Apa itu Teknik Bubut? Ini Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Teknik bubut adalah salah satu teknik pengerjaan benda yang telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Biasa digunakan untuk kerajinan berbahan dasar kayu, teknik yang satu ini mampu menghasilkan potongan yang rapi dan halus.

Teknik bubut terbagi menjadi beberapa macam, masing-masing jenis digunakan untuk keperluan yang berbeda. Untuk tahu lebih banyak mengenai pengertian teknik bubut, fungsi, hingga jenis dan contohnya, jangan lewatkan pembahasan berikut.


Apa Itu Teknik Bubut?

Teknik bubut merupakan suatu teknik pengerjaan karya yang dilakukan dengan menghilangkan bagian dari material menggunakan pahat yang berputar. Teknik ini umumnya digunakan untuk karya kerajinan berbahan dasar kayu seperti kayu jati, mahoni, hingga kayu akasia.

Menurut sejarah, teknik bubut telah dilakukan oleh nenek moyang sejak tahun 1200 SM. Mereka menggunakan teknik ini untuk membuat mangkuk dangkal. Hal ini dibuktikan dengan penemuan mangkuk berbahan kayu Etruscan di sebuah kuburan yang terletak di Mycenae.

Dalam teknik bubut digunakan sebuah alat yang dinamakan mesin bubut. Mesin ini dibuat secara khusus untuk mempermudah proses bubut. Bengkel kayu dan perusahaan mebel biasanya memiliki mesin bubut untuk menghasilkan produk furnitur berbahan kayu.

Fungsi dan Kegunaan Teknik Bubut

Teknik bubut adalah metode pengerjaan yang memiliki sejumlah kegunaan, terutama dalam tujuannya untuk menghasilkan sebuah karya. Berikut ini beberapa kegunaan teknik bubut yang perlu Anda ketahui.

1. Mengulir Benda Kerja

Salah satu fungsi utama dari teknik bubut adalah untuk membuat benda-benda putar dan ulir. Menggunakan mesin bubut yang dilengkapi dengan pahat, tentunya mengulir benda menjadi lebih mudah.

2. Meratakan Bidang Datar

Teknik bubut juga dapat digunakan untuk meratakan bidang datar. Umumnya kayu yang diproses menggunakan teknik ini akan memiliki permukaan yang lebih rapi dan datar sehingga mempercantik tampilan sebuah karya.

3. Membentuk Benda Tirus

Dengan bantuan mesin bubut, teknik pengerjaan yang satu ini bisa diandalkan untuk membentuk benda tirus atau kerucut. Tentunya dibutuhkan keterampilan khusus untuk membentuk benda-benda tersebut sesuai keinginan.

4. Memotong

Kegunaan lain dari teknik bubut adalah untuk memotong benda. Cara ini cukup praktis untuk memotong benda tanpa perlu menghabiskan banyak waktu.

Jenis-Jenis Teknik Bubut

Dalam proses pengerjaannya, teknik bubut terdiri dari beberapa jenis. Masing-masing teknik digunakan untuk tujuan berbeda sehingga menghasilkan karya yang bervariasi. Berikut ini beberapa macam teknik bubut yang perlu Anda ketahui.

1. Pembubutan Silindris

Proses pembubutan ini dilakukan dengan menyayat bahan secara sejajar dengan pahat bubut. Metode ini kerap digunakan untuk membentuk diameter yang seragam. Salah satu contoh pembubutan silindris adalah poros lurus.

2. Pembubutan Muka

Teknik bubut yang satu ini dilakukan dengan menyayat benda secara tegak lurus dengan pahat bubut. Metode ini biasa dilakukan untuk meratakan ujung benda kerja atau mengurangi panjang benda tersebut. Pembubutan kasar dan finishing juga dapat dikerjakan menggunakan metode ini.

3. Cutting Off

Sesuai dengan namanya, metode ini bertujuan untuk memotong benda kerja menggunakan pahat bubut. Prosesnya dilakukan dengan mesin pahatan berujung miring dengan sudut kurang dari 90 derajat. Dengan demikian, hasil potongan juga akan berbentuk miring.

4. Biting

Teknik bubut yang satu ini dapat digunakan baik untuk bagian ujung maupun muka. Sumbu benda kerja diletakkan sejajar dengan ujung pahatan sehingga mampu menghasilkan lubang besar pada permukaan ujung benda.

5. Parting

Parting merupakan salah satu proses pembubutan yang dilakukan dengan gerak sejajar antara sumbu kerja dan pahat. Metode ini juga dapat dilakukan secara tegak lurus. Parting biasa digunakan untuk memisahkan maupun memotong benda kerja sehingga menyerupai cutting off.

6. Pembubutan Ulir

Untuk menghasilkan bentuk ulir pada permukaan benda kerja maka dibutuhkan teknik ulir. Metode ini dilakukan dengan menyayat bagian tepi benda sehingga menghasilkan bentuk ulir, baik dalam maupun luar. Pembubutan termasuk ke dalam kategori pembubutan silindris.

7. Recessing

Recessing merupakan jenis pembubutan yang melibatkan proses penyayatan sehingga membentuk alur. Untuk menghasilkan sayatan tersebut, ujung pahat harus berada dalam posisi sejajar dengan sumbu benda kerja.

Teknik ini hampir sama dengan cutting off. Yang membedakan hanyalah pada sudut pahatan yang digunakan. Pembubutan recessing umumnya digunakan untuk membentuk pemisah antara ulir dan silindris.

8. Boring

Teknik bubut ini melibatkan gerakan pemakanan yang sejajar dengan benda. Dengan teknik tersebut, tidak heran jika boring sering dianggap mirip dengan teknik pembubutan silindris. Yang membedakan adalah boring dilakukan di bagian dalam benda untuk memperbesar diameter lubang.

9. Chamfering

Chamfering adalah metode pembubutan yang dilakukan pada bagian susut suatu benda kerja. Proses ini masih menggunakan ujung pahat. Hasil dari teknik chamfering sering disebut dengan chamfer dan bukan merupakan hal asing bagi para perajin kayu.

10. Pembubutan Copy

Pembubutan copy merupakan teknik penyayatan yang berfungsi untuk membentuk benda sesuai dengan replika yang sudah tersedia. Biasanya replika tersebut akan ditransmisikan sehingga menghasilkan bentuk yang sama.

Contoh Teknik Bubut

Teknik bubut mampu menghasilkan berbagai karya berbahan dasar kayu yang tidak hanya menarik tetapi juga fungsional. Penasaran dengan hasil kerajinan yang dibuat menggunakan teknik bubut? Simak poin-poin berikut.

1. Vas Bunga

Vas bunga dari kayu umumnya dibuat menggunakan teknik bubut. Dengan bantuan mesin bubut, pengrajin bisa mengebor lubang pada bagian tengah dan menyesuaikan bentuk serta lekukan sesuai dengan keinginan. Selain bermanfaat, benda ini juga terlihat estetik untuk mempercantik interior rumah.

2. Mainan Kayu



Mainan kayu kini semakin diminati. Selain ramah lingkungan, mainan ini mampu mengasah kreativitas anak dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Yang menarik adalah beragam jenis mainan kayu ternyata dibuat menggunakan teknik bubut.

Pengrajin umumnya menggabungkan beberapa teknik bubut untuk membuat pola, mengebor, hingga membentuk lekukan. Dengan kombinasi berbagai metode, mainan kayu yang dihasilkan terlihat lebih menarik bagi anak-anak. Tinggal tambahkan proses pewarnaan dan mainan siap untuk dipasarkan.

3. Asbak


Contoh lain kerajinan kayu yang menggunakan teknik bubut adalah asbak. Benda ini mempunyai pola yang khas dan bisa dibentuk dengan mudah menggunakan mesin bubut.

Singkatnya, teknik bubut adalah teknik pengerjaan yang kerap digunakan untuk pembuatan kerajinan berbahan dasar kayu. Meskipun terlihat sederhana, pengerjaannya membutuhkan keahlian khusus untuk menghasilkan karya yang indah.

0 Response to "Apa itu Teknik Bubut? Ini Fungsi, Jenis, dan Contohnya"

Post a Comment