Keunggulan Besi T Beam, Harga, Ukuran dan Proses Pembuatannya

Jenis besi yang digunakan untuk konstruksi sangat beragam bergantung kepada kebutuhan. Salah satu jenis besi profil yang paling banyak digunakan adalah T Beam karena harga besi T Beam yang sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.


Profil besi T Beam mempunyai bentuk penampang seperti huruf T dengan ukuran memanjang sehingga tampak seperti bangun persegi panjang. Besi berjenis T Beam sendiri umum digunakan sebagai struktur load-bearing logam atau sebagai balok lantai pada proses konstruksi bangunan.




Apa itu Besi T Beam? 


Besi T Beam adalah salah satu jenis besi profil yang cukup populer di kalangan para kontraktor bangunan karena sering digunakan sebagai penampang struktur pada bangunan. Dalam Bahasa Indonesia, besi T beam lebih dikenal sebagai balok T. 

Umumnya, besi T Beam digunakan sebagai struktur load bearing logam dengan bentuk penampang huruf T. Sisi atas dari T penampang mempunyai fungsi sebagai flange yang melawan tegangan tekan. Sementara bagian bawah T penampang yakni web dari balok berguna untuk melawan tegangan tarik. 


Selain itu, besi T Beam juga memiliki karakteristik sangat kuat karena adanya kemampuan pemisahan tekanan yang berasal dari kekuatan tekuk. Karakteristik besi T Beam yang kuat ini membuatnya menjadi pilihan yang paling disukai sebagai balok lantai dan juga balok kantilever. 


Mengingat fungsi dan kemampuan besi T Beam yang sangat kokoh membuat harga besi T Beam relative mahal dibandingkan profil besi lainnya. Proses pengecoran balok T atau besi T Beam dilakukan bersamaan dengan pengecoran pada pelat lantai atau monolit. 

Balok T umumnya dibagi menjadi dua yakni balok tengah (interior) dan balok pinggir (eksterior). 


Fungsi Besi T Beam


Besi T Beam atau balok T umumnya lebih banyak digunakan sebagai material struktur pada bangunan berukuran besar. Hal ini dikarenakan sifat balok T yang sangat kuat dan kokoh untuk menahan beban berat sehingga digunakan untuk penguat bangunan berbobot berat. Berikut adalah berbagai fungsi besi T Beam: 

  • Sifat besi T Beam bisa bertumpu langsung ke tanah sehingga umumnya digunakan sebagai penghubung antara pile cap
  • Besi T Beam memiliki fungsi sebagai pengkaku semua bagian bangunan di bagian atasnya karena merupakan satu kesatuan
  • Pada bangunan berukuran besar, besi T Beam umumnya digunakan sebagai penopang pada plat lantai bangunan tersebut. 


Keunggulan Besi T Beam


Besi T Beam cukup populer dipilih oleh para kontraktor bangunan mengingat kualitas kekuatannya yang sangat kokoh menahan tekanan beban berat. Selain kekuatan dalam menahan beban berat yang cukup baik, besi T Beam sebenarnya memiliki ragam keunggulan dibandingkan profil besi lainnya sebagai berikut:


  1. Material besi T Beam sangat kokoh dan juga kaku dikarenakan dibuat dari beberapa rangka batang. Keunggulannya adalah cocok untuk memikul beban yang sangat berat
  2. Kelebihan besi T Beam adalah tersedia dalam berbagai ukuran sehingga Anda bisa dengan bebas memilih ukuran yang paling sesuai dengan kebutuhan. Terkadang, kontraktor juga mengkombinasikan material besi T Beam dengan baja WF serta H Beam. 
  3. Besi T Beam memiliki karakteristik sulit mengalami efek punter atau lentur sehingga cocok digunakan sebagai bentang lebar baik untuk batang tarik dan tekan. 


Kekurangan Besi T Beam


Sebagaimana material konstruksi yang lain, besi T Beam juga memiliki sejumlah kekurangan yang membuatnya tidak cocok jika diaplikasikan untuk kegunaan tertentu. Berikut adalah sejumlah kelemahan yang dimiliki besi T Beam:


  1. Tidak semua kontraktor mau menggunakan besi T Beam sebagai material pembangunan karena tonasenya yang cukup besar. Hal ini tentu berpengaruh terhadap anggaran biaya yang harus dikeluarkan
  2. Konstruksi menggunakan besi T Beam membutuhkan waktu yang sangat lama dikarenakan kontraktor harus menggabungkan besi T Beam dengan baja yang lain terlebih dulu. Sambungan-sambungan rangka tersebut juga harus dilas agar tersambung dengan baik sehingga menghabiskan waktu yang lama.


2 Metode Proses Pembuatan Besi T Beam yang Tepat




Besi T Beam bisa dibuat dengan dua metode yakni metode fabrikasi yang dilakukan di pabrik ataupun dibuat secara manual oleh kontraktor ketika melakukan proses pembangunan. Masing-masing cara pembuatan memiliki kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut:


1. Metode Pembuatan Besi T Beam Melalui Pabrik

Pabrikan baja dan logam besi akan memproduksi profil besi yang bentuknya menyerupai huruf T dengan teknik pemanasan balok baja. Selanjutnya balok baja yang dipanaskan akan ditekan menggunakan rol terus menerus hingga membentuk profil besi T Beam sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Metode untuk membuat profil besi T yang dilakukan di pabrikan ini disebut sebagai metode hot rolled shapes atau hot rolled steel. Kelebihan metode ini dalam memproduksi besi T Beam adalah menghasilkan besi yang dijamin berkualitas. Namun, kekurangan teknik ini adalah harga relative lebih mahal. 


2. Metode Produksi Besi T Beam Secara Manual

Mengingat ketersediaan profil besi T Beam di pabrikan cukup terbatas karena tidak selalu diproduksi, membuat pembuatan besi T Beam secara manual lebih sering dilakukan oleh kontraktor besar. Metode ini memanfaatkan material baja H Beam atau WF yang sudah tersedia di distributor baja. 

Cara membuat besi T Beam manual adalah dengan membelah material baja H Beam secara horizontal (memanjang). Kelebihan teknik ini adalah dapat dilakukan hanya dengan alat sederhana. Namun, cara ini harus dilakukan secara hati-hati agar baja tidak melengkung. 


Ukuran dan Harga Besi T Beam



No.

Ukuran (mm)

Harga Besi T Beam

1

50 x 100

Rp 10.000 / kg

2

62,5 x 125

Rp 10.000 / kg

3

75 x 150

Rp 10.000 / kg

4

75 x 75

Rp 10.000 / kg

5

100 x 100

Rp 12.000 / kg

6

99 x 99

Rp 11.500 / kg

7

125 x 125

Rp 13.500 / kg

8

124 x 124

Rp 13.500 / kg

9

150 x 150

Rp 15.000 / kg

10

175 x 175

Rp 17.000 / kg



Untuk selengkapnya terkait dimensi ukuran besi T Beam yang ada di pasaran bisa dilihat pada gambar tabel di bawah ini:





Masing-masing besi profil berjenis T-Beam memiliki ukuran berbeda-beda yang ditujukan untuk berbagai jenis kebutuhan. Harga besi T-Beam dipengaruhi oleh ukuran dari besi T-beam tersebut dan juga kualitas material yang dipakai. 

0 Response to "Keunggulan Besi T Beam, Harga, Ukuran dan Proses Pembuatannya"

Post a Comment