Member Card: Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Member card sering digunakan oleh perusahaan seperti perusahaan retail, pusat kebugaran, salon, restauran atau tempat lainnya untuk memberi kepada membernya fasilitas potongan harga (discount) apabila pemegang kartu member berbelanja dan bertransaksi. 

Beberapa perusahaan mengenakan biaya admistrasi untuk pembuatan member card ini dan sebagian lainnya memberikannya secara gratis.

Member card memuat identitas pemiliknya yang dibuat oleh perusahaan untuk membangun kesetiaan dari para pelanggannya dengan tujuan agar para pelanggannya tersebut merasa diistimewakan.



Apa itu Member Card?


Member card adalah kartu berlangganan yang disediakan oleh perusahaan tertentu untuk dapat dimiliki oleh konsumennya sehingga mereka mempunyai kesempatan untuk mendapatkan diskon dari harga barang-barang atau beberapa pelayanan yang diberikan oleh sebuah perusahan tersebut. 

Tujuan diterbitkannya member card ini adalah untuk menarik pelanggan dengan cara memberikan potongan harga, promo khusus, atau pelayanan khusus yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.


Fungsi Member Card

Fungsi dari member card sendiri sangat banyak, yaitu:

1. Meningkatkan Customer Loyalty (Loyalitas Pelanggan)

Para pemilik member card mempunyai peluang besar untuk mendapatkan diskon dari perusahaan penyedia barang/jasa. Syarat dan ketentuan diskon tergantung dari kebijakan masing-masing dari perusahaan.

Karena mendapatkan diskon tersebut, para pelanggan yang memiliki kartu member akan memilih untuk tetap berbalanja di sana, tidak berpaling ke toko lain.

2. Sebagai Media Promosi Secara Gratis dan Tidak Langsung

Para pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan pihak toko pasti akan menyarankan lingkunan pertemanan maupun keluarganya untuk menjadi member di toko tersebut. Pelanggan yang sudah lama tersebut nantinya akan menceritakan kepada lingkungannya bahwa di toko tersebut membuka layanan member dan para member akan mendapatkan harga promo atau diskon.

Tak hanya itu, mereka juga kemungkinan besar akan menceritakan kelebihan-kelebihan toko yang bersangkutan. Pelanggan yang merasa puas otomatis akan mempromosikan toko langganan mereka kepada orang-orang di sekitarnya.


Manfaat Member Card


Manfaat memiliki member card sangat dirasakan oleh pelaku usaha di berbagai bidang mulai dari retail, butik, makanan, pusat kebugaran, dan lain sebagainya. Karena dengan begitu mereka bisa memanfaatkan mamber card tersebut sebagai media untuk menjalin komitmen dengan pelanggan dalam waktu yang jangka panjang.

Adapun manfaat yang dapat diperoleh konsumen ketika menggunakan member card adalah sebagai berikut:

  1. Pelayanan yang selalu prima, siap sedia, professional serta ramah.
  2. Memberikan perhatian penuh dan tak terbagi setiap kali pelanggan melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan.
  3. Memberikan produk dan layanan yang berkualitas kepada konsumennya.
  4. Mendapatkan perhatian pada semua detail setiap kali konsumen mengakses sistem layanan perusahaan.

Jenis-Jenis Member Card

Berdasarkan mekanismenya member card dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu: 

1. Free Member Card

Yaitu kartu keanggotaan yang didapatkan konsumen secara gratis (cuma-cuma) dari perusahaan.

2. Special Member Card

Yaitu mekanisme transaksi terjadi antara kedua belah, yaitu penyelenggara pembuat kartu dan anggota yang membeli kartu.

3. Common Member Card

Yaitu mekanisme transaksi melibatkan tiga pihak, yaitu penyedia barang dan jasa, penyelenggara yang mengeluarkan kartu, serta anggota yang membeli kartu.

Sementara itu berdasarkan bahan pembuatnya, member card dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Kartu Member Press

Kartu member press adalah kartu member yang terbuat dari bahan plastik PVC dengan ketebalan 0.76mm sedangkan ukurannya sama dengan ukuran standar ID card, yaitu 85mm x 53mm.

Disebut sebagai kartu member press karena dalam proses pembuatannya dicetak dengan menggunakan mesin digital printing dan mesin press. Member card jenis ini mempunyai ketahanan terhadap air yang bagus.

2. Kartu Member Metalik

Bahan pembuat kartu member metalik sama halnya dengan kartu member press, yaitu terbuat dari PVC. Namun, kartu member ini hanya dicetak dengan menggunakan mesin printing, tanpa melalui mesin press. 

Warna yang bisa dipilih oleh pelanggan adalah warna dasar silver dan gold dengan glitter pada bagian permukaannya, sehingga memiliki tampilan yang lebih menarik.

3. Kartu Member Magnetik

Kartu member magnetik adalah jenis member card yang pada bagian belakangnya terdapat pita magnetic berwarna hitam. 

Fungsi dari pita magnetic ini untuk menyimpan suatu data. Untuk membaca data tersebut kartu perlu digesekkan pada mesin pembaca sehingga akan lebih cepat, praktis, dan minim sekali terjadi kesalahan.

0 Response to "Member Card: Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya"

Post a Comment