Apa itu Bendrat? Ini Jenis, Spesifikasi Ukuran, dan Harganya

Kawat bendrat adalah salah satu material penting yang dibutuhkan pada konstruksi bangunan maupun barang berat lainnya. Kawat bendrat memiliki berbagai fungsi bagi konstruksi bangunan terutama sebagai pengikat bagi rangka besi tulangan sebelum dilakukan pengecoran. 

Kawat bendrat memiliki karakteristik sangat kuat namun mudah untuk dibentuk dan diatur sehingga cocok sebagai material pengikat struktur bangunan. Jenis kawat bendrat sangat beragam yang dibedakan berdasarkan ukuran ketebalan kawat tersebut. Setiap jenis kawat digunakan untuk kebutuhan tertentu.





Deskripsi Tentang Kawat Bendrat


Bendrat adalah salah satu jenis kawat yang banyak digunakan pada konstruksi bangunan sebagai material pengikat rangka tulang di antara sambungan satu tulangan dengan tulang kerangka konstruksi lain. 

Kawat bendrat mempunyai nama lain yang lebih lumrah dikenal masyarakat awam seperti kawat ikat atau kawat beton.

Kawat bendrat digunakan di tulangan kolom, sloof, balok, kolom praktis serta rangkaian tulangan lain yang akan membentuk satu kesatuan rangkaian rangka elemen struktur yang siap untuk dicor. Jenis kawat bendrat sangat beragam yang ditentukan oleh ukuran kawat tersebut. 

Setiap jenisnya ditujukan untuk kebutuhan tertentu sehingga Anda harus memilih jenis kawat dengan ukuran yang tepat. Kawat bendrat sendiri tergolong ke dalam jenis kawat lunak yang dibuat dari material kawat baja karbon kokoh sehingga akan menguatkan kerangka struktur bangunan.  


Fungsi Kawat Bendrat untuk Kehidupan Sehari-Hari




Kegunaan kawat bendrat adalah sebagai pengikat maupun penguat rangka besi tulangan. Selain itu, kawat bendrat juga memiliki beragam fungsi terutama dalam konstruksi bangunan. Berikut adalah beberapa fungsi utama kawat bendrat dalam kehidupan sehari-hari:


1. Kawat Bendrat untuk Mengikat Pagar Kawat

Manfaat kawat bendrat adalah sebagai pengikat pagar dari kawat sehingga ikatan dari pagar tersebut menjadi lebih kokoh dan kuat. Kawat bendrat akan membuat usia pagar kawat menjadi lebih lama. 

Cara menggunakan kawat bendrat untuk pagar kawat adalah dengan mengikat kawat bendrat tersebut minimal sebanyak tiga kali putaran supaya lebih kuat dan tebal.


2. Kawat Bendrat untuk Mengikat Rangka Dinding Besi atau Beton

Kawat bendrat memiliki fungsi sebagai pengikat pada rangka dinding beton atau besi. Kawat bendrat akan memperkokoh rangka dinding sehingga tahan terhadap goncangan dan tidak mudah retak. 

Diameter kawat bendrat yang digunakan sebagai rangka dinding besi atau beton tidak terlalu besar, yakni hanya di kisaran 0,8 milimeter sampai 2,8 milimeter supaya mudah saat mengikatnya.


3. Kawat Bendrat untuk Mengikat Struktur Bangunan

Kawat bendrat adalah pengikat yang sangat penting pada rangka besi sehingga dapat memperkokoh dan memperkuat bangunan agar terhindar dari risiko yang berbahaya pada bangunan. 

Sifat kawat bendrat yang lunak membuatnya mudah untuk dibengkokkan sehingga dapat mengikat rangkaian besi dengan diameter panjang. Penggunaan kawat bendrat pada struktur bangunan umumnya diterapkan di bangunan bengkel, gedung, perusahaan manufaktur hingga pagar dari balok. 


4. Kawat Bendrat Berguna untuk Menguatkan Rangka Kunci Balok Besi

Selain sebagai pengikat kerangka konstruksi bangunan, kawat bendrat juga berguna untuk menguatkan rangka struktur bangunan yang terbuat dari bahan kawat besi. Kawat bendrat digunakan sebagai pengunci pada setiap sudut rangka besi balok sehingga dapat menguatkan konstruksi dan menahan beban. 


Pemanfaatan kawat bendrat sebagai penguat rangka kunci balok besi banyak dilakukan pada pembuatan pagar, pembatas atau pelindung taman. Kawat bendrat diikat pada rangka kunci balok besi dengan membentuk simpul agar sudut di rangka besinya tidak mudah bergeser. 

Tahapan ini dilakukan sebelum pengecoran. 


5. Kawat Bendrat untuk Menyusun Alat Komunikasi

Sistem jaringan kabel pada peralatan komunikasi membutuhkan material kawat bendrat sebagai dasar pengikat berbagai rangkaian alat di dalam material baja, beton dan besi. Kawat bendrat ini akan memperkuat berbagai kerangka bangunan serta kerangka ban. 


Jenis Kawat Bendrat dan Spesifikasi Ukurannya


Kawat bendrat yang ada di pasaran sangat beragam dalam berbagai ukuran. Setiap jenisnya mempunyai ketebalan berbeda yang ditunjukkan oleh kode kawat bendrat. Berikut adalah beberapa jenis kawat bendrat beserta spesifikasi tujuan penggunaan yang disesuaikan dengan kebutuhan:


1. Kawat Bendrat BWG 21

Salah satu tipe kawat bendrat atau kawat beton yang paling banyak direkomendasikan adalah kawat bendrat BWG 21. Kawat bendrat BWG 21 digunakan untuk mengikat struktur bangunan secara kokoh dan kuat. 

Kawat ini adalah jenis kawat beton paling mahal karena ketebalannya lebih tebal dibandingkan kawat bendrat yang lain. 


2. Kawat Bendrat BWG 16

Kawat bendrat BWG 16 memiliki ukuran diameter 1,60 mm yang sedikit lebih tipis dibandingkan jenis kawat bendrat lainnya. Kawat bendrat BW 16 biasa digunakan sebagai pengikat struktur besi beton berulir maupun polos.

3. Kawat Bendrat BWG 10

Kawat bendrat BWG 10 memiliki ukuran diameter 3,40 mm yang sangat baik digunakan sebagai pengikat pada struktur konstruksi.

4. Kawat Bendrat BWG 8

Kawat bendrat BWG 8 ditujukan sebagai pengikat struktur besi sebelum dicor. Dari segi ukuran, BWG 8 memiliki diameter paling kecil dibandingkan jenis yang lainnya.

5. Kawat Bendrat BWG 6

Kawat bendrat dengan kode BWG 6 mempunyai ukuran diameter yang cukup tebal dibandingkan jenis kawat BWG lainnya yakni 5,20 mm. 


Daftar Harga Kawat Bendrat Berdasarkan Jenisnya




Kawat bendrat yang tersedia di pasaran sangat beragam karena setiap jenisnya memiliki spesifikasi dengan tujuan pengguna yang berbeda. Harga kawat bendrat atau kawat beton ditentukan berdasarkan satuan, jenis, ketentuan penjualnya dan daerah tempat pembelian. Berikut daftar harganya:


No.

Jenis Kawat Bendrat

Satuan

Harga (Kisaran)

1

Kawat bendrat 20 kg

20 kg

Rp 220.000

2

Kawat bendrat per roll

1 roll

Rp 310.000

3

Kawat bendrat per kilo

1 kg

Rp 16.000

4

Kawat bendrat per meter

1 meter

Rp 3.000

5

Kawat bendrat 16

1 kg

Rp 22.000

6

Kawat bendrat 14

1 kg

Rp 19.500

7

Kawat bendrat12

1 kg

Rp 18.200

8

Kawat bendrat 10

1 kg

Rp 16.200

9

Kawat bendrat 8

1 kg

Rp 16.000

10

Kawat bendrat 6

1 kg

Rp 16.500



Fungsi kawat bendrat adalah sebagai pengikat atau penyambung rangka pada rangkaian konstruksi bangunan. Pemilihan kawat bendrat harus sangat teliti dengan mempertimbangkan jenis atau ukuran kawat. Kesalahan memilih kawat bendrat dapat mengakibatkan bahaya terhadap konstruksi bangunan.

0 Response to "Apa itu Bendrat? Ini Jenis, Spesifikasi Ukuran, dan Harganya "

Post a Comment