Job Desc Accounting Staff

Permasalahan umum yang sering kali terjadi di dalam sebuah perusahaan adalah adanya tumpang tindih beban pekerjaan. Salah satu penyebab tumpang tindihnya pekerjaan yaitu ketidakjelasan job desc yang diberikan oleh perusahaan. Nah, untuk itu kali ini kami secara khusus akan memberikan penjelasan mengenai job desc accounting staff yang sesuai dengan kompetensinya.




Siapa itu Accounting Staff?


Sebelumnya masuk ke job desc, tugas dan kewajiban terlebih dahulu kita bahas siapa sih sebenarnya staff accounting itu. 

Seorang yang bekerja sebagai accounting staff (akuntan) bertanggung jawab untuk melakukan pencatatan dan perhitungan serta medokumentasikannya dalam bentuk laporan keuangan perusahaan, termasuk laporan neraca, laporan perubahan modal, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. 

Laporan keuangan tersebut nantinya dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan sehingga akan sangat berguna dalam mengambil berbagai keputusan.
Laporan keuangan disajikan dalam bentuk tertulis agar bisa digunakan oleh pihak pemakai. Pihak tersebut terdiri dari pihak internal dan pihak eksternal perusahaan yang mungkin saja menginginkan untuk berinvestasi. Oleh karenanya, penyajian laporan keuangan harus detail, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan serta dibuktikan dengan berbagai dokumen pendukung lainnya. 

Job Desc atau Tugas Umum Accounting Staff


Bagi kamu yang ingin bekerja sebagai accounting staff, tentu harus mengetahui apa saja sih tugas  atau job desc accounting staff. Berikut ini secara umum beberapa tugas accounting staff  yaitu:
  1. Memastikan Dokumen yang Berhubungan dengan Transaksi Keuangan Lengkap dan Benar

    Begitu banyaknya transaksi yang ada di perusahaan tentu menuntut para staff accountingnya untuk memastikan dokumen yang berhubungan dengan transaksi tersebut. Dokumen tersebut bisa berasal dari pihak luar atau dari hasil output pekerjaan staff di posisi / bagian / departemen lain. Karena dokumen tersebut yang nantinya dijadikan dasar atau bahan untuk dimasukan dalam laporan keuangan, tentu sebelumnya harus dipastikan dulu kelengkapan dan keakuratannya.

  2. Input Data yang Berhubungan dengan Jurnal Akuntansi pada Sistem Keuangan (Pembukuan)

    Selain menggunakan Microsoft Excel, pengolahan data keuangan dalam sebuah perusahaan biasanya menggunakan sistem akuntansi seperti ACCURATE, MYOP, ataupun sistem akuntansi yang didevelop sendiri oleh tim IT internal perusahaan. Oleh karenanya, seorang accounting staff haruslah mempunyai kemampuan untuk mengoperasikannya.

  3. Membuat Posting Jurnal

    Sederhananya posting jurnal berarti mencatat segala transaksi yang berhubungan dengan aktivitas dan operasional perusahaan untuk kemudian memasukannya dalam buku besar. Posting dilakukan ditujukan untuk mendapatkan suatu gambaran pengaruh transaksi terhadap setiap akun aset, kewajiban, ataupun ekuitas. Jumlah saldo dari setiap akun tersebut nantinya akan diringkas untuk penyusunan neraca saldo dan laporan keuangan di akhir periode. 

  4. Membuat Laporan Keuangan

    Tentu saja tugas utama seorang accounting staff adalah membuat atau menyusun laporan keunagan. Laporan keuangan terdiri dari banyak akun yang dimana entri atau inputan akun akun tersebut biasanya dikerjakan oleh lebih dari satu orang. jadi, tak selalu menajdi staff accounting akan langsung berhubungan dengan pembuatan laporan keuangan, akan tetapi bisa menjadi bagian dari penyusunan tersebut.

    Laporan keuangan ini berisi berbagai macam informasi tentang kondisi keuagan perusahaan. Dari laporan ini lah para top managemen akan membuat berbagai keputusan penting terhadap perusahaan. Karena itu, penyusunan dan pembuatan laporan harus bisa dipertanggung jawabkan kevalidannya.

  5. File-Ing Dokumen

    Begitu banyaknya dokumen atau file yang akan berahkir di bagian/ruangan accounting tentu membuat staff accounting harus mempunyai keahlian dalam file-ing dokumen atau arsip keuangan dengan benar. Hal ini juga penting karena arsip lama tersebut kadang di perlukan kembali untuk beberapa keperluan misal untuk audit atau perpajakan.

    Baca juga: Fungsi dan Jenis-Jenis Arsip

Tanggung Jawab Accounting Staff


Bicara tentang suatu pekerjaan tentu berbicara tentang tanggung jawab dan tugas dari pekerjaan itu sendiri.
  1. Melakukan pengaturan administrasi keuangan perusahaan.
  2. Menyusun dan membuat laporan keuangan perusahaan dan laporan perpajakan perusahaan.
  3. Menyusun rencana anggaran perusahaan.
  4. Menyusun dan membuat anggaran belanja atau pengeluaran perusahaan secara periodik (bulanan dan tahunan).

Struktur Pembagian Job Desc Departemen Finance/Accounting


Di dalam ruangan accounting atau staff accounting biasanya terdiri dari beberapa orang yang memegang peranan dan jenisnya masing-masing. Ada banyak sekali pembagian posisi dalam divisi accounting ini. Berikut ini beberapa posisi jabatan yang biasanya terdapat di departemen accounting.

1. Manager Accounting

Tugas utama adalah bertanggung jawab dalam membantu perencanaan bisnis dan pengambilan keputusan yang sesuai dengan kondisi kinerja perusahaan.

2. Chief Accountant

Chief accountant adalah jabatan perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola aktivitas akuntansi dalam perusahaan.

3. Cost Accounting Staff

Tugas dari seorang cost accounting staff adalah sebagai berikut:
  • Menganalisa Fix Cost, Variable Cost, biaya overhead, dan Harga Pokok Produksi, serta efisiensi biaya jika perusahaan bergerak dalam bidang manufaktur.
  • Membuat/menyusun/menganalisa COGM (Cost of Goods Manufacturing) dan COGS (Cost of Goods Sold)
  • Melakukan proses stock opname secara berkala sesuai kebutuhan dan membuat laporannya
  • Melakukan analisa laporan costing dan memverifikasi dokumen-dokumen pendukung data persediaan dan mutasinya
4. Fakturis / Invoice Maker

Tugas:
  • Input data penjualan/sales order ke dalam sistem keuangan
  • Mencetak faktur penjualan & surat jalan dari sistem keuangan
  • Membuat Laporan Penjualan & Faktur harian dan bulanan untuk Atasan
  • Pengarsipan dokumen Faktur Penjualan

Keahlian Yang Diperlukan oleh Accounting Staff

 

Untuk segala segala jenis pekerjaan tentunya diperlukan sebuah keahlian, termasuk karyawan yang bekerja sebagai accounting staff. Berikut ini skill atau keahlian yang harus dimiliki oleh seorang accounting staff:
  1. Menguasai Microsoft Word dan Excel

    Dalam beberapa masalah atau tugas yang diberikan oleh atasan seringkali tidak selalu bisa diselesaikan dengan program atau sistem yang sudah tersedia di perusahaan. Untuk itu kita juga harus menguasai Microsoft Excel dan Word sehingga tugas apapun yang diberikan oleh atasan bisa diselesaikan dengan baik dan benar. 

  2. Mempunyai Kemampuan untuk Menganalisa Data

    Kemampuan menganalisa data sangat penting dalam penerapan kerja sebagai accounting staff. Hal ini dikarenakan di posisi accounting staff tentu akan menemui berbagai banyak persoalan, dan kemampuan menganalisa data ini tentu akan diperlukan nantinya.

  3. Mampu Bekerja Secara mandiri maupun Bekerja Dalam Tim

    Kemampuan bekerja sendiri dan dalam tim merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang pegawai, tak terkecuali untuk posisi staf accounting. Kerja sama dalam tim tak hanya untuk menyelesaikan tugas-tugas kecil, namun untuk mencapai tujuan bersama yang mana merupakan agenda besar dari tim accounting.

Perbedaan Accounting Staff Dan Finance Staff


Banyak yang bertanya-tanya apakah posisi Accounting Staff dan Finance itu adalah pekerjaan yang sama. Seorang Staf Accounting dan Finance adalah dua jenis pekerjaan yang berbeda, namun mempunyai keterkaitan yang sangat erat dan saling berhubungan satu sama lain.

Tugas finance staff lebih ke hal-hal atau aktivitas yang berhubungan dengan arus keluar masuknya uang perusahaan. Sedangkan tugas accounting staff lebih ke dalam pencatatan aktivitas yang berkenaan dengan keluar masuknya uang perusahaan tersebut, misalnya kegiatan produksi, pengiriman barang, penjualan, pembelian dan lain sebagainya.

0 Response to "Job Desc Accounting Staff"

Post a Comment