3 Rekomendasi Cat Paving Terbaik dan Cara Pengaplikasiannya

Saat ini baik di kota maupun di desa sudah jamak menjadikan paving block sebagai pelesteran agar halaman ataupun jalan terlihat rapi. Ketika sudah dipasang sedemikian rupa, biasanya paving akan dicat dengan warna cat yang colorful, entah itu untuk kepentingan lomba bersih kampung ataupun untuk menambah keindahan lingkungan semata.

Pengaplikasian cat pada paving sebenarnya tidak hanya untuk menambah nilai estetika saja lho, akan tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi risiko adanya serangan lumut saat musim hujan atau karena daerahnya yang lembab. Dengan begitu, permukaan paving tidak licin dan aman ketika dilewati oleh penggunanya.

Lalu, merek cat apa saja sih yang cocok untuk digunakan pada paving? Yuk ketahui pada postingan di bawah ini, ya.




Fungsi Paving Block

Sebelum kita bahas mengenai rekomendasi cat paving, alangkah baiknya kita cari tahu dulu fungsi dari paving block itu sendiri. Fungsi utama paving block adalah untuk menutup permukaan tanah agar suatu jalan, halaman rumah/kantor terkesan rapi, bersih, dan nampak indah.

Paving block memiliki beragam jenis berdasarkan tingkat kekuatannya, yaitu mulai dari K100 hingga K400. 


Keunggulan Mengecat Paving

Meskipun di pasaran sudah ada paving block yang berwarna, namun bagi sebagian orang mungkin warnanya sangatlah monoton. Nah, sebenarnya apa saja sih kelebihan pengaplikasian cat pada paving? Berikut ini adalah kelebihan mengecat paving block:

  1. Menjadi solusi agar tampilan lingkungan lebih berwarna dan berkesan.
  2. Tahan gesekan dan tahan abrasi.
  3. Warna tidak mudah pudar.
  4. Melindungi paving block dari lumut karena faktor geologis dan iklim tropis di Indonesia yang menudukung lumut untuk mudah tumbuh secara cepat.
  5. Membuat paving block tidak licin karena tidak ada lumut yang tumbuh sehingga tidak membahayakan bagi para pejalan kaki.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Paving Block

Rekomendasi Cat Paving Terkenal dan Terbaik


Apabila kamu bosan dengan tampilan paving block maupun batu alam di halaman yang monoton, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengecatnya sehingga tampilannya akan terlihat menarik dan istimewa.

Nah, berikut ini adalah rekomendasi cat paving terbaik yang ada di pasaran:

1. Cat Paving Nusatex



PT Indaco Warna Dunia dengan produknya Nusatex Cat Paving menawarkan produk cat khusus paving dan beton. Cat ini menawarkan hasil akhir semi gloss yang akan membuat tampilan halaman atau taman kamu sesuai dengan yang kamu idam-idamkan.

Cat ini berbahan full acrylic yang dilengkapi dengan formula perlindungan sinar matahari. Adapun kelebihan dari Nusatex dibandingkan cat lain adalah:

  • Dilengkapi dengan formula lapisan antilicin
  • Memiliki daya rekat, daya serap, daya tutup, dan daya sebar maksimal. Bahkan, daya sebarnya mencapai 8 meter persegi per liter per satu kali lapis. 
  • Cocok digunakan untuk mengecat aspal dan beton.

Nah, kamu dapat mencuci noda yang menempel pada cat dengan disikat maupun disiram menggunakan air bersih. Produk cat ini tersedia dalam kemasan galon 2,5 liter dengan empat varian warna berbeda, yaitu merah marun, grey, black, dan dark green.


2. Avian Cat Paving

Via Tokopedia


Merek cat paving rekomendasi berikutnya adalah Avian Cat Paving. Cat ini cocok untuk diaplikasikan pada lapangan parkir, lapangan olahraga atletik, jogging track, taman bermain, dan juga arena outdoor lainnya. 

Adapun kelebihan dari Avian cat paving ini adalah memiliki daya lekat yang baik, tahan lama, cepat kering, tahan abrasi, dan tentu saja mudah diaplikasikan.

Harga ritel yang dijual di pasaran baik offline maupun online berkisar Rp. 160.000 – Rp. 180.000/ 5 Kg.

3. Propan Concrete Stain Cat Paving


Propan Concrete Stain adalah bahan pewarna (stain) dekoratif water based semi transparan dengan warna yang sangay cerah. Cat paving ini memang diformulasikan untuk pemakaian pada permukaan paving, beton/plesteran semen, batu alam, dan substrat lainnya yang bersifat berpori (porous).

Adapun keunggulan Propan Concerete Stain untuk mengecat paving adalah sebagai berikut:

  • Mewarnai permukaan beton atau semen
  • Beton tampil alami dan natural
  • Warna cerah dan tidak pudar/luntur
  • Tahan terhadap cuaca
  • Memiliki penetrasi dan adhesi yang baik
  • Cocok digunakan indoor maupun outdoor


Cara Pengaplikasian Cat Paving

Adapun tahapan dalam mengecat paving block agar menghasilkan kualitas terbaik kamu harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Persiapan Sebelum Pengaplikasian Cat Paving

  • Haluskan permukaan paving atau substrat lain dengan menggunakan amplas kasar supaya porositas paving block tersebut sama. Dengan begitu, penyerapan warna cat paving akan bekerja secara maksimal dan tidak timbul perbedaan antara permukaan yang satu dengan yang lainnya.
  • Setelah dilakukan pengamplasan, kamu juga perlu menghilangkan permukaan paving yang berlumut dengan menggunakan fungicidal wash.
  • Setelah dua tahapan di atas selesai dilakukan, pastikan permukaan paving block kering dan bersih dari debu, lumut, minyak, cat lama, atau kotoran lainnya.


2. Pengaplikasian Cat Paving dengan Pelapisan

  • Baca petunjuk pengaplikasian cat paving sesuai dengan merek produk yang digunakan. Jika dilakukan tanpa pengenceran, kamu bisa langsung mengaplikasikannya dengan menggunakan kuas, rol atau spray, sebanyak 2-3 kali lapis untuk hasil optimal. Nah, jika kamu menggunakan Nusatex cat paving maka sebelumnya harus diencerkan terlebih dahulu menggunakan 10% air bersih.
  • Untuk ketahanan yang lebih lama, berikan selang waktu minimal 1 jam dan kering sempurna 2 jam (tergantung suhu dan kelembaban udara) untuk kemudian bisa dilakukan pelapisan sekali lagi.
  • Biarkan cat paving tersebut kering sempurna sebelum arena berpaving tersebut siap difungsikan.

Itulah rekomendasi cat paving terbaik dan juga cara pengaplikasiannya yang tepat. Cat Paving adalah jenis cat yang khusus diformulasikan untuk dipergunakan pada jalan atau halaman berpaving, lapangan, beton, plesteran semen, dan aspal. Cat paving yang bagus tentu saja akan memberikan hasil maksimal. asalkan kamu mengikuti petunjuk cara pengecatan yang benar.

0 Response to "3 Rekomendasi Cat Paving Terbaik dan Cara Pengaplikasiannya"

Post a Comment