9 Ragam Ide Sekat Ruang Tamu Minimalis Modern

Anda berencana untuk mendekorasi ulang ruang tamu? Mungkin ruangan tersebut terlalu lapang atau terbuka sehingga privasi Anda terganggu saat ada tamu berkunjung. Tidak perlu cemas, sekat ruang tamu minimalis modern bisa jadi pilihan tepat untuk membuat ruang tamu Anda terasa berbeda.

Ketika memutuskan untuk membuat partisi pada ruangan, pemilihan model dan bahan harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Jika salah pilih, bukan tidak mungkin ruangan Anda jadi terasa semakin tidak nyaman. Simak ulasan lengkap mengenai sekat ruang tamu berikut ini.

Partisi Tembok, Mengapa Tidak?



Banyak yang menganggap partisi tembok tidak lagi sesuai untuk rumah bergaya modern. Namun anggapan ini kurang tepat karena sekat ruang tamu dari tembok dapat disesuaikan dengan tema yang dipilih untuk ruangan tersebut.

Partisi tembok dapat didesain sedemikian rupa sehingga menghasilkan sekat yang tidak hanya estetik namun juga berfungsi dengan baik. Salah satu fungsinya adalah membatasi antar ruangan serta menjaga privasi Anda ketika ada tamu.

Dibandingkan dengan partisi jenis lain, sekat tembok memiliki beberapa keunggulan seperti:

1. Lebih Kokoh

Dinding partisi tembok memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan partisi modern seperti fiber. Sekat tembok dapat bertahan hingga puluhan tahun dan tidak membutuhkan perawatan ekstra.

2. Dapat Didesain Sesuai Kebutuhan

Tembok yang polos pasti sangat membosankan dan tentunya kurang menarik untuk ruang tamu Anda. Jika berencana untuk membuat sekat tembok, pilih desain sesuai dengan tema ruangan. Anda bisa menambahkan lubang-lubang ventilasi maupun dekorasi lain agar tembok terlihat lebih estetik.

3. Kombinasikan dengan Bahan Lain

Sekat tembok dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan lain seperti kayu dan bambu. Cara ini cukup efektif untuk menambah keindahan sekat tembok.

Kendati memiliki sejumlah kelebihan, tembok partisi memiliki beberapa kekurangan seperti membutuhkan biaya lebih besar. Selain itu, pembuatan dinding juga membutuhkan waktu lebih lama. Karena alasan ini, semakin banyak orang yang beralih ke bahan lain.

Sekat tembok fiber dan kayu dianggap sebagai alternatif terbaik untuk tembok. Pasalnya partisi tersebut didesain dengan dua muka sehingga dapat dinikmati dari kedua sisi.

Sekat Ruang Tamu 2 Muka



Sekat ruang tamu dua muka artinya pemisah ruangan yang penggunaan dan visualisasinya dapat dilihat dari 2 sisi, yaitu orang dapat melihat desain yang indah bagian depan dan belakangnya. Sekat ruangan ini bisa menjadi elemen dekoratif di kedua ruangan yang dibatasi.

Sekat ruang tamu dua muka ini biasanya dibuat dari bahan yang transparan atau material yang dirangkai sedemikian rupa sehingga fungsinya dapat dirasakan di kedua sisi. Berikut di bawah ini adalah ide sekat ruang tamu dengan gaya dua muka yang bernilai artistik:


Jenis Sekat Ruang Tamu Minimalis Modern


Tertarik untuk memasang partisi dengan konsep minimalis modern pada ruang tamu? Ada beberapa pilihan material yang bisa Anda gunakan untuk menyekat sekaligus mempercantik tampilan interior, antara lain: 

1. Kayu

Via carousell.com


Bahan yang satu ini sangat lazim digunakan sebagai sekat untuk berbagai ruangan, termasuk ruang tamu. Selain memberikan kesan hangat dan natural, beberapa jenis kayu juga sangat kokoh dan tahan lama.

Partisi berbahan kayu umumnya memiliki model yang terbatas, misalnya berbentuk panel atau kisi-kisi. Dengan pemilihan finishing dan model yang tepat, partisi kayu dapat meningkatkan tampilan ruang tamu bernuansa modern minimalis.

Anda dapat memilih kayu jati belanda sebagai bahan untuk membuat partisi jenis ini. Karena keunggulan dari jati belanda, salah satunya adalah memiki serat yang bagus dan berwarna cerah. Selain itu, harganya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya.

2. Bambu





Seperti halnya kayu, partisi bambu juga mampu menghadirkan kesan alami dan hangat. Sekat ruang tamu ini banyak digunakan untuk ruangan bernuansa klasik maupun minimalis. Pilih bambu dengan ukuran yang tepat dan pasang berjajar sehingga membentuk sekat.

Selain ruang tamu, partisi bambu juga cocok untuk area lain seperti ruang tidur dan dapur. Bahkan Anda juga bisa menggunakan material ini untuk memisahkan ruangan di kamar mandi.


3. Kain




Material kain cukup lazim digunakan untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang lain. Bahan yang satu ini sangat terjangkau namun memiliki nilai estetik untuk mempercantik interior rumah Anda. Cara pemasangan sekat kain juga tergolong mudah.

Terdapat dua jenis sekat atau partisi kain yang umumnya digunakan, yaitu pembatas kain dengan rel gorden dan juga pembatas kain dengan kayu lipat seperti gambar di atas.

Untuk pemasangan sekat ruang tamu dari bahan kain dengan menggunakan rel gorden sebaiknya pililah bahan kain yang jatuh sehingga sekat tidak mudah tersingkap. Dengan begitu, partisi ini akan terlihat lebih indah.

Keunggulan dari partisi ini adalah Anda bisa mengubah fungsi ruangan setiap saat.

4. Kaca





Kaca menjadi salah satu material favorit untuk ruang tamu bergaya modern minimalis. Biasanya material ini dikombinasikan dengan bahan kayu sebagai bingkai. Selain menghindari kecelakaan akibat kaca yang transparan, bingkai kayu juga menambah keindahan partisi.

Sayangnya sekat ruang tamu ini tidak terlalu berfungsi untuk menjaga privasi Anda. Selain itu, partisi kaca juga membutuhkan perawatan ekstra agar selalu terlihat bersih dan mengkilap setiap saat. Jika tidak, ruangan justru terlihat kurang menarik.

5. Fiber





Bagi Anda yang menginginkan partisi dengan bentuk unik, fiber bisa jadi pilihan tepat. Fiber terbuat dari pasir kuarsa dan campuran bahan sintetis lain sehingga menghasilkan material yang lentur sehingga mudah dipotong dan dibentuk.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh sekat fiber adalah mudah dibersihkan. Jika Anda bisa mengatur tata cahaya yang tepat, jenis sekat yang satu ini mampu memberikan tampilan yang luar biasa pada interior Anda.


6. Kertas (Paper Room Divider)



Bahan sekat yang satu ini sering ditemukan di rumah-rumah Jepang. Sekat kertas biasanya dikombinasikan dengan bingkai kayu dan digunakan sebagai pintu geser. Dengan desain yang tepat, Anda bisa menyulap material bernuansa tradisional menjadi terlihat modern.

Meskipun tergolong unik, bahan yang satu ini cukup rapuh sehingga Anda mungkin perlu melakukan beberapa kali penggantian.

7. Gipsum




Gipsum merupakan material yang lazim digunakan pada plafon rumah. Namun ternyata Anda juga bisa menggunakannya sebagai sekat ruang tamu untuk menonjolkan kesan modern dan minimalis.
Dibandingkan dengan bahan lain, gipsum cukup mudah dipasang dan tersedia dengan harga terjangkau. Yang tak kalah menarik, Anda bisa memesan sekat gipsum dengan berbagai model dan finishing sesuai kebutuhan.

Dengan banyaknya opsi material untuk sekat ruang tamu minimalis modern, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan. Pastikan bahan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

0 Response to "9 Ragam Ide Sekat Ruang Tamu Minimalis Modern"

Post a Comment