Yuk Ketahui Ukuran Kusen Aluminium Agar Tak Salah Pilih!

Pintu dan jendela tidak bisa dipasang tanpa adanya kusen. Banyak jenis material kusen yang bisa dipilih, aluminium misalnya, yang kini semakin populer banyak digunakan pada rumah-rumah minimalis. Ukuran kusen aluminium juga perlu diperhatikan agar tampilan bangunan nampak proposional.

Tidak hanya digunakan untuk pintu dan jendela rumah, terkadang kusen aluminium ini juga banyak ditemukan pada bangunan-bangunan lain seperti warehouse atau gudang, pabrik, gedung perkantoran, show room, dan jenis bangunan lainnya.

Meningkatnya jumlah peminat konsumen yang memilih untuk menggunakan kusen aluminium baik untuk  pintu utama, pintu garasi, pintu kamar tidur hingga pintu kamar mandi, mendorong produsen kusen alumunium terus mengembangkan produk yang mereka hasilkan. Produsen tersebut mulai memperhatikan desain, warna, ukuran, dan juga kualitasnya.





Keunggulan Kusen Aluminium


Kusen alumunium memiliki banyak keunggulan. Beberapa diantaranya adalah:

  • Tahan rayap;
  • Tahan terhadap api;
  • Awet sehingga dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang;
  • Proses pemasangan yang mudah; 
  • Terlihat lebih rapi dan cantik; dan
  • Harga kusen aluminium yang lebih terjangkau.

Meskipun mempunyai banyak kelebihan, kamu tetap harus memperhatikan beberapa hal, seperti motif, model, warna dan ukuran kusen aluminium itu sendiri. Sebaiknya sesuaikan dengan gaya desain bangunan yang akan diusung.





Ukuran Kusen Aluminium


Terdapat dua jenis ukuran kusen aluminium yang bisa ditemukan di pasaran, yaitu:

1. Ukuran kusen aluminium 3 inch


Profil kusen aluminium alexindo 3 inci memiliki ukuran 7,6 cm x 3,8 cm, sedangkan untuk panjanganya standar dari pabrik adalah 6 meter. Ukuran kusen aluminium 3 inchi tersebut berlaku untuk semua merk, kecuali Ykk.

Adapun untuk ukuran kusen aluminium Ykk 3 inchi sedikit lebih kecil yaitu 7 cm x 3,5 cm.


2. Ukuran kusen aluminium 4 inch

Ukuran kusen aluminium Ykk 4 inch adalah 10 cm x 4 cm. 

Kedua ukuran kusen aluminium di atas merupakan ukuran yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia baik untuk pemasangan kusen pintu ataupun jendela. Sedangkan untuk ukuran ketebalan kusen aluminium yang memenuhi stkamur yaitu sekitar 1 mm sampai 1,15 mm.


Pilihan Merk Kusen Aluminium


Ada berbagai merk kusen aluminium yang bisa kamu temukan. Berikut beberapa merk kusen aluminium dari yang paling murah sampai dengan harga yang sesuai dengan kualitasnya:
  • Dacon, kusen aluminium yang memiliki kualitas lumayan sebanding dengan harganya yang terjangkau.
  • Hp Metal, kualitas di atas Dacon dengan harga lebih mahal sedikit.
  • Alexindo, merk kusen aluminium yang cukup familiar karena harganya yang tidak terlalu mahal akan tetapi kualitasnya sudah baik.
  • Superex, kusen aluminium yang biasanya dipasang pada bangunan perkantoran.
  • Ykk, kusen yang banyak digunakan pada rumah minimalis modern.

Warna Kusen Aluminium yang Bisa Kamu Pilih


Untuk warna kusen aluminium sendiri yaitu adalah silver yang mengkilap, silver dop atau gelap, coklat mengkilap, dan coklat dop.
  • Ca/Silver, yang merupakan warna dasar dari alumunium
  • Motif serat kayu, yaitu warna dengan kesan alami yang tersedia dengan berbagai pilihan mulai urat kayu jati, ebony dan akasia.

Jika kamu menginginkan warna seperti coklat, hitam dan putih, kamu dapat mengecatnya sendiri mengunakan cat powder coating dan anodize.


Nah, itulah beberapa ukuran kusen aluminium dengan merknya yang mulai dari termurah sampai termahal. Pilihlah kusen aluminium yang sesuai dengan keserasian warna ruangan lainnya secara keseluruhan.

0 Response to "Yuk Ketahui Ukuran Kusen Aluminium Agar Tak Salah Pilih!"

Posting Komentar