Ide Nama Olshop yang Bagus dan Tips Mendapatkannya

Online shop (E-Commerce) adalah istilah umum untuk menunjukan sebuah proses transaksi jual-beli yang didukung oleh teknologi informasi atau cara-cara elektronik. Online shop juga biasa disebut sebagai toko online. Saat ini siapa saja dapat membuat online shop untuk menawarkan produk barang/jasanya kepada konsumen. 

Pemilihan nama olshop yang bagus menjadi salah satu strategi bisnis yang penting. Hal ini berguna agar konsumen memiliki kertertarikan sehingga sewaktu-waktu jika ingin berbelanja lagi, konsumen langsung mengingat nama olshop tersebut dan dapat mengetiknya di kolom pencairan Instagram atau aplikasi belanja online dengan benar. Untuk itu, dalam memilih nama olshop tidak boleh sembarangan, harus dibuat sebagus mungkin supaya konsumen tertarik.

Nah, sebelum membuat online shop pastinya kamu berpikir nama olshop apa yang bagus untuk tokomu, kan? Berikut kami beri ulasan tips cara menemukan nama olshop yang menarik.



Keuntungan Online shop

Agar kamu semakin yakin untuk membuka online shop, berikut ini akan kami jabarkan keuntungan dari usaha toko online, yaitu

1. Keuntungan toko online bagi pembeli adalah sebagai berikut:

  • Menekan biaya pengeluaran, terutama ketika barang yang dicari konsumen hanya ada di luar kota. Konsumen tidak harus mengeluarkan biaya untuk transport bolak balik untuk mencari barang tersebut di luar kota.
  • Barang bisa langsung dikirimkan ke rumah
  • Terdapat cukup banyak pilihan metode pembayaran, termasuk ada juga Cash on Delivery (COD).
  • Harga lebih bersaing.

2. Keuntungan toko online bagi penjual sebagai berikut :

  • Jangkauan pasar online shop lebih luas. Dengan toko online pemilik usaha dapat menjual barang secara online ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri.
  • Menghemat biaya karena tidak harus memiliki toko fisik. 
  • Tidak harus memiliki banyak karyawan
  • Dapat menjual produk barang/jasa sesuai kebutuhan.

Dengan berbagai keuntungan olshop di atas, tentu usaha di bidang ini semakin banyak peminatnya. Nah, bagi kamu yang ingin membuka online shop tentu saja salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah nama olshop yang bagus. Berikut simak selengkapnya mengenai inspirasi nama merek online shop yang mungkin saja akan memberikan ide yang bagus untuk toko onlinemu.

Tips Mendapatkan Nama Online Shop yang Bagus dan Membawa Hoki


Bingung cari nama olshop yang bagus dan nama toko unik? Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips mendapatkan nama yang bagus untuk olshop milikmu. Dapatkan juga kumpulan nama yang online shop yang menarik yang bisa dijadikan inspirasi untuk toko online yang kamu akan kamu kembangkan.

1. Pilih nama yang singkat

Tips pertama, gunakan nama-nama yang singkat dan jelas. Jangan lebih dari empat kata. Fungsinya adalah supaya lebih menarik dan mudah diingat oleh masyarakat.

Memang tidak ada jumlah spesifik sebagai patokan untuk memberi nama online shop, tapi semakin singkat nama yang kamu buat, masyarakat akan semakin mudah jika ingin berkunjung ke halaman website toko online milikmu.

2. Gunakan nama yang memiliki arti dan mudah diucapkan

Nama online shop yang bagus biasanya mudah diucapkan dan tidak berbelit-belit. Selain itu, gunakan nama yang memiliki makna atau arti yang menunjukkan produk yang kamu jual.

Sebagai contoh, kamu memberikan nama olshop “piyamastore.com” pasti akan lebih mudah diingat dibandingkan jika kamu memberikan nama “tempat-beli-piyama.com”.

Untuk memilih nama yang gampang diingat, kamu harus memilih nama yang tidak rumit atau gunakanlah nama yang singkat karena nama yang terlalu panjang hanya akan membuat orang sulit mengingatnya.

3. Menggunakan nama brand produk yang dijual

Jika kamu tidak ingin menggunakan nama yang merujuk ke kategori produk yang dijual, kamu bisa menggunakan nama brand milikmu. Nama ini berkaitan dengan brand yang kamu jual.

Sebagai contoh kamu memiliki brand sepatu dengan merek Queen Shoes, maka nama online shop yang bisa kamu gunakan adalah queenshoes.com.

4. Menggunakan Bahasa Inggris sebagai Nama Online Shop

Jika belum ketemu juga mau menggunakan nama online shop apa, kamu bisa menggunakan nama-nama bahasa Inggris. Banyak pemilik usaha yang memilih untuk menyematkan nama yang diambil dari bahasa Inggris. Hal ini bisa dikarenakan dampak dari globalisasi.

Selain terdengar kekinian dan berkelas internasional, nama online shop dengan penamaan bahasa Inggris ternyata punya daya tarik tersendiri bagi konsumen, khususnya kaum milenial.

Sebagai contoh, makeup artist untuk menggantikan jasa rias wajah. Official untuk menggantikan akun resmi. Store untuk menggantikan kata toko dalam bahasa Indonesia. Glow untuk menunjukkan bercahaya, biasanya digunakan untuk produk beauty skin. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Mendaftarkan Merek ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual

Setelah kamu memutuskan menggunakan sebuah nama untuk online shopmu, maka sebaiknya kamu segera melakukan permohonan merek ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Dengan begitu, hak atas merek tersebut secara resmi menjadi milikmu dan apabila ada yang melakukan plagiarisme atas produkmu dapat dikenakan denda.

Rekomendasi Memilih Nama Olshop di Instagram, Shopee, Tokopedia, dan BukaLapak



Dewasa ini, online shop tidak hanya terbatas dengan menggunakan website e-commerce, blog atau aplikasi berbelanja online, tapi juga bisa dilakukan menggunakan media atau jejaring sosial seperti Instagram.

Di era seperti sekarang ini, hampir semua orang mengenal media sosial. Baik muda maupun tua saat ini mereka memiliki akun media sosial. Nah, inilah yang bisa menjadi peluang bagi para pelaku usaha untuk "mengonlinekan" bisnisnya. Salah satunya dengan menggunakan platform media sosial Instagram. 

Instagram sangat cocok untuk digunakan sebagai media online shop. Bahkan, cukup banyak toko ritel, brand produk tertentu ,dan aplikasi belanja online yang saat ini memiliki akun official Instagram masing-masing.

Produk barang/jasa yang dijual di akun Instagram ini sangat beragam, namun cenderung ke barang atau jasa yang bersifat unik. Sebagai contoh, produk barang yang bertebaran di Instagram ada obat-obat herbal, makanan, cake, hingga smartphone. Apalagi di bidang fashion, banyak ditemukan produk-produk pakaian seperti gamis, hijab, celana, jaket hingga daster.

Sementara itu produk layanan jasa yang banyak ditawarkan di Instagram misalnya ada jasa desain vektor wajah, photography, makeup artist, jasa pembuatan kartu nama atau member card, dan lain sebagainya.

Sudah banyak sekali pemilik usaha sukses yang dimulai dari berjualan online melalui Instragram ini. Nah, kesempatan ini patut kamu coba.

Membuat nama olshop di Instragram dan aplikasi belanja online menjadi bukti bahwa bisnis bisa berjalan meski belum memiliki toko fisik. Segera amankan nama olshop yang kamu inginkan, dengan cara mendaftarkan akun di Instagram, Shopee, Tokopedia, dan BukaLapak. 

Sebagai inspirasi berikut ini adalah beberapa contoh nama olshop yang bagus di Instagram, Shopee, Tokopedia, dan BukaLapak:

@masglowbeauty
@hoodiecool
@fantechofficialstore
@souvenirberkahstore
@beautyfashionholic
@mybaglove
@electrostore
@sakinahweddingmakeup
@gembokrias


Sekian ulasan mengenai ide nama olshop yang bagus. Setiap pemilik usaha pasti menginginkan untuk memberikan nama yang baik untuk usahanya, dengan harapan nama tersebut menjadi doa dan juga harapan. 

Sebagai muslim, kamu bisa memilih nama Islami untuk online shop yang memiliki arti bagus. Sebagai contoh, kamu dapat mencari di kamus bahasa Arab atau menggunakan kata dalam Alquran yang memiliki arti bagus.

Pastikan bahwa nama yang kamu pilih sesuai dengan tujuan usaha. Sebagai contoh, usaha yang kamu jalankan bergerak di bidang dekorasi rumah maka buat merek yang ada kata decor, misal Sukses Decor, Decor Cantik, Berkah Decor, dan lain sebagainya.

0 Response to "Ide Nama Olshop yang Bagus dan Tips Mendapatkannya"

Post a Comment