7 Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia

Gas alam atau juga biasa disebut gas bumi merupakan tergolong sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Oleh karenanya, pengelolaan gas alam ini dikuasai oleh Negara. Pemerintah secara teruss menerus akan melakukan pemetaaan daerah mana saja yang merupakan penghasil gas alam di wilayah Indonesia. 

Sebagai komoditas vital yang menguasai hajat hidup orang banyak, gas alam memiliki peranan yang penting bagi perekonomian nasional. Untuk saat ini saja total keseluruhan cadangan gas alam yang ada di Indonesia tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil gas alam di urutan ke-11.

Dengan potensi cadangan gas alam yang sangat besar tersebut, teknologi yang digunakan untuk pengelolaan gas alam haruslah mumpuni. Apalagi kebanyakan pusat produksi gas alam yang ada di Indonesia terletak di lepas pantai. Dimana sajakah itu? Yuk cari tahu selengkapnya mengenai daerah penghasil gas alam di Indonesia.




Deskripsi Tentang Gas Alam di Indonesia

Gas alam merupakan komponen berupa metana yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan yang sudah mengendap di bagian bawah kerak bumi selama berjuta-juta tahun yang mengalami proses secara alami yang kemudian menghasilkan gas alam.

Sebagaiamana telah disebutkan di atas, berdasarkan U.S Energy Information Administration Indonesia ditetapkan sebagai negara urutan ke-11 terbesar di dunia dengan jumlah cadangan gas alam pada tahun 2006. Sementara itu di kawasan Asia Pasifik, Indonesia menjadi negara terbesar ketiga yang memiliki cadangan gas yang melimpah, setelah Australia dan Republik Rakyat Tiongkok/China. 

Pada tahun 2015 BP Statistical Review of World Energy mengungkapkan bahwa Indonesia berkontribusi sebesar 1,5% dari total cadangan gas alam yang terdapat di seluruh dunia. Jumlah tersebut tentu saja tidaklah sedikit jika dibandingkan dengan penghasil gas alam yang berasal dari negara-negara di Asia Tenggara. 

Selain menjadi daerah penghasil gas alam, Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan kekayaan sumber daya alam berupa flora maupun fauna yang sangat beragam. Hal ini tentu saja tidak mengejutkan apabila Indonesia diprediksi menjadi salah satu negara dengan cadangan gas alam terbesar di dunia.

Daerah Provinsi Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia

Sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, gas alam banyak dimanfaatkan untuk menghasilkan energi. Manusia memanfaatkannya sebagai bahan bakar gas pada alat transportasi seperti bus, bahan bakar industri ringan, dan bahan baku industri pupuk.

Namun, apakah kamu tahu kira-kira daerah mana saja yang merupakan kawasan penghasil gas alam  di Indonesia? Berikut ini adalah daftar 7 daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia:

1. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia, tepatnya di wilayah Bontang, Kalimantan Timur. Bahkan, di Bontang terdapat satu kilang LNG terbesar di dunia. 

Kekayaan alam berupa cadangan gas alam di Bontang yang dikelola oleh Pertamina tersebut terpusat di blok Mahakam. Selain itu ada beberapa daerah lain di provinsi Kaltim yang juga menghasilkan energi ini, yaitu seperti Pulau Tarakan, Balikpapan, Pulau Bunyu, dan blok Sanga Sanga di lepas pantai Kalimantan Timur.

Pada tahun 2016 Kementerian ESDM menetapkan Kalimantan Timur menjadi urutan pertama sebagai daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesa dengan kontribusi sebesar 23 persen dari produksi nasional. Jumlah tersebut mampu menyuplai perusahaan-perusahaan penting yang menyokong perekonomian daerah. (Sumber: Katadata.co.id)

2. Sumatera Selatan

Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang masuk ke dalam tujuh daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Lokasinya berada kabupaten Musi Banyuasin yang  menempati urutan ke-2 sebagai daerah dengan cadangan gas alam yang melimpah. 

Kabupaten Musi Banyuasin menjadi kawasan dengan penghasil gas alam paling produktif di Sumatera Selatan. Selain itu, terdapat juga di daerah Plaju, Sungai Gerong dan Muara Enim.

Pemerintah Kabupaten. Musi berkomitmen untuk menyejahterakan warganya telerbih dibandingkan menjual sumber daya gas alam ini ke pihak asing. Pemerintah setempat telah membangun jaringan gas bumi sebanyak 1000 pipa sebagai saluran gas untuk menyuplai bahan bakar untuk masyarakat setempat. Dengan begitu, penduduknya bisa memanfaatkan sumber energi ini untuk memasak dan kebutuhan lainnya.

3. Papua Barat

Papua Barat memiliki pusat pertambangan dan pengolahan gas alam cair (LGN) yang dibangun oleh Pemerintah Indonesia. Daerah tersebut berlokasi di Teluk Bintuni, Ladang Gas Tangguh. 

Ladang Gas Tangguh menyimpan lebih dari 500 miliar m³ cadangan gas alam. Selain Teluk Bintuni, daerah lain yang menjadi penghasil cadangan gas alam di Papua adalah Kapulanda, Klamono, Sorong, dan Babo juga memiliki cadangan gas alam yang sangat berlimpah.

Dengan banyaknya cadangan gas alam yang melimpah di Papua Barat membuat provinsi ini ditetapkan sebagai daerah dengan urutan ke-3 sebagai penghasil gas alam terbesar di Indonesia.

4. Kepulauan Riau

Kepulauan Riau (Kepri) tidak hanya memiliki pesona indah wisata alam yang indah, melainkan juga ditetapkan sebagai salah satu daerah penghasil gas alam terbesar urutan ke-4 di Indonesia.

Lokasi tepatnya berada di Kabupaten Natuna. Daerah ini menyimpan cadangan gas alam yang melimpah mencapai sekitar 222 triliun kubik. Tidak heran jika pulau Natuna ini menjadi daerah yang diperebutankan oleh Indonesia dan Tiongkok.

Selain Natuna, Kepri juga mempunyai daerah lain sebagai penghasil gas alam, yaitu terdapat di Kabupaten Anambas.

5. Jawa Barat

Di Pulau Jawa sendiri juga terdapat daerah penghasil gas alam, yaitu Jati Barang Majalengka, Jawa Barat. Sebagai daerah yang menempati urutan ke-5 dalam daftar daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia, industri gas ini dikelola oleh PT Nusantara Regas yang merupakan kerjasama antara PGN dan Pertamina.

Hasil produksinya digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri dalam negeri.

6. Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah menjadi  daerah penghasil gas alam di urutan ke-6. Lokasinya terletak di Kabupaten Banggai. Potensi dan cadangan gas alam di kawasan tersebut mencapai 1,6 triliun kaki kubik dengan luas 475 km2.

Pengelolaan gas alam di daerah ini semakin baik setelah dua lapangan gas baru milik PT Pertamina EP mulai beroperasi pada September 2016. Proyek gas alam ini menjadi salah satu kegiatan utama koridor Sulawesi dalam Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)

7. Jambi

Jambi berada di urutan terkahir sebagai daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Lokasi tepatnya berada di Blok Jabung, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

Itulah beberapa daerah penghasil gas alam di Indonesia. Sebagai sumber energi tak terbarukan, tugas kita adalah menjaga kelestariannya. Salah satu upaya yang dapat kamu lakukan yaitu menggunakan dengan bijak bahan bakar LPG.

0 Response to "7 Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia"

Post a Comment