar adalah cat dengan kandungan bahan penyusun berupa emulsi acrylic yang dapat digunakan sebagai pelapis untuk memastikan agar lapisan cat selanjutnya bisa menempel dengan sempurna dan tidak mudah mengelupas. 

Berikut ini adalah beberapa fungsi cat dasar pengganti plamir, yaitu:


1. Menutupi Noda dan Pori-Pori pada Tembok sehingga Hasil Pengecatan Lebih Halus dan Rata


Cat dasar pengganti plamir ini dapat digunakan untuk melindungi permukaan tembok agar tidak membuat lapisan cat mudah kotor. Jadi, hasil pengecatan nantinya akan lebih halus dan rata tanpa ada noda yang menempel.

Selain itu, cat dasar ini juga sangat berguna pada tembok dengan pori-pori yang besar, seperti pada bata ringan. Dinding bata hebel membuat pengaplikasian cat nantinya tidak merata sehingga membutuhkan cat dasar agar permukaannya lebih halus. Selain itu, penggunaan cat dasar ini akan mampu menghemat keseluruhan biaya pengecatan karena tidak membutuhkan lebih banyak lapisan cat tambahan/utama.


2. Untuk Mencegah Timbulnya Garam Alkali

Garam alkali pada tembok dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah tembok seperti permukaan yang mengapur, menggelembung, dan bintik-bintik/bercak warna cat yang tidak rata.

Nah, lapisan cat dasar pengganti plamir ini mampu melindungi tembok agar reaksi alkali tidak merusak cat baru.


3. Melapisi Cat Tembok Lama yang Berwarna Gloss

Umumnya dinding rumah tidak hanya cukup dicat satu kali dalam beberapa tahun. Nah, jika sebelumnya tembok sudah dicat dan akan dicat ulang, maka penggunaan cat dasar sangatlah direkomendasikan. Apalagi cat tembok yang lama biasanya mempunyai water gloss licin sehingga membutuhkan pelapisan cat dasar agar lapisan cat berikutnya dapat menempel dengan baik.

Baca juga: 8 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik di Pasaran

                  Cara Mengecat Tembok Tanpa Acian dengan Hasil Memuaskan


Jenis-Jenis Cat Dasar


Ada beberapa jenis cat dasar pengganti plamir yang ada di pasaran Indonesia, antara lain yaitu:

  • Alkali Resisting Primer, yaitu cat dasar dengan bahan penyusun emulsi akrilik yang ditujukan untuk melapisi permukaan dinding baru yang benar-benar kering.
  • Wall Sealer, yaitu cat dasar yang diproduksi khusus untuk pengaplikasian pada permukaan dinding yang sudah lama/sudah dicat sebelumnya.
  • Waterproofing Sealer, yaitu cat dasar yang diproduksi khusus untuk diaplikasikan pada permukaan tembok lama maupun baru yang kondisi dindingnya lembab.
  • Alkali Killer, yaitu cat dasar yang diproduksi khusus untuk membunuh alkali berbasis solvent dan sangat cocok diaplikasikan pada permukaan dinding baru yang finishingnya menggunakan cat premium. Permukaan dinding tembok yang menggunakan produk ini akan terbebas dari menggelembung, mengapur, dan bercak-bercak. Dalam pengaplikasiannya, alkali killer membutuhkan thinner untuk pengenceran.

Perbedaan Cat Dasar dan Plamir


Baik cat dasar maupun plamir keduanya memang sama-sama diaplikasikan sebelum cat akhir/finishing. Keduanya memiliki perbedaan pada bahan penyusunnya.

Plamir atau Wall Filler adalah kumpulan bahan dari beberapa material seperti kalsium karbonat, lem putih, semen putih, dan air yang diformulasikan menjadi suatu adonan. Plamir berguna sebagai bahan dasar untuk pengaplikasian pada dinding sebelum dilakukan pengecatan.

Sama seperti halnya cat dasar, plamir ini juga memiliki fungsi untuk meratakan permukaan dinding yang tidak rata, bertekstur/berpori atau berlubang sehingga memudahkan proses pengecatan agar hasilnya lebih halus.

Plamir juga berguna untuk menutupi dinding yang berlobang atau retak dan permukaan dinding yang tidak rata. Sayangnya plamir ini sering membuat cat akan mudah terkelupas, terutama pada ruangan yang lembap. Jadi, banyak orang yang merekomendasikan untuk mengganti plamir dengan pengaplikasian cat dasar.


4 Rekomendasi Merek Cat Dasar Terbaik di Indonesia



Jika Anda berencana untuk mengecat dinding bangunan rumah baru atau merenovasinya, maka berikut ini adalah rekomendasi 5 merek cat dasar untuk pengganti plamir terbaik yang bisa dipilih, yaitu:


1. Cat Dasar Wall Sealer Merek Nippon Paint

Nippon Paint sudah tidak diragukan lagi menjadi pilihan cat tembok terbaik di Indonesia, termasuk produknya yaitu cat dasar. Wall sealer Nippon Paint memiliki formula unik yang dapat mengurangi level Volatile Organic Compound (VOC) hampir nol. Artinya, saat Anda mengecat bau yang dihasilkan  tidak akan tercium secara langsung.

Selain tidak bau, cat tembok Nippon Paint juga berkualitas dan tahan lama.

Dua produk cat dasar merek Nippon Paint yang paling terkenal adalah wall sealer dan alkali killer. 

Wall sealer Nippon Paint memiliki kandungan bahan dasar styrene acrylic yang diformulasikan untuk melindungi cat dinding interior dan eskterior dari serangan alkali dan efflorescence. Selain itu, produk ini juga mampu untuk membantu daya tutup dari lapisan cat akhir pada dinding, langit-langit, berbahan dasar batu-bata, softboard, asbes maupun GRC.

Sementara itu alkali killer Nippon Paint mengandung cat minyak berbahan dasar resin akrilik. Cat dasar pengganti plamir ini mudah diaplikasikan, dengan cukup menggunakan kuas akan dihasilkan permukaan dinding yang halus dan rata. Karena cocok untuk ruangan yang lembap, dat dasar ini mampu menghambat pertumbuhan jamur dan mencegah terjadinya perubahan warna pada cat dinding.

Baca juga: Warna Cat Nippon Paint Untuk Ruang Tamu Yang Menawan


2. Cat Dasar Tembok Avitex Alkali Resisting Primer


Cat Avitex ini merupakan cat dasar pengganti plamir bermutu tinggi yang mengandung bahan penyusun berupa akrylic emulsion. Cat dasar ini mempunyai daya tahan terhadap garam alkali dan effloresence sehingga membuat dinding tidak mudah menggelembung, bercak-bercak warna, dan mengapur.

Avitex Alkali Resisting Primer ini jugamemberikan daya rekat cat dengan tembok yang lebih bagus.


3. Cat Dasar Tembok Dulux Catylac



Dulux Catylac mengeluarkan dua jenis produk cat dasar, yaitu untuk interior dan eksterior.

Dulux Alkali Resisting Interior merupakan cat dasar yang diproduksi oleh Dulux khusus untuk penggunaanya pada ruang interior, misalnya untuk cat ruang tamu. Sementara itu, produk keduanya adalah Dulux Weathershield yang diformulasikan khusus untuk cat dasar exterior berkualitas tinggi.

Cat dasar ini mampu meningkatkan daya rekat tembok agar cat dinding tidak mudah menggelembung dan mengelupas. Struktur partikel yang dikandungnya mampu mengurangi serangan garam alkali pada tembok yang belum kering sempurna.


4.  Cat Dasar Tembok Jotun

Cat dasar merek Jotun ini membuat dinding interior dan eksterior hunian Anda lebih halus dan optimal. Sangat cocok untuk diaplikasikan pada dinding yang finishingnya menggunakan cat premium. Cat dasar pengganti plamir merek Jotun ini memiliki VOC yang sangat rendah sehingga tidak berbau ketika diaplikasikan.

Keunggulan lain dari cat dasar ini adalah dapat digunakan pada permukaan dinding lama yang sedikit mengapur dan mengelupas untuk kemudian dilakukan pengecatan ulang. Memiliki daya rekat yang sangat baik dan sangat ramah lingkungan (green product) dengan sertifikasi dari Singapore Green Label.


Tembok yang kotor dan rusak tentu saja dapat mengganggu penampilan sebuah bangunan rumah. Biasanya masalah yang sering timbul pada dinding adalah permukaannya menggelembung, berbintik-bintik dan atau juga menggumpal. Penyebab utamanya adalah cat yang mengandung alkali yang tinggi. Untuk itu, penggunaan cat dasar pengganti plamir sebelum pengaplikasian cat utama sebagai finishing-nya sangatlah direkomendasikan.

0 Response to "Apa itu Cat Dasar Pengganti Plamir? Ini Fungsi, Jenis dan Merek Terbaiknya"

Post a Comment