Mengenal Carbonet Fiber, Kegunaan, Ukuran, dan Harganya

Jika Anda ingin menciptakan kesan luas di dalam ruangan kecil, maka penggunaan atap transparan adalah salah satu solusi ideal. Jenis dari atap transparan sendiri ada banyak, tapi salah satu yang paling bagus adalah carbonet fiber (serat karbon).

Atap jenis ini bisa digunakan untuk memberikan kesan luas karena sebuah ruangan bisa mendapat lebih banyak cahaya dari luar. Anda juga jadi lebih menghemat penggunaan lampu dan beberapa ruang berfungsi lebih maksimal, misalnya ruang jemur.



Deskripsi tentang Carbonet Fiber

Carbonet fiber atau dikenal juga dengan nama graphite fiber (serat grafit) adalah materi filamen karbon kristal tipis dan kuat yang dalam proses pembuatannya biasa dicampur dengan sejumlah bahan kimia lain seperti resin, erosil, dan serat kaca. 

Proses pembuatannya sendiri meliputi peregangan, oksidasi (untuk menaikkan suhu leleh), dan karbonisasi dalam tungku suhu tinggi yang menguapkan sekitar 50 persen material untuk menjadikannya hampir 100 persen karbon.

Secara visual, atap graphite fiber tidak memiliki variasi warna (seperti biru, hijau, atau yang lainnya), namun hanya datang dalam satu pilihan yaitu bening alias transparan.  Namun tingkat blur yang dimilikinya cukup beragam mulai dari sedikit blur (buram) hingga sangat buram, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Jika Anda ingin nuansa lapang pada dapur tapi juga tetap menginginkan privasi misal, maka Anda bisa pilih yang tingkat buramnya tinggi. Sedangkan untuk area carport atau gazebo bisa memilih yang tingkat buramnya rendah.

Kegunaan Carbonet Fiber



Selain bisa digunakan sebagai salah satu bahan atap, carbonet fiber rupanya juga berpotensi menggantikan baja dan bisa menyatu sempurna dengan sejumlah bahan tradisional seperti kayu, logam, serta beton. Bahan ini juga populer digunakan dalam produk khusus berperforma tinggi seperti berikut:

1. Barang Olahraga

Raket tenis, tongkat golf, pemukul softball, tongkat hoki, dan panah serta busur panahan adalah semua produk yang umumnya diproduksi dengan komposit yang diperkuat dengan graphite fiber. 

Peralatan dengan bobot yang lebih ringan tapi tidak mengurangi kekuatan dari alat itu sendiri merupakan alasan mengapa graphite fiber digunakan.

2. Bilah Turbin Angin

Meskipun sebagian besar bilah turbin angin menggunakan fiberglass, tapi pada bilah besar yang panjangnya lebih dari 150 kaki dan sejumlah suku cadang lain biasanya menggunakan bahan 100% karbon.

Serat karbon ini digunakan untuk memberikan kekakuan yang diperlukan tanpa menambah berat dalam jumlah besar. Hal ini sangat penting karena semakin ringan bilah turbin angin, semakin efisien dalam menghasilkan listrik.

3. Otomotif

Mobil yang diproduksi secara massal memang belum sepenuhnya menggunakan 100% serat karbon. Hal ini karena total biaya bahan baku yang mahal dan memang belum begitu dibutuhkan untuk pengendara biasa. 

Namun, mobil-mobil Formula 1 dan mobil kelas atas sudah banyak yang menggunakan serat karbon. Dalam banyak kasus, bukan karena manfaat sifat atau beratnya saja, tapi karena tampilannya. Dengan kata lain, serat karbon pada mobil telah menjadi simbol hi-tech dan hi-performance. 

Namun, ada juga banyak suku cadang otomotif yang katanya menggunakan serat karbon namun ternyata palsu. Komponen jenis ini biasanya hanya memiliki satu lapisan serat karbon tapi memiliki beberapa lapisan fiberglass di bawahnya untuk menurunkan biaya.

4. Industri Penerbangan

Sudah sejak lama carbonet fiber digunakan sebagai salah satu bahan dalam komponen pesawat ruang angkasa untuk pendaratan di bulan, yang juga digunakan secara luas dalam komponen dan struktur pesawat terbang mulai dari helikopter hingga glider, jet tempur dan bahkan microlight. 

Hal ini karena serat karbon memiliki rasio kekuatan dan berat yang unggul jauh melebihi logam apa pun, sehingga dapat meningkatkan jangkauan tapi juga menyederhanakan perawatan karena tidak mudah aus.

5. Militer

Aplikasi serat karbon di militer sangat luas, mulai dari pesawat dan rudal hingga helm pelindung atau sebagai bahan baku produksi helm proyek. Fungsi serat karbon dalam industri ini adalah memberikan penguat tanpa menambah berat barang, sehingga tidak membutuhkan banyak energi untuk memindahkannya.

6. Aplikasi Medis

Carbonet fiber menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan bahan lain di bidang medis, termasuk fakta bahwa serat ini radiolusen (transparan terhadap sinar-X dan terlihat hitam pada gambar sinar-X).

Ada juga sejumlah sumber yang menyebutkan bahwa serat karbon juga dapat memperkuat ligamen cruciatum yang rusak di area lutut, namun hal ini masih diteliti, dan sejauh ini penggunaan alat paling terkenal dalam kasus ini adalah prosthetics (kaki palsu).

Ukuran Carbonet Fiber


Ukuran dan bentuk carbonet fiber sebenarnya sangat beragam, tapi pasar Indonesia biasa menjualnya dalam bentuk lembaran sebagai atap ruangan, dengan ukuran sekitar 2,1 x 11,8 meter dan ketebalan 4 -10 mm.

Keunggulan Carbonet Fiber


Carbonet fiber memiliki beberapa keunggulan antara lain kekakuan tinggi, kekuatan tarik tinggi, bobot rendah, ketahanan kimia tinggi, toleransi suhu tinggi dan ekspansi termal rendah. 

Sifat-sifat inilah yang membuat serat karbon sangat populer di sejumlah industri dalam daftar di atas termasuk di militer dan ruang angkasa. Bahan ini juga memiliki karakteristik sangat kuat tapi di saat yang sama juga sangat ringan. 

Serat karbon diklaim lima kali lebih kuat dari baja, dua kali lebih kaku dari baja, tapi lebih ringan dari baja. Keunikan inilah yang akhirnya membuat serat karbon memiliki harga yang relatif mahal jika dibandingkan dengan serat sejenis, seperti serat kaca atau serat plastik.

Harga Carbonet Fiber


Merk

Ketebalan

Harga

Lexan Easy Clean

6 mm

Rp 2.800.000

Twinlite

5 mm

Rp 2.150.000

Twinlite

6 mm

Rp 2.450.000

Twinlite

10 mm

Rp 3.450.000

X-Lite

4,5 mm

Rp 1.335.000

Solarlite

5 mm

Rp 1.600.000

Duromax

4,8 mm

Rp 1.750.000

GE Carboron

5 mm

Rp 1.850.000

GE Carboron

6 mm

Rp 2.050.000

Global

4,2 mm

Rp 1.155.000

Global

4,5

Rp 1.335.000


Terlepas dari citranya yang berteknologi tinggi, carbonat fiber adalah bahan yang mudah digunakan di berbagai proyek baik di industri bangunan atau bukan. Bahan ini juga tersedia dalam beragam bentuk mulai dari lembaran padat hingga seperti tabung.

0 Response to "Mengenal Carbonet Fiber, Kegunaan, Ukuran, dan Harganya"

Post a Comment