Minimalis Hingga Super Mewah, Ini Desain Rumah Atap Limas yang Bikin Melongo!

Atap merupakan salah satu bagian rumah yang memiliki peranan penting. Selain memiliki fungsi penting, desain atap rumah juga mempengaruhi penampilan rumah dari luar. Anda bisa memilih desain rumah atap limas dengan banyak kelebihan dan pastinya membuat tampilan rumah lebih menarik.

Seperti apa desain atau gambar rumah atap limas ukuran 9x12 dan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil dari itu? Apa saja kelebihan desain atap rumah yang satu ini? Simak langsung artikel di bawah ini untuk mendapat informasi lengkap tentang deskripsi, kelebihan, kekurangan, maupun inspirasi rumah atap limas!





Deskripsi Tentang Desain Rumah Atap Limas


Atap limas disebut juga dengan istilah perisai atau hip roof. Desain atap ini merupakan bentuk penyempurnaan atap pelana yang umumnya terdiri atas dua bidang miring trapesium dengan bentuk segitiga siku-siku dan memiliki kemiringan yang sama.

Rumah dengan atap limas akan terlihat lebih cantik dan mewah jika dibandingkan dengan desain atap lainnya. Namun, di dalam proses pembangunannya, atap limas memerlukan lebih banyak rangka.
Rumah-rumah di Indonesia memang cocok menggunakan atap limas. Hal ini karena bentuk atap limas tahan terhadap cuaca ekstrem. Rumah dengan ukuran 9 x 12 juga lebih cocok menggunakan model atap limas, tetapi tidak jarang pula rumah dengan ukuran lainnya tetap menggunakan tipe atap seperti ini. 


Kelebihan dan Kekurangan Rumah Atap Limas


Desain atap rumah tersedia dalam berbagai jenis pilihan desain dengan karakteristiknya masing-masing. Desain rumah minimalis atap limas memiliki karakteristik tersendiri dengan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.


1. Kelebihan Rumah Atap Limas


Desain rumah atap limas banyak dipilih orang ketika akan membangun rumah karena memiliki banyak kelebihan. Berikut ini kelebihan yang dimiliki oleh penggunaan desain limas sebagai atap rumah, yaitu:

  • Dapat melindungi rumah dari sengatan terik matahari maupun derasnya air hujan secara menyeluruh. Hal ini karena bentuk atap miring pada setiap sisi bagian rumah.
  • Mengurangi risiko kebocoran atau rembesan air ketika hujan angin. Hal ini karena memiliki sudut kemiringan yang pas atau sesuai untuk membelokkan arah angin.
  • Sangat sesuai digunakan pada rumah-rumah di daerah tropis yang memiliki cuaca ekstrem, seperti Indonesia.
  • Desain atap terlihat lebih bagus dan elegan, sehingga membuat tampilan rumah lebih estetik.
  • Tampilannya terlihat lebih proporsional.
  • Lebih hemat dalam pemasangan bata, plester, aci, dan pengecatan jika dibandingkan dengan model desain atap pelana.

2. Kekurangan Rumah Atap Limas

Meskipun memiliki banyak kelebihan, model atap limas juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini beberapa kekurangan dari model atap rumah limas, yaitu:

  • Struktur dan konstruksi atap limas lebih rumit.
  • Proses pengerjaan model atap limas memerlukan waktu yang lama.
  • Material dalam rangka struktur lebih banyak, tetapi dapat sedikit diatasi dengan penggunaan rangka atap baja ringan.
  • Memerlukan pemakaian bumbungan genteng atau nok lebih banyak.
  • Sambungan atap tetap berisiko mengalami kebocoran karena memiliki jumlah penutup atap dan sambungan atap yang lebih banyak.

Ide Desain Rumah Atap Limas


Apakah Anda tertarik membangun rumah atap limas terbaru? Sebaiknya cari tahu dulu beberapa ide atau inspirasi rumah yang menggunakan atap limas seperti di bawah ini!


1. Rumah Atap Limas Modern






Rumah satu lantai dengan desain modern dapat dibuat dengan menggunakan model atap limas seperti desain rumah yang satu ini. Fasad rumah limas modern dapat membuat tampilan rumah terlihat lebih kekinian.

Meskipun hanya satu lantai, Anda bisa menambahkan konsep open space agar rumah terlihat lebih luas atau lapang.


2. Rumah Atap Limas Warna Cokelat





Desain rumah atap limas yang satu ini juga bisa menjadi inspirasi Anda dalam membangun rumah. Kombinasi model atap limas genteng wana hitam dipadukan degan dinding rumah berwarna cokelat menimbulkan kesan modern.

Penggunaan batuan alam pada bagian atas dan bawah dinding rumah di beberapa sisi juga membuat tampilan rumah lebih menarik.



3. Rumah Atap Limas Klasik





Tidak hanya cocok digunakan untuk rumah modern, atap limas juga sangat sesuai untuk rumah dengan desain klasik seperti gambar yang satu ini. Penggunaan aksen batu bata pada pilar rumah juga cocok dipadukan dengan desain atap limas.

Rumah pun akan terlihat klasik modern. Sangat menarik, bukan? Anda juga bisa memilih warna earth tone untuk atap limas atau bagian dinding rumah. Warna earth tone akan membuat rumah tampak lebih nyaman dan sejuk.



4. Rumah Atap Limas Bungalow





Desain rumah atap limas juga cocok diterapkan para rumah kecil berbentuk bungalow. Desain rumah seperti bungalow dapat dibangun pada tanah yang tidak terlalu besar. Meskipun demikian, penggunaan atap limas bisa membuat rumah tetap tampak estetik.




5. Rumah Atap Limas Minimalis





Apakah Anda berencana membangun rumah dengan desain minimalis? Sebaiknya gunakan juga model atap limas untuk rumah minimalis yang akan dibuat seperti desain rumah ini. Penggunaan atap limas bisa membuat rumah minimalis tampak lebih modern dan indah.

Perpaduan warna abu-abu juga tidak akan menghilangkan ciri khas tampilan rumah minimalis yang elegan. 


6. Rumah Atap Limas Mewah Dua Lantai




Selain contoh desain sebelumnya, desain rumah limas yang satu ini juga cocok jika Anda ingin membangun rumah mewah rumah dua lantai. Atap limas dapat dibuat dengan menggunakan material jenis metal, seperti besi, seng, baja, atau aluminium. Material seperti ini dapat membuat tampilan rumah terkesan lebih modern.

Penambahan jendela yang memanjang di bagian dinding depan rumah dapat membuat cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Tentu saja bagian dalam rumah akan terlihat lebih terang karena pengaturan pencahayaannya yang bagus.

Anda dapat mengambil konsep warna krem. . Padukan juga dengan dekorasi yang terbuat dari bahan batu alam agar rumah tampak lebih estetik.




7. Rumah Atap Limas Mediterania Eropa





Rumah mewah atap limas dapat dibangun dengan desain mediterania Eropa. Atap rumah limas untuk desain seperti ini memang terinspirasi dari rumah-rumah megah yang ada di Eropa, seperti Spanyol, Italia, dan Perancis.

Tampilannya yang bertumbuk merupakan kombinasi model atap rumah limas dengan atap rumah segi enam atau delapan. Rumah dengan model atap seperti ini akan menimbulkan kesan mewah, elegan, sekaligus klasik.

 
Desain rumah atap limas merupakan desain atap yang cocok digunakan bangunan-bangunan rumah di Indonesia. Desain atap seperti ini memiliki banyak kelebihan, sehingga cenderung dipilih orang untuk membangun rumah. Selain itu, atap limas juga memiliki desain yang bervariasi.

0 Response to "Minimalis Hingga Super Mewah, Ini Desain Rumah Atap Limas yang Bikin Melongo!"

Post a Comment