Ukuran Meja Belajar Anak yang Ergonomis Lengkap dengan Harga

Salah satu cara merangsang anak untuk belajar adalah dengan memberikan meja belajar yang disukainya. Tentu saja meja tersebut tidak hanya mengutamakan nilai estetika dari desainnya saja. Namun ukuran meja belajar anak yang ergonomis menjadi faktor utama yang wajib diketahui.

Jika faktor ini diabaikan, bisa mengurangi fungsi dan efektifitas dari meja itu sendiri. Alhasil, fasilitas meja belajar yang diberikan pada anak hanya sebagai pemanis ruangan dan tidak digunakan dengan maksimal.

Via Nae Namu



Pentingnya Ukuran Meja Belajar yang Ergonomis untuk Anak


Meskipun pemilihan ukuran meja belajar anak yang tepat sangat penting, sayangnya masih banyak kalangan yang mengabaikan faktor ini demi mementingkan harga dan estetika saja. Adapun beberapa alasan yang mendasari pentingnya ukuran meja belajar yang ergonomis pada anak meliputi:

1. Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

Tidak semua anak memiliki konsentrasi belajar yang baik. Untuk merangsang konsentrasinya, bisa dengan memilih meja belajar yang ukurannya tepat. Jika meja terlalu tinggi atau terlalu rendah, tentunya anak akan merasa terganggu ketika duduk dalam waktu lama sehingga kehilangan konsentrasinya.

2. Anak Tidak Mudah Lelah Saat Belajar

Meja belajar yang ergonomis memiliki ketinggian yang ideal dengan tinggi kursi serta anak. Dengan begitu, posisi anak saat menggunakannya akan selalu tegak. Posisi ini tentunya lebih sehat dan tidak membuat anak mudah lelah dan mengantuk. 

3. Mencegah Gangguan Postur Tubuh Anak di Masa Mendatang

Alasan penting lainnya yang menjadi perhatian khusus adalah mencegah gangguan postur tubuh pada anak. Di masa pertumbuhan dan perkembangannya, posisi duduk harus benar sehingga tidak menyebabkan masalah kesehatan di masa mendatang. 

Apabila ukuran meja dan kursi belajar tidak ergonomis, anak berpotensi mudah cedera serta terkena masalah postur tubuh seperti scoliosis ataupun badan membungkuk.

4. Pergerakan Anak Lebih Efektif dan Aman Saat Belajar

Jika meja dapat diatur dan disesuaikan dengan tinggi anak ketika duduk, tentu saja pergerakan anak juga lebih efektif.  Semua benda yang dibutuhkan selama belajar dengan meja bisa dijangkau dengan mudah tanpa harus meraba-raba atau mengubah pada posisi yang tidak aman. 

5. Anak Lebih Nyaman dan Semangat Belajar

Alasan terakhir adalah demi meningkatkan kenyamanan dan semangat belajar anak saat menggunakan meja dengan ukuran yang tepat. Semakin anak merasa nyaman belajar pada meja yang ukurannya ideal, semakin tinggi pula semangatnya untuk belajar.  


Merek dan Ukuran Meja Belajar Anak


Kalau Anda sudah menyadari pentingnya pemilihan ukuran meja belajar yang ideal bagi anak, selanjutnya bisa mencari rekomendasi merek sekaligus dengan harga dan ukurannya. Berikut beberapa merek meja belajar yang sesuai dengan karakter anak sekaligus dengan ukurannya yang ergonomis. 

1. Meja Belajar Kido




Ukuran Meja Belajar Kido: P x L x T = 63 cm x 77, 5 cm x 70 cm.
Kisaran harga: Rp1.619.000, 00.

Akhir-akhir ini meja belajar merk Kido cukup populer karena desainnya yang simpel, unik, dan tentunya memiliki fitur lengkap. Meja ini sangat cocok untuk anak usia balita yang postur tubuhnya tidak begitu besar. 

Keunikan meja terletak pada desainnya yang dibuat menyatu dengan bangku sekaligus. Desainnya juga praktis dan minimalis dengan rak penyimpanan yang menyatu di bawah dudukan kursinya. Bisa digunakan pada ruangan yang identik sempit karena lebih multifungsi serta minimalis.


2. Bellin Desk





Ukuran Meja Belajar Bellin Desk: P x L x T = 57 cm x 26, 5 cm x 76 cm.
Kisaran harga: Rp1. 949.000,00.

Merk yang satu ini juga menampilkan desain unik dengan pilihan warna cerah yang disukai anak-anak. Meja anak ini tidak hanya memiliki ukuran yang ergonomis, tapi juga dijual dalam satu paket lengkap dengan harga terjangkau.

Bahkan dalam satu paket pembelian sudah terdapat lampu meja sekaligus dengan laci dan kursinya. Menariknya lagi, ukuran meja belajar anak yang tertera masih bisa disesuaikan dengan tinggi anak karena ada bagian pengatur ketinggian. Jadi meja bisa dipakai lama sejak anak PAUD hingga SMP.

Meja merk Bellin Desk ini terbuat dari bahan besi sehingga karakternya lebih kokoh dan tahan lama. Sangat mungkin digunakan dalam waktu yang lama sehingga bisa menghemat pengeluaran.

3. Meja Belajar Olympic





Ukuran Meja Belajar Anak Merek Olympic: P x L x T = 120 cm x 47 cm x 140 cm (tinggi diukur dari bagian rak, bukan tinggi meja).
Kisaran harga: Rp845.000,00.

Furniture merk Olympic memang sangat terkenal di masyarakat karena harganya yang terjangkau serta pilihan karakternya yang sangat beragam. Meja ini terbuat dari partikel board dan bisa dirakit sendiri saat pembelian. 

Meja belajar ini cocok untuk anak yang memiliki barang dan peralatan belajar cukup banyak karena kapasitas rak penyimpanannya sangat besar. Tapi meja Olympic tidak dijual sekaligus dengan kursinya sehingga harus bisa menyediakan kursi sendiri yang ukurannya juga ideal.



4. Meja Belajar IKEA PAHL




Ukuran Meja Belajar Anak Merek Ikea: P x L x T = 96 cm x 58 cm x 59-72 cm.
Kisaran harga: Rp1. 249.000,00.

Dari desainnya saja sudah terlihat bahwa meja ini sangat elegan dan mengutakamakan sisi kerapiannnya. Dengan desain yang tidak terlalu mencolok, meja dan kursinya bisa digunakan sejak usia TK hingga SMA sekalipun.

Terlebih mejanya juga sudah dilengkapi pengtur ketinggian, sehingga ketika anak semakin besar ketinggian meja bisa diatur mulai dari 59 cm, 66 cm, bahkan sampai 72 cm. Kapasitas penyimpanannya juga cukup banyak dengan rak tingkat tiga minimalis pada salah satu sisinya.


5. Meja Belajar Safron





Ukuran: P x L x T = 119 cm x 60 cm x 75 cm.
Kisaran harga: Rp1. 699.000,00.

Meja Safron ini sangat cocok diberikan pada anak yang suka dunia seni terkait kegiatan melukis. Ini disebabkan karena dukungan meja yang cukup lebar serta kapasitas rak penyimpan yang luas. Namun ukurannya cukup besar dan tinggi sehingga lebih cocok pada anak usia SD hingga kuliah. 

Desainnya dibuat polos dengan dominan warna putih. Sementara material pembentuknya adalah particle board dan MDF, serta finishing melamine.  



6. Nae Namu




Ukuran Meja Belajar Nae Namu: 100x60x75 cm dan Meja Kadja Chair

Meja belajar Benky Wooden Desk ini menjadi meja favorit yang cocok digunakan untuk siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang tua, laki-laki maupun perempuan. Anda dapat melakukan pemesanan dengan langsung mengunjungi Instagram dari Nae Namu dengan account IG @nae.namu.

Anda juga dapat meminta produk custom yang disesuaikan dengan keinginan.


7. Meja Belajar IUIGA Indonesia





Book Stand with Pen Holder and Drawer ini merupakan meja belajar atau kerja yang dilengkapi dengan aksesoris lain. Peralatan ini hasil produksi dari @iuga.id yang mengusung konsep all in one semua jadi tersusun dan tersimpan dengan rapi.

Meja ini dilengkapi dengan aksesoris One Touch Effortless Stapler dan juga Erika Tape Dispenser. Didukung dengan warna serba putih, meja ini terlihat estetik san stylish ketika digunakan sebagai tempat belajar atau pun bekerja. 



Beberapa rekomendasi merk lengkap dengan ukuran meja belajar anak di atas bisa dijadikan pilihan ketika akan membelikan anak meja belajar yang nyaman. Namun sebelum membeli, pastikan Anda sudah memberikan kesempatan anak untuk memilih sendiri warna dan modelnya agar lebih semangat menggunakannya. 

0 Response to "Ukuran Meja Belajar Anak yang Ergonomis Lengkap dengan Harga"

Post a Comment