Rekomendasi Merek dan Warna Cat Dinding Luar Rumah yang Elegan

Cat merupakan komponen penting pada setiap bangunan, termasuk rumah. Cat tidak hanya berfungsi untuk mempercantik tampilan tetapi juga melapisi tembok sehingga terhindar dari lumut dan jamur. Apabila kamu sedang mencari warna cat dinding luar rumah yang elegan, kamu sedang berada di tempat yang tepat. Karena di sini kamu akan menemukan ide rumah impian.

Menentukan cat luar rumah memang susah-susah gampang. Pasalnya pemilihan cat yang salah justru bisa merusak keseluruhan tampilan rumah. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi pada rumah kesayanganmu, bukan? Karenanya, simak pembahasan lengkap mengenai cat tembok luar berikut ini.



5 Pilihan Warna Cat Dinding Luar Rumah yang Elegan

Cat eksterior tidak sama dengan cat interior. Cat untuk bagian luar rumah biasanya tidak hanya menonjolkan sisi estetik tetapi juga perlindungan. Selain harus terlihat indah, cat eksterior harus mampu melindungi tembok kamu dari air hujan, paparan sinar matahari, dan perubahan suhu ekstrem.

Mengaplikasikan cat interior pada bagian luar rumah tidak akan memberikan perlindungan yang dibutuhkan. Alhasil cat akan cepat pudar dan mengelupas. Lebih parahnya lagi, tembokmu akan mudah retak karena tidak terlindungi dari cuaca yang senantiasa berubah.

Selain memilih produk cat khusus eksterior, menentukan warna yang tepat juga sangat penting untuk dilakukan. Berikut ini beberapa rekomendasi warna untuk membuat rumah terlihat elegan:

1. Abu-Abu



Abu-abu adalah warna paling populer untuk menghiasi dinding luar rumah. Warna ini cocok diaplikasikan untuk hunian yang mengusung tema modern atau minimalis. Desain yang modern dipadukan dengan warna abu-abu akan menimbulkan kesan cantik nan elegan.

Tidak hanya memberikan kesan modern, warna abu-abu juga tergolong netral sehingga dapat dipadu padankan dengan warna lain seperti putih atau hitam. Misalnya jika ingin menonjolkan nuansa kontemporer, warna putih akan menghasilkan perpaduan yang tepat.

2. Putih



Banyak orang menghindari cat eksterior berwarna putih karena dianggap mudah kotor. Padahal warna ini sangat cocok untuk menonjolkan kesan elegan dan berkelas. Jika kamu mengadopsi tema modern atau minimalis, putih sangat layak untuk dipertimbangkan.

Untuk menghindari kesan kotor, pilihlah cat eksterior yang terbuat dari bahan akrilik sehingga mudah dibersihkan. Jangan lupa pula untuk melakukan perawatan secara rutin agar cat selalu bersih dan nampak baru.

3. Hitam



Bagi sebagian orang, mengecat rumah dengan warna hitam adalah hal yang tabu. Faktanya warna ini justru akan membuat hunianmu terlihat lebih elegan dan mahal. Agar terlihat lebih menarik, padukan dengan warna lain seperti putih atau abu-abu.

4. Krem


Warna krem bisa jadi pilihan tepat untuk membuat rumahmu terlihat elegan. Warna ini memberikan kesan hangat dan cocok dipadukan dengan warna lain seperti hijau atau putih. Menariknya, krem dapat dipilih untuk berbagai gaya hunian mulai dari kontemporer, klasik, hingga gaya Mediterania.

Baca juga: Rumah Klasik Jawa dan Eropa Baik 1 Lantai Maupun 2 Lantai

                   Rekomendasi Warna Cat Rumah Minimalis

5. Biru Kehijauan




Terinspirasi dari warna laut, biru kehijauan memberikan nuansa teduh dan damai bagi siapa saja yang melihatnya. Meskipun warna ini jarang digunakan untuk eksterior, nyatanya warna ini mampu menghidupkan suasana di lingkungan rumah.

Tidak jauh berbeda dengan warna putih, warna biru kehijauan juga mudah terlihat kotor. Agar warna cat terlihat selalu menawan, pastikan untuk melakukan perawatan rutin. Jangan lupa untuk menggunakan cat khusus eksterior agar cat lebih awet dan tahan lama.

Harga Cat Dinding Luar Rumah dari Merek Terbaik

Setelah menentukan warna yang elegan untuk cat dinding eksterior rumah, kini saatnya untuk memilih merek cat terbaik. Ada banyak sekali produk cat yang tersedia di pasaran sehingga kamu harus jeli dalam menentukan pilihan. Berikut ini merek cat eksterior terbaik dengan warna elegan yang layak diperhitungkan.

Baca juga: Contoh RAB Rumah dan Cara Menyusunnya

                   Arti Fasad Bangunan dan Contohnya

1. Aquaproof




Aquaproof merupakan salah satu merek cat yang bisa menjadi pilihan untukmu yang ingin dinding luar rumahnya elegan dan ciamik. Jika mulanya Aquaproof hadir dengan warna yang kurang menarik, kini kamu bisa menghias eksterior rumah dengan beragam warna seperti putih, kuning, biru muda, hingga cream.

Ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan oleh cat Aquaproof seperti elastis dan kedap air, tahan leleh, serta tahan lama. Dengan berbagai kelebihan tersebut, dijamin dinding rumah kamu akan lebih terlindungi dan tahan terhadap cuaca ekstrim.

Kendati memiliki banyak kelebihan, cat Aquaproof tidak akan membuat kantongmu jebol. Cat ini dijual dengan harga Rp 930.000 untuk kemasan 20 kg. Untuk kemasan 4 kg, Aquaproof dibanderol dengan harga sekitar Rp 200.000.

2. Propan Decorshield




Selanjutnya ada Propan Decorshield yang mampu memberikan perlindungan hingga 6 tahun dari perubahan cuaca, paparan sinar matahari, maupun pertumbuhan lumut. Cat tembok eksterior ini terbuat dari bahan pure acrylic dan memiliki kandungan teflar sehingga tidak mudah dibersihkan.

Salah satu keunggulan cat Propan Decorshield adalah kemampuannya dalam mencegah rembesan air sehingga menghambat timbulnya jamur. Daya tutupnya juga sangat baik sehingga kamu tidak perlu menghabiskan banyak dana untuk membeli berkaleng-kaleng cat.

Harga Propan Decorshield sedikit lebih mahal dibandingkan cat eksterior lain. Kemasan berukuran 20L dijual dengan harga Rp 2 juta. Sedangkan untuk kaleng berukuran 2,5L tersedia dengan harga Rp 270.000.

3. Dulux Weathershield




Kualitas cat eksterior yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan Powerflex Technology, Dulux mampu menutup retakan halus dan memberikan perlindungan terhadap hujan. Alhasil dinding tampak selalu baru.

Yang tak kalah penting, Dulux Weathershield juga mencegah timbulnya jamur dan lumut serta tidak menimbulkan bau. Harga cat ini juga cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 1.100.000 untuk kemasan 20L dan Rp 230.000 untuk kemasan 2,5L.

4. Nippon Weatherbond




Cat berkualitas ini terbuat dari bahan emulsi akrilik sehingga cocok untuk eksterior. Diformulasikan secara khusus, Nippon Weatherbond mampu melindungi dinding dari cuaca ekstrem. Produk ini juga mampu mencegah timbulnya jamur dan lumut serta menghindari pengelupasan.

Salah satu kelebihan Nippon Weatherbond adalah tidak adanya tambahan merkuri ataupun timbal sehingga cat ini aman digunakan untuk hunian keluarga. Meskipun berkualitas tinggi, harga cat Nippon Weatherbond cukup terjangkau yaitu Rp 240.000 untuk 2,5L dan Rp 1.700.000 untuk 20L.

Itulah rekomendasi warna cat dinding luar rumah yang elegan beserta merek terbaik yang bisa kamu pilih. Dengan mengetahui informasi lengkap seputar cat eksterior, diharapkan kamu dapat memilih warna yang tepat demi mempercantik tampilan luar rumah.

0 Response to "Rekomendasi Merek dan Warna Cat Dinding Luar Rumah yang Elegan"

Post a Comment