Ini 5 Daerah Penghasil Tembaga dan Kegunaannya dalam Kehidupan!

Kekayaan sumber daya alam Indonesia sangatlah melimpah, termasuk hasil tambang berupa tembaga yang berasal dari banyak wilayah di Indonesia. Tambang memiliki warna kemerahan dengan struktur kristal kubik. Lalu dari mana saja daerah penghasil tembaga terbesar di Indonesia?

Keberaan tembaga sangatlah penting karena komoditi ini menentukan perkembangan peradaban manusia. Karena kegunaannya tersebut hasil olahan produk tambang bisa bernilai ekonomis tinggi lho.


Biji Tembaga

5 Daerah Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil tembaga terbesar kedua di dunia. Sebagai negara penghasil komoditas tembaga terbesar, berikut ini beberapa daerah penghasil tembaga dengan kualitas terbaik yang siap memenuhi kebutuhan tembaga di seluruh dunia.

Panci dari Bahan Tembaga

Menurut data dari Badan Geologi Kementerian ESDM menyebutkan bahwa Indonesia memiliki cadangan tembaga sebesar 4.161 juta ton bijih, yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Papua

PT Freeport di Papua tidak hanya menghasilkan emas saja. Akan tetapi, Freeport juga melakukan penambangan tembaga dengan kualiatas terbaik di tambang Grasberg.

Teknik penambangan tembaga yang dilakukan oleh Freeport menggunakan teknik open-pit atau tambang terbuka dan tambang bawah tanah. 

Bijih hasil barang tambang tersebut kemudian diangkut ke pabrik pengolahan. Di dalam pabrik tersebut, hasil galian tambang akan dihancurkan menjadi pasir yang sangat halus. Kemudian akan diikuti dengan proses pengapungan dengan menggunakan reagent, yang berasal dari bahan berbasis alkohol dan kapur. Reagent ini berfungsi untuk memisahkan konsentrat yang terkandung mineral emas. tembaga, dan perak. Sementara itu, sisa dari pasir yang tidak memiliki nilai ekonomi (tailing) akan dialirkan menuju sungai dan akan mengendap di wilayah dataran rendah.

Pada sekitar tahun 2006, PT Freeport pernah melaporkan berhasil melakukan penambangan tembaga mencapai 610.800 ton. 


2. Cikotok

Daerah penghasil tembaga selanjutnya adalah di Cikotok, Serang Banten. 

Tambang Cikotok merupakan tambang hasil peninggalan zaman kolonial Belanda. Pada tahun 1939 Cikotok secara resmi dibuka untuk penambangan.

Pada saat penjajahan Kolonial Belanda, daerah Cikotok juga dibangun pabrik pengolahan tembaga. Setelah Indonesia jatuh ke tangan Jepang, pabrik pengolahan tambang ini pun juga ikut diambil alih. 

Kemudian, ketika Indonesia merdeka, tambang Cikotok resmi menjadi milik Indonesia. Hingga kini tambang di daerah Cikotok dilakukan dengan menggunakan metode penggalian lubang atau gua (underground mining).

3. Wonogiri

Di posisi ketiga daerah penghasil tembaga terbaik ada Wonogiri, Jawa Tengah. 

Penambang menggunakan alat pahat dan beberapa peralatan lainnya yang digunakan untuk membuat terowongan. Meski penambangan dilakukan secara manual, hasil tembaga dapat mencapai 1,8 ton setiap bulannya. 

4. Sangkaropi

Sangkaropi merupakan salah satu nama daerah di Provinsi Sulawesi Selatan. Daerah ini tersusun atas batuan vulkanik. Jadi tidak heran jika daerah ini merupakan daerah penghasil tembaga yang melimpah dan berkualitas terbaik di Indonesia. 

Sebenarnya Sangkaropi tidak hanya menghasilkan tembaga saja, akan tetapi juga ada barang tambang lainnya. Hanya saja, tembaga merupakan logam banyak dihasilkan di daerah Sangkaropi.

5. Silungkang

Silungkang merupakan salah satu daerah di Sawahlunto Provinsi Sumatra Barat yang menghasilkan tembaga. 

Silungkang ini diperkirakan memiliki cadangan tembaga yang melimpah yang tersebar di beberapa daerahnya, yaitu antara lain Silungkang, Lunto, dan Sumbar. 

Manfaat Tembaga Dalam Kehidupan Manusia

Tembaga memiliki beragam manfaat bagi kehidupan manusia modern seperti saat ini. Tembaga banyak dimanfaatkan untuk menghasilkan beberapa peralatan dapur, penghantar listrik, dan karya seni seperti patung dan kubah. Tentu saja, jika sudah diolah tembaga memiliki nilai jual yang tinggi. Berikut selengkapnya mengenai kegunaan tembaga di dalam kehidupan manusia.

Pipa dari Bahan Tembaga


1. Digunakan dalam Berbagai Industri


Tembaga ketika dicampur dengan bahan lain seperti Zinc, timah, aluminium dan nikel, dapat menghasilkan berbagai produk seperti perhiasan dan peralatan rumah tangga. 

2. Sebagai Bahan Penghantar Panas

Tembaga digunakan pada bagian dalam kabel, karena dapat dijadikan sebagai penghantar listrik (konduktor) yg baik.

Kegunaan tembaga sebagai konduktor yang baik ini akhirnya digunakan juga dalam beberapa industri seperti industri telekomunikasi dan elektronika, industri motor listrik, generator, konstruksi dan transportasi, kendaraan bermotor, tabung coaxial, rectifier, transistor, tabung microwave, stop kontak, dan peralatan listrik lainnya.

2. Digunakan sebagai Bahan Pembuat Logam

Tembaga dapat juga diolah menjadi uang logam.  Meskipun, saat ini sudah semakin langka penggunaannya karena cukup rumit dan sudah tergantikan dengan uang elektronik, uang logam tetap diproduksi dengan menggunakan bahan tembaga ini.

0 Response to "Ini 5 Daerah Penghasil Tembaga dan Kegunaannya dalam Kehidupan!"

Post a Comment