7 Rekomendasi Pintu Kamar Mandi yang Bagus dan Awet

Kamar mandi merupakan tempat privat selain kamar tidur. Oleh karenanya, ruang kamar mandi harus dilengkapi dengan pintu yang bagus dan awet.

Pernahkah kamu melihat atau mungkin mengalami, mandi di tempat umum, kemudian ada yang sedang antri dan mencoba untuk mengetok pintu kamar mandi namun malah pintunya terbuka? Hal tersebut bisa disebabkan pintu kamar mandi berkualitas jelek dan tidak awet. Atau memang pintu kamar mandi tersebut sudah berumur.

Ada beragam pilihan bahan untuk pintu kamar mandi yang bagus dan awet. Sebagai contohnya, kamu bisa menggunakan material kayu, galvalum, ACP, dan aluminium.





Penyebab Pintu Kamar Mandi Cepat Rusak


Kamar mandi merupakan tempat yang lembap. Tak jarang elemen-elemen bangunan yang berada di ruang ini cenderung cepat mengalami kerusakan. Salah satunya adalah bagian pintu yang sering terkena percikan air saat penghuni ataupun tamu menggunakan kamar mandi untuk bebersih badan ataupun sekedar buang air kecil (BAK).

Untuk itu, kamu harus pintar memilah bahan material pintu kamar mandi yang tahan air yang akan dipasang. Jika kamu salah memilih, pintu lebih cepat rusak dan kamu harus mengganti atau memperbaikinya yang tentu saja harus mengeluarkan biaya.

Untuk menghindari hal yang demikian, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pintu kamar mandi yang bagus dan awet seperti beberapa rekomendasi berikut ini.


7 Rekomendasi Material Pintu Kamar Mandi yang Bagus dan Awet 


Sederetan material jenis pintu kamar mandi berikut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Ukuran pintu kamar mandi ini juga beragam, namun ada yang sudah buatan pabrik dengan ukuran kusen pintu standar yang siap dipasang. 


1. Pintu kamar mandi yang bagus dan awet dari kayu



Material kayu memang lebih rentan terhadap air, namun karena teksturnya yang bagus dan kuat bagi sebagian orang lebih memilih pintu kamar mandi dari kayu. Percikan air yang mengenai pintu kayu tersebut menyebabkan pintu menjadi lembap yang berangsur-angsur lapuk dan kemudian hancur.

Bagian pintu yang rusak biasanya terletak pada bagian bawah. Oleh karenanya, seperti pada gambar di atas, sebaiknya pasanglah pintu kamar mandi jenis ini berada jauh dari area basah atau cipratan air.

Atau jika ingin lebih aman, gunakanlah bathtub dan juga shower yang keduanya tidak akan membuat air berceceran hingga jauh.

Harga pintu ini bervariasi tergantung dengan jenis kayu yang digunakan. Jika ingin awet dan bagus, pilihlah kayu jati.


2. Pintu kamar mandi yang bagus dan awet dari aluminium


Selain kayu, kamu dapat memilih pintu kamar mandi dari alumunium. Jenis pintu ini tahan terhadap air dan juga korosi. Karena menyatu dengan kusen, pintu aluminium ini cukup efektif saat proses pemasangannya.

Jenis pintu kamar mandi aluminium akan lebih awet ketika kamu rajin membersihkannya. Cara membersihkannya pun tidaklah terlalu sulit, yaitu cukup dibersihkan dengan sabun pembersih kamar mandi, lalu disemprot dengan air.

Sayangnya jenis pintu ini memiliki engsel yang mudah sekali copot dan mudah penyok. Pastikan saat pemasangan, kencangkan dengan sempurna pada bagian engsel yang ada. Jika suatu saat dirasa akan copot, lakukan pengencangan kembali. 

Harga pintu kamar mandi aluminium terbaru di pasaran juga cukup bervariasi tergantung dari mereknya. Namun, secara garis besar pintu ini memiliki harga direntang Rp600.000,00 sampai Rp1900.000,00.

3. Pintu kamar mandi kaca buram atau es (frosted glass)


Pintu kamar mandi yang bagus dan awet berikutnya adalah yang terbuat dari kaca buram es. Kaca yang digunakan biasanya berupa kaca non tempered. Sedangkan bagian frame atau bingkainya terbuat dari bahan aluminium.

Desain pintu yang minimalis ini sangat pas ketika digunakan untuk beragam desain kamar mandi. Agar lebih aman, kamu bisa memilih jenis kaca tempered. Untuk harga pintu kamar mandi kaca cukup beragam tergantung jenis kaca dan pinggiran kaca yang digunakan. 

Harga yang dipatok untuk jenis pintu kamar mandi ini berkisar dua jutaan. Sementara itu jenis kaca lain seperti kaca polos, sandblast ataupun motif memiliki kekuatan yang sama dengan pintu jenis kaca frosted glas ini.

4. Pintu kamar mandi galvalum


Desainnya yang menarik membuat jenis pintu ini patut dinobatkan sebagai pintu kamar mandi yang bagus dan awet. Saat ini jenis pintu galvalum banyak dipilih dan menjadi trend desain kamar mandi. 

Namun dari segi keawetannya, pintu kamar mandi galvalum berada dii bawah pintu kamar mandi kaca aluminium.


5. Pintu Kamar Mandi dari ACP




Pintu ACP atau Aluminum Composite Panel merupakan pintu yang terbuat dari panel bahan plastik kaku yang kemudian dilapisi dengan plat aluminium. Produk pintu ACP kamar mandi ini memiliki warna yang beragam yang siap memperindah kamar mandimu.

Seperti halnya pintu kamar mandi PVC, pintu ACP ini dibutuhkan 2 lembar ACP yang ditempelkan satu sama lain tiap pintu.

Kecuali kamu memiliki kamar mandi kering, ada bagian untuk mandi yang bisa ditutupi tirai mandi.


6. Pintu Kamar Mandi yang Bagus dan Awet Material uPVC




Material uPVC atau Unplasticized Poly Vinyl Chloride adalah inovasi dan juga pengembangan dari PVC. Nampak seperti PVC, namun memiliki beberapa kelebihan, yaitu lebih kuat dan keras, tahan cuaca, tahan air, tahan karat, dan tidak mudah mengembang ataupun menyusut. 

Harga pintu kamar mandi uPVC ini lebih mahal dibandingkan PVC, yaitu berkisar 800 ribu sampai 2,5 jutaan.


7. Pintu kamar mandi PVC




Pintu kamar mandi PVC merupakan pintu kamar mandi sejuta umat. Banyak sekali masyarakat yang memilih untuk menggunakan jenis pintu kamar mandi yang satu ini. Alasannya murah. Mulai dari Rp250.000 hingga Rp350.000, kamu sudah mendapatkan satu set lengkap kusen dan juga daun pintu yang memiliki tampilan menarik dan bagus.

Beratnya yang ringan membuat proses pemasangan pintu kamar mandi PVC ini terbilang mudah dan gampang. Perawatannya juga mudah, yaitu hanya perlu dilap menggunakan kain atau kanebo untuk membersihkannya.


Memilih pintu kamar mandi yang bagus dan awet itu memang tidaklah mudah. Sebagian orang masih bingung, jenis pintu kamar mandi seperti apa yang sebaiknya dipilih. Semoga dengan penjelasan di atas membuka terang pikiranmu untuk memilih jenis materail pintu kamar mandi yang tepat dan awet sehingga tidak perlu sering-sering memperbaikinya.

0 Response to "7 Rekomendasi Pintu Kamar Mandi yang Bagus dan Awet"

Posting Komentar