Berapa Ukuran Meja Makan yang Ergonomis? Berikut Ulasannya

Perabot seperti meja makan yang akan ditempatkan di dalam ruangan yang minimalis akan sangat mempengaruhi tampilan dari ruang makan itu sendiri. Ukuran meja makan haruslah dibuat ideal dengan disesuaikan dengan ukuran ruangan, karena jika tidak meja dan kursi tersebut akan mengganggu sirkulasi dan membuat ruangan terlihat berantakan dan sempit.

Berkaitan dengan ukuran meja makan yang ideal, maka berbicara tentang ergonomis. Kursi dan meja makan dengan tingkat ergonomisnya yang masih kurang, ditandai dengan adanya ketidaknyamanan pengguna saat duduk dan mengambil menu makanan yang ada di meja makan.

Ergonomis penataan meja makan yang buruk akan menyebabkan rasa lelah (fatique) yang berlebihan pada bagian pinggul dan punggung, karena desain dudukan dan sandaran kursi yang tidak sesuai sehingga pengguna tidak akan nyaman saat makan.

Atas masalah tersebut maka munculah ide untuk membuat meja dan kursi makan yang lebih ergonomis, sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya.



Aturan Ukuran Meja Makan yang Ergonomis


Pada era modern ini rumah minimalis menjadi hunian yang digemari karena selain dapat menghemat lahan untuk pembuatan hunian, pengguna juga tidak banyak direpotkan untuk mengelola perabotan rumah.

Salah satu perabotan rumah yang perlu diperhatikan oleh penghuni adalah meja makan, lalu berapa ukuran meja makan yang ideal?

Kursi dan meja makan merupakan satu set perabotan yang biasanya tidak dijual secara terpisah. Karena dua perabot mebel ini selalu bergandengan saat digunakan, kursi biasanya dimasukan ke bawah meja makan sehingga ruangan akan tampak lebih leluasa. 

Berikut ini adalah standar ukuran kursi dan meja makan yang ideal.


Ukuran Standar Kursi Makan

Antara dudukan kursi dan lantai umumnya kursi makan memiliki tinggi 44 cm-50 cm, hampir sama dengan kursi kerja. Sementara itu panjang kursi berkisar antara 44 cm - 60 cm dengan lebarnya berkisar antara 44 cm - 55 cm. Ukuran lebarnya ini tidaklah terlalu besar agar pengguna tidak bergeser ke kanan atau kekiri sehingga mengganggu orang yang ada disebelahnya dan bisa lebih foluse ke meja dan menyantap menu makanan.

Tinggi kursi makan rata-rata memiliki ukuran yang lebih tinggi daripada sofa atau kursi tamu dikarenakan orang harus dapat duduk dengan sempurna saat menyantap makanan. Sedangkan sandaran kursinya sendiri dibuat terlalu tinggi, yaitu sekitar 3/4 punggung yang bisa menyandar pada kursi. Tinggi sandaran rata-rata untuk kursi makan adalah 44 cm - 60 cm.






Kursi makan umumnya tidak menggunakan sandaran tangan/lengan kursi (arm chair). Pengguna akan mendorong ke bawah meja setelah acara makan-makan selesai.


Ukuran Standar Meja Makan

Adapun tinggi meja makan biasanya berkisar antara 73 cm-80 cm dari lantai, ini juga disesuaikan dengan tinggi kursi makan. Untuk penggunaan meja makan dengan fungsi tertentu seperti agar terlihat santai, tingginya juga bisa dipakai dengan ukuran 70 cm agar lebih ramah untuk anak-anak.

Pada umumnya meja makan memiliki kolong meja yang terbuka untuk dimanfaatkan sebagai ruang untuk memasukan dudukan kursi saat tidak digunakan. Kolong meja makan ini memiliki ukuran tinggi  kurang dari 70 cm atau ukuran tinggi meja dikurangi tebal permukaan meja (10 cm).




Sementara untuk panjang dan lebar meja makan serta kapasitas jumlah pengguna meja makan bisa dibuat sesuai variasi desain bentuk meja. Berikut ini adalah jenis-jenis bentuk meja makan, yaitu:

  • Bulat atau lingkaran,

    Kelebihan meja makan dengan papan atasnya yang berbentuk bulat ini akan membuat acara makan malam lebih intim. Setiap orang yang duduk akan bisa saling bertatapan muka dan saling ngobrol. Sementara itu kekurangannya adalah masalah ruang, meja bulat membutuhkan ruang lebih banyak dan sedikit kesulitan ketika pemilik akan menyimpannya di gudang.


  • Persegi panjang 

    Kelebihan dari meja makan yang berbentuk persegi panjang ini adalah bisa digunakan untuk jumlah orang yang berlebih karena ukuran umumnya lebih besar dibandingkan dengan bentuk meja makan yang lain. Selain itu, meja makan ini bisa dimanfaatkan sebagai meja buffet atau diletakkan di dekat dinding apabila tidak digunakan.



  • Ellips/oval 

    Kelebihan dari meja makan yang berbentuk oval ini secara estetik sangat baik dan bersifat informal karena sudut-sudutnya yang lengkung dan indah. Namun, meja makan ini tidak cocok dan kurang dapat dimanfaatkan apabila ditempatkan di sudut ruangan.


  • Bujur sangkar atau kotak

    Kelebihan meja makan dengan bentuk kotak ini adalah cocok untuk acara 2-4 orang dan mudah sekali untuk penempatannya di ruangan manapun. Penyimpanannya pun efisien, tidak membutuhkan tempat khusus. Sementara itu kekurangannya bentuk meja seperti ini kurang cocok apabila digunakan untuk di rumah, melainkan sangat cocok untuk dipakai di cafe.


Meja makan dengan fungsi ergonomis harus memiliki ukuran panjang dan lebar minimal 60 cm. Jadi, apabila kapasitas meja makan dibuat untuk 2 orang, maka ukurannya adalah 60 cm x 60 cm. Apabila diperlukan kapasitas yang lebih besar, maka perlu diberikan jarak 10-15 cm. Contohnya meja makan persegi panjang dengan kapasitas empat (4) orang duduk bersebelahan artinya bisa digunakan oleh delapan (8) orang yang saling berhadapan, maka panjang minimal adalah (60 cm x 4) + 10 cm = 250 cm.


Untuk membuat ukuran meja makan kita perlu mengetahui berapa keseharian jumlah pengguna  yang akan menempati kursi makantersebut. Sementara itu fungsi apa yang ingin ditampilkan oleh si empunya akan menentukan bentuk papan penampang meja tersebut.

Berikut ini tabel ukuran meja makan 4 kursi, 6 kursi hingga 10 kursi secara umum :





Sebagai informasi tambahan, kami paparkan berikut ini adalah aturan dalam menempatkan atau menata jarak antara kursi dan meja makan;
  • Saat menggunakan tempat makan, berikan space atau jarak 25 cm-30 cm antara kursi dan meja untuk sirkulasi saat kamu bangun atau duduk dari meja makan.
  • Berikan jarak 15 cm-20 cm di antara kursi yang bersebelahan, agar saat kamu makan tidak bersinggungan tangan dengan orang di sebelahnya.
  • Setiap pengguna meja makan hendaknya mendapatkan lebar space di area meja sebesar 60 cm -75 cm.
  • Berikan jarak setidaknya 80 cm-90 cm antara meja makan dan dinding atau perabot lainnya untuk ruang perpindahan orang atau juga untuk sirkulasi.
Pengetahuan mengenai standar ukuran meja dan kursi makan sangat penting untuk dipahami agar penghuni rumah tidak salah memilih atau membeli satu set meja makan. Untuk kenyamanan dan kehangatan keluarga banyak sekali terjadi di tempat makan, oleh karenanya pilihlah kursi dan meja makan yang ergonomis. Semoga sharing ini bermanfaat dan menambah wawasan untukmu ketika ingin menata ruang makan.

0 Response to "Berapa Ukuran Meja Makan yang Ergonomis? Berikut Ulasannya"

Post a Comment