Solutif! Ini Desain Kandang Kambing dari Baja Ringan dan RAB-nya

Desain kandang kambing modern dari baja ringan banyak disukai oleh para peternak hari ini termasuk para peternak kalangan milenial. Kandang kambing dari baja ringan disukai karena sangat efisien untuk menunjang proses penggemukan ternak. 

Banyak desain yang bisa dipilih mulai dari kandang kambing baja ringan model panggung sampai tanpa panggung atau beralaskan tanah secara langsung. Namun, untuk lebih amannya sebaiknya gunakan desain kandang kambing model panggung. Desain kandang kambing model panggung dari baja ringan sangat baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan hewan ternak. Hal ini dikarenakan bagian atas kandang tidak terkontaminasi oleh kotoran dan urin kambing yang merupakan sumber penyakit bagi hewan ternak.




Keuntungan Menggunakan Baja Ringan Pada Bisnis Ternak Kambing


Penggunaan baja ringan untuk kandang kambing modern memang belum banyak diaplikasikan oleh para peternak terutama peternak tradisional di desa. Banyak dari peternak perorangan memilih menggunakan kayu, bambu, kawat sebagai bahan kandang. Padahal, baja ringan memiliki beberapa keuntungan berikut:

  • Penggunaan baja ringan untuk kandang kambing modern sangat hemat waktu karena pengerjaannya yang mudah dan cepat
  • Material baja ringan sangat kokoh dengan kekuatan tarik yang baik sehingga tidak mudah patah dengan kekuatan tarik di kisaran 550 MPa
  • Baja ringan bersifat anti rayap dan tahan karat sehingga lebih tahan lama saat digunakan untuk kandang kambing yang cenderung lembab. Selain itu, jika dibandingkan kandang kayu atau bambu, baja ringan lebih aman karena tidak merambatkan api
  • Meskipun secara sekilas biaya pembuatan ternak kambing dari baja ringan lebih mahal, namun jika dihitung untuk jangka panjang, sebenarnya kandang kambing dari baja ringan justru lebih ekonomis karena lebih kokoh dengan biaya perawatan yang minim
  • Penggunaan baja ringan lebih ramah lingkungan dibandingkan penggunaan material lainnya seperti kaju yang menyebabkan banyak hutan menjadi gundul. Selain itu, baja ringan bisa didaur ulang untuk digunakan kembali


Tips Desain Kandang Kambing Modern 




Selain menggunakan baja ringan yang lebih ramah lingkungan dan tahan lama, ada beberapa tips lain yang harus Anda terapkan saat membangun kandang kambing modern. Anda harus mempertimbangkan ukuran kandang, desain lantai kandang, tempat pakan dan sebagainya. Berikut penjelasan tipsnya:


1. Penggunaan Material Kokoh untuk Kandang Kambing Bentuk Panggung


Pemilihan bentuk kandang kambing berupa panggung memainkan peranan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kandang. Pemilik kambing pun dibuat lebih nyaman saat harus membersihkan kandang kambing dari kotoran dan urin kambing. 


Namun, karena memilih bentuk kandang kambing panggung, maka konsekuensinya adalah Anda harus menggunakan material kokoh dan juga awet. Material baja ringan bisa menjadi pilihan untuk bentuk kandang kambing panggung modern karena lebih kuat dan tahan lama. 


2. Desain Ukuran Kandang Cocok untuk Penggemukan Hewan


Desain ideal ukuran kandang kambing modern dari baja ringan harus menyesuaikan banyak hewan ternak yang akan berada di dalam kandang. Untuk memudahkan perhitungan, Anda bisa menggunakan perbandingan per 6 kambing yakni panjang 160 cm dengan lebar optimal 110 cm. 


Sementara untuk tinggi diukur dari lantai kandang ke atap di bagian depan 170 cm, tinggi lantai kandang ke atap bagian belakang 160 cm dan tinggi kandang panggung 75 cm. Atap memiliki kemiringan sekitar 25 cm agar air hujan bisa turun dengan lancar. 


3. Lantai Kandang Berbentuk Panggung


Saat memasang lantai kandang dengan model panggung, usahakan Anda tidak memasang papan lantai terlalu rapat karena menyulitkan kotoran kambing untuk jatuh secara langsung ke bawah kandang. Selain itu, pemasangan papan yang berjarak cukup jauh untuk mencegah kotoran tersangkut di dalam kandang.


Namun, memasang papan pada lantai kandang juga tidak boleh terlalu berjauhan karena dapat menyebabkan kaki kambing tersangkut di sela-sela papan lantai kandang. 


4. Pondasi Dasar di Bawah Lantai Kandang


Bagian lantai dasar pada kandang kambing sebaiknya dicor atau disemen agar pondasi kandang lebih tahan untuk menopang beban kandang. Selain itu, lantai yang sudah dicor tentu akan lebih mudah saat dibersihkan. 


Bentuk pondasi lantai dasar sebaiknya miring ke sisi belakang sebagai jalur air saat pembersihan. Sebaiknya kotoran termasuk urin kambing dibuat ke satu penampungan khusus sehingga bisa digunakan untuk menyuburkan tanah di sekitarnya.


5. Desain Tempat Pakan Kambing


Tempat pakan kambing sebaiknya dibuat dengan ketinggian menyesuaikan ukuran kambing. Ukuran kambing sendiri dipengaruhi oleh jenis kambing tersebut. Untuk kambing berukuran besar dan tinggi, maka buat tempat pakan lebih tinggi sehingga kambing lebih mudah saat makan. 


6. Desain Tempat Minum


Untuk tempat air minum menggunakan wadah khusus bisa berupa ember plastik dan sebagainya. Wadah air minum ditaruh di sisi tepi tempat pakan kambing. 


7. Desain Atap Kandang atau Kanopi


Desain atap kandang kambing modern dari baja ringan sebaiknya dibuat berukuran tinggi 170 cm dari lantai kandang. Anda juga bisa membuatnya lebih tinggi jika dirasa menyulitkan kambing bergerak atau saat proses pembersihan. 

Biaya Pembuatan atau RAB Kandang Kambing Modern




Desain kandang kambing modern dari baja ringan menawarkan keuntungan bagi peternak seperti kebersihan dan pengendalian penyakit ternak. Namun, kandang kambing modern bentuk panggung lebih mahal dibanding kandang non panggung. Berikut RAB beberapa kandang kambing modern baja ringan:


1. Kandang Kambing dengan Ukuran 5 m x 4,5 m


Jika jumlah hewan ternak yang Anda miliki cukup banyak, misal 25 sampai 30 ekor kambing, maka Anda bisa menerapkan bentuk kandang kambing berukuran 5 m x 4,5 m. Untuk membuat kandang kambing berukuran 5 m x 4,5 m dibutuhkan biaya kurang lebih sebesar 14 juta Rupiah. 


Karena bentuknya yang besar, maka pada kandang kambing dibuat lorong yang memudahkan pekerja memberi pakan kambing dan mengumpulkan kotoran kambing. 


2. Kandang Kambing dengan Ukuran 5 m x 1,5 m


Jika jumlah hewan ternak Anda masih terbatas, misalnya di bawah 10 atau 15 ekor kambing, maka Anda dapat menggunakan desain kandang kambing berukuran 5 m x 1,5 m. Untuk membuat satu kandang kambing dengan ukuran tersebut, maka dibutuhkan modal sebesar 7 juta Rupiah. 


Penggunaan kandang kambing modern dari baja ringan menawarkan ragam keuntungan baik dari segi ketahanan material, biaya perawatan lebih murah hingga ramah lingkungan. Menariknya, kandang kambing dari baja ringan juga bisa dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya dengan mudah. 

0 Response to "Solutif! Ini Desain Kandang Kambing dari Baja Ringan dan RAB-nya"

Post a Comment