Pengertian Stop Kontak dan 5 Rekomendasi Merek Terbaik

Electric socket, dalam Bahasa Indonesia disebut stop kontak, adalah salah satu peralatan elektronik yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Namun, sudahkah Anda memahami pengertian dan fungsi alat kelistrikan yang satu ini? Melalui ulasan di bawah ini, simak pula beberapa merk stop kontak yang paling direkomendasikan. 

Anda membutuhkan stop kontak ketika hendak menyalakan perangkat elektronik, seperti kipas angin, penanak nasi, oven, mesin cuci, dan lain sebagainya. Tak heran jika benda yang satu ini memiliki peranan penting bagi kehidupan kita sehari-hari.

Tukang Listrik Sedang Memasang Stop Kontak


Pengertian Stop Kontak

Stop kontak adalah sebuah alat pemutus arus pada instalasi listrik ketika terjadi kontak antara arus negatif, positif, dan grounding. Stop kontak menjadi material instalasi listrik yang menghubungkan antara peralatan listrik dan arus. 

Fungsi Stop Kontak 

Sebagian orang menganggap bahwa fungsi stop kontak adalah untuk memberikan daya listrik. Padahal, fungsi utama stop kontak jelasnya bukan seperti itu. Fungsi stop kontak adalah sebagai alat pemutus ketika terjadi kontak antara arus yang berbeda-beda. 

Misalnya arus positif, negatif, dan grounding dalam proses instalasi listrik. Tidak hanya itu, stop kontak juga akan memutuskan arus ketika terjadi kontak bagian tubuh manusia dengan listrik. Jadi, sebenarnya stop kontak memberikan rasa aman untuk pengguna listrik. 

Hal tersebut menjadi salah satu alasan alat kelistrikan ini sering terbuat dari plastik. Stop kontak juga berfungsi sebagai penghubung perangkat elektronik dengan arus listrik. Dengan energi listrik, peralatan tersebut bisa beroperasi dengan baik.

Sebagian orang juga mengenal stop kontak dengan istilah colokan listrik. Pada dasaranya, penyebutan colokan listrik tidaklah salah. Istilah tersebut memang bisa muncul karena dalam penggunaannya, Anda harus menancapkan steker ke lubang stop kontak. 

Dengan demikian, arus listrik bisa mengalir dengan baik dan peralatan elektronik yang dihubungkan bisa menyala. 

5 Rekomendasi Merek Stop Kontak

Untuk memudahkan Anda menemukan merek stop kontak yang terbaik, berikut kami berikan 5 rekomendasinya, yaitu:

1. Stop Kontak Kingstar

Merek rekomendasi pertama stop kontak adalah Kingstar. Stop kontak ini memiliki fitur unik, yaitu berupa timer yang bisa mengontrol peralatan elektronik. Misalnya smartphone, mesin cuci, penanak nasi, dan lain sebagainya. Stop kontak ini bisa mengatur otomatis waktu untuk menyalakan dan mematikan peralatan listrik. 

Contoh penggunaannya adalah ketika Anda meninggalkan rumah untuk suatu keperluan, alat ini bisa menyalakan lampu secara otomatis. Misalnya ketika memasuki waktu pukul 6 sore dan mematikannya di pukul 6 pagi. 

Kisaran Harga: Rp50.000-Rp200.000

2. Xiaomi Mi Smart Power



Merek rekomendasi stop kontak selanjutnya adalah Xiaomi Mi Smart Power dengan dilengkapi teknologi yang akan memudahkan penggunanya. Terdapat port USB dan socket untuk aktivitas charging yang lebih user-friendly. Dengan demikian, pengguna tidak perlu ribet jika ingin mengisi ulang baterai smartphone. 

Desain stop kontak ini juga kecil dan simple sehingga tidak memakan banyak tempat. Anda juga bisa mengontrol melalui smartphone setiap peralatan elektronik yang terhubung dengan alat ini. Soal material yang digunakan, Xiaomi tampaknya tidak main-main. 

Stop kontak futuristik ini menggunakan material yang bisa tahan panas sampai 750 derajat. Ketika suhu stop kontak terlalu tinggi, maka ia akan memutuskan arus listrik secara otomatis.

Kisaran Harga: Rp420.000-Rp480.000

3. Stop Kontak Uticon





Stop kontak yang satu ini memiliki kelebihan berupa 5 saklar dan 5 lubang. Saklar di dalamnya memiliki fungsi utama sebagai tombol On/Off. Jadi, pengguna tidak perlu mencabut dan memasang kabel berkali-kali. Untuk mematikannya tinggal tekan saklarnya sesuai kebutuhan. 

Material yang digunakan stop kontak ini berupa polikarbonat yang tahan terhadap suhu panas. Selain itu, kabelnya memiliki panjang 1.5 meter untuk penggunaan yang fleksibel. 

Kisaran Harga: Rp100.000-Rp200.000

4. Allocacoc PowerCube


Stop kontak ini berbentuk kubus dan akan memberikan kesan rapi di rumah Anda. Hal ini karena tidak adanya kabel yang panjang terlilit. Stop kontak PowerCube juga dilengkapi 2 USB port sehingga memudahkan penggunanya melakukan charging smartphone dan peralatan elektronik lainnya. 

Selain itu, penggunaan alat ini juga bisa ditumpuk sehingga bukan masalah jika Anda membutuhkan lebih banyak lubang stop kontak. Pilihan warna stop kontak ini cukup beragam dan terlihat cantik-cantik lho, yaitu diantaranya adalah merah, biru, dan hijau. 

Kisaran Harga: Rp95.000-Rp300.000

5. Stop Kontak Panasonic




Sebagai salah satu merek peralatan elektronik populer, Panasonic juga memiliki produk stop kontak berkualitas. Stop kontak tipe pop-up floor outlet duplex ini bisa menjadi pilihan. Alat ini digunakan dengan cara ditanam di lantai terlebih dahulu. 

Nantinya, stop kontak ini akan muncul ketika dibuka tutupnya. Cara kerjanya cenderung lebih aman untuk anak-anak. Selain itu, alat ini juga bisa menambah nilai estetika di dalam ruangan. 

Kisaran Harga: Rp15.000-Rp600.000

Tips Memilih Stop Kontak

Ketika akan melakukan pembelian, perhatikan tiga hal berikut ini agar stop kontak pilihan Anda awet dan aman digunakan, yaitu:

1. Berstandar SNI dan Mudah Dipasang

Tips pertama dalam memilih stop kontak adalah pastikan produk tersebut sudah berstandar SNI. Selain itu, sebaiknya pilih stop kontak yang mudah ketika dilakukan pemasangan, artinya tidak perlu keahlian khusus dan peralatan khusus untuk pemasangannya. Kemudahan dalam pemasangan ini biasanya bisa dilihat dari sistem desainnya yang memang tidak ribet.

Biasanya desain yang simple bisa dipasang di tembok rumah. Selain itu, terdapat cekungan untuk menopang body saklar dan stop kontak itu sendiri. Sebenarnya, ada dua metode pemasangan yang akan memudahkan stop kontak dan saklar untuk digunakan, yaitu metode pencakar dan baut.

2. Desain Sesuai untuk Setiap Desain Rumah

Agar matching dengan desain rumah Anda, maka pilihlah stop kontak yang sesuai. Sebenarnya, desain alat ini tidak selalu harus mencolok. Sebaiknya pilih tipe stop kontak yang minimalis. Dengan demikian, alat ini bisa sesuai dengan berbagai desain rumah. 

Oleh karena itu, lihat dengan jeli untuk produk stop kontak yang ingin dibeli. Pastikan desainnya serasi untuk rumah Anda.

3. Harga Terjangkau Namun Berkualitas Baik

Tidak perlu khawatir, Anda bisa mendapatkan stop kontak berkualitas dengan harga terjangkau. Namun, tetap harus diperhatikan untuk setiap merek yang dipilih. Mengingat stop kontak dan saklar mengambil peran yang sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari baik di rumah maupun di kantor.

Lalu, bagaimana cara mengetahui stop kontak berkualitas baik? Hal ini bisa diketahui dari frame modul yang terbuat dari material logam. Biasanya, stop kontak tersebut memiliki kekutan yang baik dan tahan lama. 

Selain itu, Anda juga bisa memilih stop kontak yang terbuat dari polycarbonate. Hal ini karena material tersebut dikenal lebih aman dan tahan panas. 

Stop kontak adalah peralatan yang penting keberadaannya untuk sebagian besar ruangan. Oleh karena itu, pilihlah stop kontak berkualitas dengan tidak melewatkan sisi keamanannya. 

0 Response to "Pengertian Stop Kontak dan 5 Rekomendasi Merek Terbaik"

Post a Comment