Kuda-Kuda Baja WF: Pengertian, Keunggulan, Cara Menghitung Panjang dan Pemasangan

Rangka kuda-kuda adalah rangka utama dari konstruksi rangka atap. Rangka kuda-kuda pada bangunan gedung menggunakan berbagai jenis material mulai dari material kayu, baja ringan dan profil baja. Rangka kuda-kuda baja WF adalah salah satu profil baja yang banyak digunakan sebagai konstruksi kuda-kuda.

Pemilihan baja profil WF sebagai material kuda-kuda atap bangunan menjadi pilihan paling populer untuk bangunan dengan bentang yang cukup panjang seperti gedung pertemuan, pabrik, kampus, stadion. Sementara bangunan bentang yang pendek hingga 12 meter, dapat menggunakan konstruksi kuda-kuda dari baja ringan. 



Apa itu Kuda-Kuda Baja WF?



Kuda-kuda baja WF adalah rangka kuda-kuda bangunan yang dibuat dari material profil baja WF, yakni baja wide flange yang mempunyai kekuatan tekan serta tarik cukup tinggi. Jenis baja WF ini sangat baik untuk menahan tarik dan tekanan aksial. 

Kelebihan penggunaan baja WF dibandingkan material lain atau profil baja lainnya adalah bobotnya tidak terlalu berat namun struktur kepadatannya tinggi. Oleh karena itu jenis profil baja WF sangat cocok digunakan sebagai material rangka kuda-kuda atap bangunan. 

Karakteristik baja WF mempunyai sistem konstruksi rumit yang dapat menopang gaya beban besar baik vertikal dan horizontal saat pemasangan fondasi sehingga tetap aman bagi penghuni bangunan di dalamnya. Baja WF juga tahan terhadap suhu dan tekanan sehingga sangat baik untuk rangka kuda-kuda.


Keunggulan Rangka Kuda-Kuda dari Baja Profil WF


Fungsi kuda-kuda baja WF adalah sebagai konstruksi rangka atap bangunan dengan bentang yang panjang seperti stadion, gudang, dan lainnya. Kuda-kuda berfungsi sebagai penerima beban dari atap yang berasal dari air hujan, angin, genteng, reng dan sebagainya. Berikut kelebihan kuda-kuda atap baja WF:


1. Memiliki Kekuatan Tinggi

Kelebihan rangka kuda-kuda dari profil baja WF adalah memiliki kekuatan yang tinggi sehingga akan mengurangi berat struktur dan juga ukuran struktur. Kelebihan material profil baja sebagai kuda-kuda ini tentu sangat menguntungkan jika diterapkan pada bangunan yang ada di tanah dengan kondisi buruk. 


2. Keawetan dan Keseragaman Tinggi

Material profil baja sebagai rangka kuda-kuda memiliki karakteristik berupa keawetan dan juga keseragaman tinggi. Hal ini karena sifat baja yang jauh lebih seragam atau homogen. Selain itu, baja juga lebih awet terutama jika prosedur perawatannya dilakukan dengan optimal.


3. Daktilitas Cukup Besar

Alasan mengapa profil baja salah satunya baja WF banyak dipilih untuk rangka kuda-kuda pada bentangan bangunan yang panjang seperti stadion, bandara, gudang dan lainnya karena sifat daktilitas batang baja yang cukup tinggi. 

Saat batang baja menerima tegangan tarik yang besar, maka batang baja akan mengalami regangan yang cukup besar sebelum terjadi kerusakan atau runtuh.


4. Mudah untuk Dilakukan Perhitungan Analisis Struktur

Karakteristik baja yang cukup menguntungkan terutama bagi kontraktor bangunan dan arsitek adalah mudah untuk dilakukan perhitungan secara pasti dalam proses analisis struktur. Hal ini dikarenakan sifat baja yang sangat elastis sehingga menghasilkan tegangan cukup tinggi sesuai Hukum Hooke. 

Momen inersia pada profil baja juga mudah untuk dihitung dengan pasti nilainya. 


5. Mudah untuk Disambung

Alasan mengapa profil baja WF banyak dipilih sebagai rangka kuda-kuda pada bentang yang panjang seperti stadion dan sebagainya adalah karena sifat bawaan baja yang mudah dilakukan penyambungan antar elemennya. 

Penyambungan material baja bisa dilakukan dengan mudah menggunakan alat sambung baut atau las. Baja dibuat melalui teknik gilas panas yang membuat sifat material baja mudah untuk dibentuk menjadi penampang yang diinginkan. 


6. Cepat dan Efisien

Keunggulan kuda-kuda baja WF adalah lebih cepat saat dilakukan konstruksi karena proses penyambungannya yang efisien sehingga disukai para kontraktor terutama pada konstruksi bangunan dengan bentang atap yang panjang. 


Cara Menghitung Panjang Profil Baja WF Sebagai Kuda-Kuda Atap




Kelebihan penggunaan kuda-kuda dari profil baja adalah bisa diimplementasikan pada bentangan hingga 40 meter. Semakin besar ukuran bentang bangunan, maka ukuran profil baja WF juga harus lebih besar. Berikut salah satu ketentuan yang banyak digunakan untuk menentukan ukuran profil baja WF:

  • Jika lebar bentangan kurang dari sama dengan 15 m, maka digunakan profil baja WF 150 x 75 x 5 x 7 mm
  • Jika lebar bentangan kurang dari sama dengan 20 m, maka digunakan profil baja WF 200 x 100 x 5,5 x 8 mm
  • Jika lebar bentangan kurang dari sama dengan 30 m, maka digunakan profil baja WF 300 x 150 x 6,5 x 9 mm
  • Jika lebar bentangan kurang dari sama dengan 40 m, maka digunakan profil baja WF 400 x 200 x 8 x 13 mm


Proses Pemasangan Profil Baja WF Sebagai Kuda-Kuda




Proses pemasangan material profil baja sebagai kuda-kuda atap sangat mudah dan efisien karena penyambungan bisa dilakukan dengan metode pengelasan atau menggunakan mur baut. Bahan yang disiapkan seperti rangka atap berupa kuda-kuda baja, kaso dari baja ringan, dan reng baja ringan.

  • Pertama-tama kontraktor harus memastikan bahwa rangka kuda-kuda baja WF terbebas dari kotoran baik berupa karat ataupun kotoran yang berisiko menimbulkan masalah sebelum dipasang.
  • Rangka baja yang digunakan tidak boleh terdapat teuk ataupun puntir sehingga pengerjaan harus dilakukan dengan rapi
  • Penyambungan antara elemen baja menggunakan peralatan las listrik atau dibaut menggunakan baut ukuran 16 mm, plat buhul 12 mm atau plat buhul dari potongan WF 200 x 100. Pengikat gordingnya memakai plat berukuran 10 mm dan 12 mm, baut berukuran diameter 16 mm
  • Antara pengikat gording diberikan jarum gording berukuran 12 mm serta trek stang ukuran diameter 16 mm
  • Saat meletakkan kuda-kuda dengan ringbalk harus dipasangi plat buhul ketebalan 10 mm serta baut berukuran diameter 16 mm. Elemen angkur dipasangi di setiap tumpuannya.
  • Bagian baja siku yang dilas sebelumnya harus dicat menggunakan cat besi
  • Finishing paling akhir dari proses pemasangan kuda-kuda dari baja WF adalah dicat sebanyak dua kali. 


Kuda-kuda baja WF dipilih oleh kontraktor sebagai rangka kuda-kuda pada bentangan yang panjang seperti bangunan stadion, bandara, pabrik dan lainnya. Pemilihan material profil baja WF lebih disukai karena proses penyambungan yang mudah hanya menggunakan las ataupun mur baut.

0 Response to "Kuda-Kuda Baja WF: Pengertian, Keunggulan, Cara Menghitung Panjang dan Pemasangan"

Post a Comment