12 Sketsa Rumah Minimalis Modern dan Nyaman untuk Dihuni

Belakangan ini, model rumah minimalis banyak disukai. Beberapa sketsa rumah minimalis dianggap sebagai ide berdasarkan desain interior ala Skandinavia dan Jepang, yang dikatakan banyak memberi andil dan pengaruh.

Pada dasarnya, konsep minimalis modern berfokus pada fungsi dan seberapa efisien desainnya, namun tetap mampu memenuhi kebutuhan penghuni. Tidak hanya desain interior, tetapi juga pengaturan cahaya, warna, pemilihan perabot, sampai tanaman-tanaman hias.

Rumah minimalis yang mengutamakan fungsional tanpa mengesampingkan nilai estetika kini memiliki rancangan denah sketsa yang beraneka ragam. Hal ini sesuai dengan perkembangan dunia arsitektur yang semakin adaptif dalam menyesuaikan keinginan para calon penghuni rumah baru di kalangan keluarga baru.

Nah, untuk itu berikut ini akan diulas sejumlah desain sketsa rumah minimalis yang kini sangat beragam yang mungkin saja dapat menginspirasi Anda dalam menciptakan rumah impian.

Desain Sketsa Rumah Tanpa Ruang Tamu

Ciri-Ciri Rumah Minimalis


Sebelum beranjak ke ide desain sketsa rumah minimalis, sebaiknya Anda ketahui dulu karakteristik dari rumah minimalis, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Luas bangunan rumah minimalis hampir atau sama dengan luas tanahnya.
  2. Tidak memiliki ruang terbuka yang cukup luas.
  3. Langit-langit atau plafon rumah minimalis dibuat polos tanpa dekorasi atau ornamen lekukan yang rumit.
  4. Menggunakan pemilihan warna harmonis pada bagian interiornya sehingga memiliki daya tarik dan kesan yang kekinian dan modern.
  5. Memiliki sambungan struktur bidang yang sempurna, sehingga membutuhkan pekerjaan dinding dan atap dengan penanganan yang rapi. 
  6. Penggunaan dan pemanfaatan cahaya dimainkan secara maksimal untuk menghasilkan efek kedalaman ruang.
  7. Memiliki atap datar atau nyaris datar, khususnya pada bangunan rumah di iklim tropis.
  8. Memiliki desain ruang terbuka dan jendela yang lebar untuk memberikan kesan lebih leluasa meskipun di ruang yang tidak terlalu lebar.
  9. Open space atau tanpa partisi sehingga menghilangkan material dinding. Sebagai contohnya, antara dapur dan ruang makan dalam satu ruang.


Desain Sketsa Rumah Minimalis 1 Lantai

 

Rumah satu lantai dapat didesain ala minimalis modern. Dengan bangunan satu lantai, maka membuatnya pun mudah. Luas yang cukup besar memungkinkan untuk rumah memiliki satu bahkan dua kamar, tergantung selera.


Sketsa rumah minimalis tersebut menampakkan bahwa ruang tamu ada di dekat pintu masuk, tetapi juga bisa menjadi ruang makan dan dapur sekaligus. Bagian belakang akan menjadi kamar mandi dan kamar tidur, dapat pula dijadikan patio sebagai tempat bersantai atau bermain.

 

Jika luas rumah cuma dapat menampung satu kamar, Anda dapat mengganti tempat bersantai menjadi kamar mandi rumah, atau taman belakang menjadi kamar mandi, atau memindahkan posisi dapur di sana. Cukup sederhana.

Atau jika Anda ingin membuat rumah minimalis modern dapat menerapkan sektsa seperti pada gambar di bawah.


Dalam gambar nampak dapur berada di dekat pintu masuk dengan bagian samping ruang makan. Dengan posisi dapur di bagian depan seperti ini, pasti kebersihannya akan terus dijaga. Kemudian, ruang berikutnya adalah ruang tamu dan disampingnya terdapat satu kamar tidur yang dilengkapi dengan kamar mandi. 

Di belakang kamar tidur terdapat patio yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai setelah bangun tidur ataupun ketika di sore hari. 

 

1. Desain Sekta Rumah Minimalis Tiga Kamar

 

Sesudah berbicara tentang satu dan dua kamar, ternyata rumah berlantai satu juga bisa memuat tiga kamar. Anda dapat membagi ruangan di titik berbeda, di mana setiap kamar tidak wajib bersebelahan atau berdampingan.

 

Kamar tidur mungkin akan lebih sempit, namun Anda bisa meletakkan berbagai furniture dan menyusun ruangan dengan tepat agar rumah tetap nyaman dihuni. Denah rumah minimalis satu lantai untuk desain ini dapat dilihat sebagai berikut.

 


 

2. Desain Sketsa Rumah Minimalis Dua Kamar

 

Kembali lagi berbicara soal desain dua kamar untuk rumah satu lantai, rumah Anda tetap akan menjadi tempat yang nyaman dan selalu dirindukan untuk didatangi. Rumah dengan dua kamar berarti menggunakan ruang paling luas untuk dibagi.

Ukuran kedua kamar boleh sama, dapat pula berbeda dari segi panjang atau lebar. Intinya, jadikanlah kamar tersebut muat untuk meletakkan ranjang, lemari, dan peralatan lainnya. Sketsa rumah untuk desain ini dapat dilihat sebagai berikut.

 


 

Desain rumah minimalis sederhana dengan satu lantai dua kamar berikutnya ialah sketsa yang minimalis juga. Anda dapat menjadikan sketsa itu sebagai referensi dengan pembagian ruangan yang terdiri dari dapur, ruang tamu, perpusatakaan, 2 kamar tidur, ruang makan, kamar mandi, serta carport untuk satu mobil.

 


 

3. Desain Sketa Rumah Minimalis Satu Kamar

 

Desain ini mungkin cocok bagi Anda yang ingin tinggal sendiri. Di samping itu, mungkin Anda juga berpikir bahwa spasi lain dalam rumah akan lebih baik dijadikan sebagai ruangan serba guna. Sketsa rumah minimalis untuk rancangan ini dapat dilihat sebagai berikut.

 


 

Dari sketsa itu, dapat dikatakan bahwa rumah satu lantai dan satu kamar akan memberi kesan luas tetapi juga nyaman. Disebut begitu karena Anda akan memiliki ruang tamu besar, ruang laundry, toilet, dapur terbuka, dan ruang kerja serta ruang bersantai.

 

Denah Sketsa Rumah Minimalis Dua Lantai

 

Memiliki rumah dua lantai mungkin menyenangkan. Ruang gerak dan spasi untuk meletakkan barang-barang menjadi perhatian penting. Tetapi, jika ingin konsep minimalis, bagilah dua tingkat dengan tepat. Lantai dasar menjadi dapur, ruang tamu, serta kamar mandi.

 


 

Kemudian, di tingkat dua akan dipakai sebagai kamar tidur dan kamar mandi. Anda dapat membagi rumah dengan tiga ruangan untuk kamar dengan satu toilet, atau dua kamar untuk dua kamar mandi, sesuai dengan keinginan ideal Anda.

 

Desain Minimalis Tiga Lantai Dua Kamar

 

Desain satu ini dirasa tepat bagi Anda yang adalah pasangan baru. Rumah dapat dijadikan sebagai tempat tinggal sekaligus tempat bekerja. Karena pada zaman ini, rumah juga dapat menjadi lokasi pribadi orang-orang untuk menemukan inspirasi ketika bekerja.

 


 

Rancangan satu ini dapat dibagi menjadi ruang kerja, ruang meeting, bahkan ruang untuk memulai usaha start-up. Pasangan baru dapat memulai usaha kecil dengan sketsa rumah minimalis satu ini.

 

Berdasarkan denah, semua lantai digunakan menjadi ruang yang berfungsi dengan baik. Tingkat pertama ialah ruang tamu dan kantor kecil (ruang meeting). Lalu sisa ruangan di lantai pertama serta area lantai dua ialah area pribadi Anda; dapat menjadi dapur atau ruang bersantai.

 

Sketsa Rumah Minimalis dengan Kolam Renang

 

Adanya kolam renang di rumah dapat menjadi sumber kesenangan tersendiri bagi penghuni rumah, khususnya anak-anak. Selain itu, kolam renang serta taman kecil di bagian belakang rumah bisa menjadi lokasi bersantai untuk Anda.

 

Via IG @arc_hitectideas


Bagian belakang rumah dapat dimaksimalkan; buatlah kolam renang dan taman kecil yang terkoneksi langsung dengan ruang santai. Untuk kamar tidur, Anda dapat meletakkannya bersebelahan antara satu dengan yang lainnya. Kedua kamar tidur tersebut berdekatan dengan kamar mandi. Dan salah satunya dilengkapi dengan walk in closet.
 

Desain Minimalis dengan Ruang Jemur

 

Sketsa rumah minimalis ini berukuran 6 m x 12 m. Ukuran ini termasuk minimalis; tidak terlalu kecil tetapi tidak terlalu besar. Desain ini memiliki tiga kamar tidur yang terdiri dari kamar utama, kamar anak, serta kamar asisten rumah tangga.

 


 

Hal yang menyenangkan tentang membangun rumah ialah adanya ruang-ruang yang lengkap, termasuk ruang khusus seperti mencuci dan menjemur pakaian. Adanya ruang ini dapat memudahkan Anda menjemur tetapi juga terhindar dari ujian.

 

Desain Sketsa Rumah Minimalis Open Plan (Sedikit Partisi Dinding)

 

Bila rumah Anda ukurannya tidak terlalu luas, Anda dapat menjadikan sketsa rumah minimalis dengan konsep open plan ini sebagai referensi. Konsep rumah ini mirip apartemen tipe studio. Walaupun tidak terlalu luas, sekat yang minim menjadikan rumah terkesan lapang dan luas.

 


 

Agar privasi Anda tetap terjaga di area tidur, Anda dapat menambahkan sekat berukuran tiga perempat dinding. Sekat ini dapat juga dipakai untuk menempelkan rak televisi. Jadikan sketsa open plan ini tidak terlihat sumpek agar Anda memiliki ruang gerak yang leluasa.

 

Sketsa Rumah Minimalis dengan Banyak Jendela yang Ramah Lingkungan

 

Adanya jalur masuk udara dan cahaya menjadikan rumah Anda lebih sehat. Hal ini dapat diterapkan dengan sketsa minimalis yang memiliki banyak bukaan (jendela) untuk mengirimkan cahaya alami ke berbagai sudut dalam rumah. Sketsa rumah minimalis modern dari desain ini adalah sebagai berikut.

 


 

Desain ini memiliki satu kamar tidur, dapur, ruang makan, ruang tamu, dan patio di samping rumah. Anda dapat menjadikan sketsa ini sebagai referensi agar ruangan tetap terlihat apik dan tidak sesak.

 

Sketsa rumah minimalis modern memang menjadi desain andalan untuk Anda yang hendak tinggal di rumah pribadi. Bila desain Anda cocok dan budget Anda memenuhi, maka sketsa-sketsa tersebut dapat digunakan saat membangun rumah nanti.

0 Response to "12 Sketsa Rumah Minimalis Modern dan Nyaman untuk Dihuni"

Post a Comment