Contoh RAB Rumah Minimalis dan Lantai 2; Beserta Cara Menyusun RAB (Ms. Excel)

RAB rumah merupakan salah satu proses utama dalam suatu proyek pembangunan rumah karena merupakan dasar untuk membuat kerangka budget yang akan dikeluarkan. Saat ini Banyak masyarakat awam yang belum mengetahui tentang perencanaan anggaran biaya dalam pembuatan sebuah rumah, sehingga saat pelaksanaan pembangunan sedang berlangsung tanpa disadari uang yang dikeluarkan cukup besar. 

Oleh karena itu, kami akan membahas apa itu RAB rumah agar memberikan kemudahan kepada masyarakat ataupun perusahaan developer rumah/kontraktor perumahan dalam menghitung RAB rumah tinggal, meminimalisir pemborosan biaya dalam pembangunan rumah, menyajikan informasi desain rumah minimalis dan rumah berlantai 2 yang lengkap dengan RAB serta agar kamu bisa menganalisis biaya pekerjaan rumah minimalis dan rumah berlantai 2 berdasarkan jumlah uang yang dimiliki.



Perencanaan anggaran biaya pembuatan rumah sebagai salah satu langkah awal yang mutlak dibutuhkan agar proyek pembangunan rumah yang akan dibangun tidak boros dan sesuai dengan dana yang tersedia. 

Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dibutuhkan untuk suatu bangunan rumah yang identik tidaklah selalu sama nilai besarannya. Hal ini dikarenakan oleh perbedaan harga bahan material konstruksi ataupun upah pekerja antara kota satu dengan kota yang lainnya memiliki harga yang berbeda, belum waktu pelaksanaan pekerjaan yang berbeda pula, meskipun sama-sama menggunakan rumus analisis biaya yang sama lho. 

Sebagai ilustrasi, RAB rumah berlantai 2 type 60, dengan menggunakan rumus-rumus analisis yang sama, RAB untuk pembuatan rumah di kota Bandung akan lebih mahal dibandingan dengan RAB di wilayah Banyuwangi.

Tujuan Pembuatan RAB Rumah


Tujuan dan manfaat pembuatan RAB rumah secara umum adalah sebagai berikut :
  1. RAB digunakan oleh kontraktor perumahan untuk melakukan perjanjian kontrak dengan sub kontraktor atau pemborong/vendor;
  2. Sebagai acuan untuk negosiasi harga antara general kontraktor perumahan dengan mandor atau sub kontraktor;
  3. Untuk mengetahui perkiraan keuntungan atau kerugian yang akan dialami oleh kontraktor perumahan jika menggunakan suatu metode kerja;
  4. Untuk membuat Kurva S;
  5. RAB digunakan sebagai dasar untuk membuat jadwal distribusi bahan material dan tenaga kerja ke lokasi pekerjaan;
  6. RAB digunakan sebagai bahan laporan proyek pekerjaan kepada perusahaan;
  7. RAB digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan langkah manejemen terbaik bagi perusahaan developer perumahan;

Cara Perhitungan dan Penyusunan RAB Rumah


Menyusun RAB rumah merupakan langkah awal dalam proses pembangunan suatu rumah, sehingga harus dilakukan dengan teliti dan cermat agar diperoleh biaya bangunan yang efisien. 

Dengan RAB tersebut, kamu dapat mengukur kemampuan materi dan mengetahui jenis-jenis bahan material konstruksi yang dibutuhkan dalam proses pembangunan, sehingga biaya yang kamu keluarkan lebih terarah dan sesuai dengan yang telah direncanakan.

Secara umum cara yang digunakan untuk perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) adalah sebagai berikut :
  1. Melihat gambar rencana;
  2. Mengumpulkan data tentang jenis bahan material konstruksi;
  3. Menghitung volume dari gambar rencana;
  4. Analisa harga upah & bahan yang berlaku di daerah lokasi proyek dan atau upah pada umumnya, jika pekerja didatangkan dari luar daerah lokasi proyek;
  5. Melakukan perhitungan harga satuan pekerjaan dengan menggunakan hasil analisa satuan pekerjaan;
  6. Mengalikan volume dengan harga satuan;
  7. Melakukan rekapitulasi RAB rumah yang telah disusun sehingga didapatkan total biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan rumah.

Dalam menghitung anggaran biaya sebelum melakukan pembangunan rumah, maka perlu dilakukan pengolahan data agar menghasilkan suatu nilai berupa informasi yang digunakan sebagai perhitungan untuk perencanaan anggaran biaya dalam membangun rumah. 

Dalam menyeleseikan masalah tersebut maka dapat dipecahkan menggunakan perhitungan ukuran satuan pekerjaan dengan pekerjaan dari setiap m, m2, dan m3 dimana dalam ukuran satuan pekerjaan ini diuraikan harga upah tenaga kerja setiap pekerjaan dan bahan material.
Untuk mendapatkan file RAB Pembangunan Rumah Minimalis, RAB rumah dengan bahan bangunan bata merah, RAB rumah dengan bahan bangunan bata hebel (bata ringan), dan RAB rumah dua lantai, silahkan kirimkan ke email indonesia.pengadaan@gmail.com. Kami akan mengirimkan bentuk RAB rumah dalam format Ms. Excel.

5 Responses to "Contoh RAB Rumah Minimalis dan Lantai 2; Beserta Cara Menyusun RAB (Ms. Excel)"

  1. Contoh RAB Rumah Minimalis dan Lantai 2; Beserta Cara Menyusun RAB (Ms. Excel)"

    ReplyDelete
  2. Mohon dibantu untuk menghitung Rab lantai 2 dengan luas 109 M2

    ReplyDelete