Mengenal Voute Baja, Fungsi, Jenis, Ukuran, dan Cara Menentukan Kebutuhannya

Voute baja atau sumpil adalah salah satu komponen utama yang dibutuhkan dalam setiap struktur konstruksi. Mengingat fungsinya yang sangat penting bagi struktur, setiap kontraktor dan ahli teknik sipil harus paham voute dengan baik seperti jenis bahan, cara memasang sumpil hingga penentuan dimensi.

Voute yang ada di lapangan umumnya tersedia dalam bentuk segitiga. Komponen ini dipasang dengan cara menyatu dengan struktur baja utama pada bangunan. Voute atau dikenal sebagai hounch dapat dipasang baik pada balok, kolom baja, kuda-kuda, kantilever hingga konsol pada bangunan.




Pengertian Apa Itu Voute Baja?


Voute baja atau haunch merupakan komponen strategis utama yang memainkan peranan penting pada suatu konstruksi. Dalam istilah lokal, kata voute baja lebih lumrah dikenal sebagai dagu atau sumpil. Sementara istilah asing dari komponen ini disebut sebagai couph dan haunch

Voute atau couph umumnya berbentuk segitiga yang dipasang menyatu dengan struktur komponen baja yang utama. Voute akan dipasang tepat berada di bawah suatu batang struktur dengan teknik pengelasan secara penuh sehingga dapat meningkatkan kekuatan atau reinforcement pada struktur baja. 

Voute atau couph baja dipasang pada berbagai elemen pada struktur bangunan yang diperkirakan membutuhkan perkuatan ekstra. 

Elemen tertentu pada struktur bangunan ketika tidak memiliki kekuatan yang cukup dapat mengalami tekukan pada sambungan atau tumpuannya sehingga dibutuhkan perkuatan ekstra dari voute. 


Fungsi Voute Baja pada Struktur Bangunan



Voute baja atau sumpil sebagai salah satu komponen utama pada struktur konstruksi mempunyai banyak fungsi dan keuntungan bagi struktur baja. Penambahan voute pada bagian struktur tertentu bahkan bisa mengurangi biaya konstruksi. Berikut adalah fungsi digunakannya voute atau hounch:

  • Voute yang dipasang pada kuda-kuda, kolom baja, balok maupun elemen lainnya pada struktur memberi perkuatan ekstra pada struktur bangunan
  • Fungsi voute baja yang dipasang pada konsol serta kantilever bertujuan untuk mencegah terjadinya punter atau tekukan pada sambungan atau tumpuan.
  • Penambahan voute pada tumpuan balok bentang panjang berfungsi untuk mengurangi beban struktur balok sehingga akan menurunkan biaya pembuatan balok bentang panjang tersebut. 
  • Penambahan voute pada tumpuan balok bentang panjang dapat menurunkan bobot struktur namun tidak menurunkan kekuatan balok tersebut sehingga aman digunakan untuk bangunan apapun. Tentukan efisiensi panjang voute sebelum dipasang dengan analisa nilai momen dan lendutan. 


Jenis Bahan yang Cocok untuk Voute 


Semua baja profil sebenarnya bisa dipilih menjadi bahan untuk voute atau sumpil baja. Di antara sekian jenis profil baja, beberapa profil baja yang paling sering dipilih adalah profil H Beam, baja WF, Kanal C, pipa besi, besi siku dan besi kanal U atau UNP. Berikut jenis profil baja yang bisa dipilih untuk bahan voute: 


1. H Beam

Baja H Beam dibuat dari lempengan baja kokoh dan kuat berbentuk huruf H. 


2. Baja WF

Baja Wide Flange adalah lempengan baja berkekuatan tinggi yang dapat menahan beban dan tarik. 


3. Kanal C

Besi kanal C atau biasanya disebut CNP dibentuk dari material plat coil berupa lembaran baja atau galvalum dengan lapisan krom.

Baca juga: Ukuran Besi CNP, Fungsi, Keunggulan dan Harganya


Tips Menentukan Material Sumpil yang Sesuai


Pemilihan jenis baja profil yang akan digunakan sebagai bahan sumpil disesuaikan dengan fungsi voute tersebut. Jika voute akan ditempatkan pada batang yang mendatar, maka jenis baja profil yang digunakan untuk voute berbentuk mendatar juga. Berikut tips penting dalam memilih material voute:


1. Pemilihan Material Menyesuaikan Tujuan Pemasangan Voute

Sebenarnya, semua jenis baja profil memang bisa dipakai untuk membuat voute baja. Bahkan, baja profil berbentuk lembaran juga dapat digunakan seperti jenis strip plat, plat eyzer, dan bordes. 

Hanya saja, saat memilih jenis baja profil harus disesuaikan kepada tujuan voute dipasang. Hal ini dikarenakan apabila dimensi voute makin besar maka kekuatan voute tersebut juga lebih besar. Voute pipa misalnya biasanya digunakan sebagai pengaku kuda-kuda lengkung. 

Apabila material yang digunakan tidak sejenis dapat menyebabkan beban tidak tersalur secara merata ke tiang kolom. 


2. Bahan yang Dipilih untuk Sumpil Harus Sejenis dengan Struktur

Memang benar bahwa semua profil baja bisa digunakan sebagai material untuk voute, namun pemilihan bahan harus sejenis dengan strukturnya. Sebagai contoh suatu balok dibuat dari profil baja gabungan. 

Oleh karena itu, voute yang dipasang ke balok tersebut haruslah menggunakan material dan model yang sama, yaitu profil baja gabungan. 


3. Penentuan Ukuran Panjang Sumpil Baja

Ukuran profil baja yang digunakan untuk sumpil harus mengikuti batang strukturnya. Misalnya kuda-kuda yang dibuat dari bahan baja WF 250 x 125 x 6 x 9 artinya material pembuat voute haruslah menggunakan material dengan ukuran yang sama tersebut.

Ukuran panjang voute tidak boleh terlalu pendek, disarankan agar lebih panjang. Sayangnya, banyak kontraktor yang ingin berhemat sehingga menggunakan voute yang terlalu pendek dari sisa-sisa bahan proyek. Padahal, cara ini tentu sangat salah karena dapat membahayakan kekuatan konstruksi. 


4. Jangan Menggunakan Material Bekas 

Meskipun fungsi voute adalah sebagai penguat ekstra, namun pemilihan materialnya harus sangat teliti. Gunakan material baru, jangan menggunakan material bekas sisa proyek sebelumnya. Hindari juga menggunakan material sambungan karena dapat membahayakan. 


Ukuran dan Cara Menentukan Panjang Voute yang Tepat



Panjang voute atau sumpil jika ditulis pada gambar kerja disingkat dengan L. Penentuan ukuran panjang voute disesuaikan dengan tujuan penggunaannya sebagai berikut:


1. Menentukan Panjang Voute Balok Dak WF

Panjang voute untuk balok dak WF adalah 1/10 bentangan. Sebagai contoh jika bentang balok 8 meter artinya panjang voute yakni 0,8 meter. Selain material WF, material lain yang bisa digunakan pada balok dak seperti UNP double dan CNP. 

Aturan jika menggunakan material CNP dan UNP adalah 1,5 bentangan. 


2. Menentukan Panjang Voute Pada Kuda-Kuda Kastela

Voute adalah komponen penting untuk kuda-kuda kastela. Ada dua jenis voute kuda-kuda yakni voute untuk kuda-kuda kastela di sisi bawah dan untuk kastela sisi atas. Untuk voute kuda-kuda bagian bawah maka ukurannya adalah 8 sampai 10% bentangan. 

Sementara voute kuda-kuda bagian atas harus dikali 2 karena terdapat 2 buah kuda-kuda. 


Saat memilih bahan dan juga ukuran untuk voute baja yang tepat maka harus memperhatikan fungsi dari voute tersebut. Apabila material dan ukuran yang dipilih tidak tepat dapat membuat sumpil atau voute yang dipasang menjadi sia-sia atau menjadi penambah beban struktur. 

0 Response to "Mengenal Voute Baja, Fungsi, Jenis, Ukuran, dan Cara Menentukan Kebutuhannya"

Post a Comment