9 Komponen Kompor Gas Portable

Kompor gas sudah lama menggeser keberadaan kompor minyak. Meskipun kini sudah dikenalkan kompor listrik, kompor gas tetap menjadi idaman masyarakat karena cocok dengan aktivitas memasak masakan Indonesia. Lalu, apa saja sebenarnya komponen kompor gas itu yang membuat tidak tergantikan di hati masyarakat?

Kompor gas memang cocok baik untuk mendukung aktivitas rumah tangga maupun industri rumahan atau UMKM. Saat ini juga sudah banyak berbagai merk dengan tipe yang beragam yang bisa dipilih oleh konsumen. Dari mulai yang hanya digunakan untuk memasak/menggoreng hingga bakar/memanggang (grilled).

Sebelum membeli kompor gas sebaiknya ketahui dahulu bagian atau komponen-komponennya. Sehingga Anda akan lebih mudah ketika ingin membersihkannya. Tidak perlu khawatir ketika ingin bongkar-pasang. 




Jenis Kompor Gas


Sebagaimana namanya, kompor gas menggunakan gas sebagai bahan bakarnya. Saat ini kompor gas dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:


1. Kompor gas portable 

Kompor gas portable adalah jenis kompor gas yang seluruh perlengkapannya dapat dipindah-pindah dengan mudah. Terdapat dua jenis, yaitu portable dengan tabung gas kaleng/gas butane dan tabung gas 3Kg atau 12Kg.

2. Kompor gas tanam 

Kompor gas tanam adalah jenis kompor gas yang ditanam pada meja dapur sehingga tidak bisa dipindah-pindah sesuka hati.

Baca juga: Ide Model Meja Island yang Menarik


Komponen Kompor Gas



Secara umum komponen dari kompor gas terdiri dari berikut ini:


1. Body Kompor


Jika dilihat dari gambar di atas mungkin Anda merasa bingung manakah yang termasuk body kompor. Komponen kompor gas ini merupakan panel plat yang menyelimuti seluruh area kompor yang terdiri dari Front Panel atau bagian depan kompor dan Top Plate atau bagian atas kompor. 


2. Pan Support


Adalah komponen kompor gas yang difungsikan sebagai dudukan penyangga pada tungku sehingga alat/wadah memasak dapat berdiri stabil di atasnya. 

Biasanya jenis kompor gas memiliki dua pilihan pan support, yaitu tipe 4 kaki dan 6 kaki. Pilihlah pan support yang dilengkapi dengan anti slip (bergerigi) sehinhga wadah yang diletakkan di atasnya tidak mudah bergerak ketika Anda sedang memasak.


3. Simmer Flame atau Simmer Burner


Ini merupakan komponen kompor gas berupa tungku kecil dengan api lilin yang berfungsi sebagai penghangat makanan.

Pada bagian ini berbentuk bulat dimana pasa sisi-sisinya terdapat lubang-lubang kecil untuk keluarnya api.


4. Burner


Burner adalah komponen kompor gas yang menjadi tempat bertemunya gas dan oksigen sehingga menghasilkan nyala api.


Bagian burner ini terdiri dari dua bagian penting, yaitu:

  • Burner Head, yaitu tutup tungku bagian atas yang menjadi tempat keluarnya api
  • Burner Body SUS, yaitu bagian cerobong pada tungku tempat bercampurnya gas dan udara.


5. Knob


Adalah komponen kompor gas berupa alat pemutar pemantik yang berfungsi untuk menyalakan/mematikan api. Bagian kompor ini terletak di depan body kompor (front panel). 

Terbuat dari bahan plastik ABS yang dilengkapi dengan pengaman ‘child lock safety’ membuat elemen ini aman saat digunakan. Child lock safety ini mampu menghindarkan kebocoran gas karena gas tidak akan keluar jika knob tidak ditekan dan diputar.


6. Katup Gas



Setiap kompor gas memiliki komponen yang satu ini. Katup gas berada di dalam body kompor sehingga tidak terlihat dari luar. Fungsi katup gas adalah mengatur dan mengarahkan aliran fluida, dalam hal ini gas.


6. Regulator


Regulator adalah komponen kompor gas yang dipasang sebagai penutup tabung gas atau penyambung gas pada kompor. Fungsi lainnya adalah untuk mengatur kestabilan tekanan yang keluar dari tabung gas ke katup kompor gas. 


7. Rubber Leg


Adalah kompenen kompor gas yang terbuat dari karet bahan PVC dan digunakan sebagai kaki kompor. Rubber leg ini nantinya menempel pada lantai keramik atau alas lainnya. 

Sebagai penyangga body kompor, adanya rubber leg ini membuat body kompor tidak mudah bergerak/bergesar sehingga lebih stabil.


8. Grilling Pan

Tidak semua jenis kompor gas dilengkapi dengan komponen yang satu ini. Komponen grilling pan ini memiliki fungsi untuk memanggang masakan. Khusus untuk kompor gas merk Rinnai yang memiliki fasilitas ini adalah Rinnai tipe RI-514A, RI-514E, RI-524A dan RI-524E.


9. Timer


Seperti halnya grilling pan, komponen kompor gas yang satu ini hanya dimiliki oleh merk dan tipe tertentu. Sebagai contohnya, Rinnai RI-522AT. Timer pada kompor gas ini memiliki fungsi sebagai pengingat waktu ketika Anda sedang memasak. Anda bisa mengatur waktu untuk menjadikan aktivitas memasak yang lebih aman dan nyaman.


Itulah ulasan mengenai komponen-komponen dari kompor gas. Seiring dengan waktu pemakaiannya, kompor gas tentu saja bisa saja akan mengalami keausan atau rusak. Tak hanya rusak disebabkan waktu, kompor ini juga bisa rusak karena kesalahan pemakaian penggunanya.

Jika ditemukan komponen yang rusak, sebaiknya segara diganti dengan yang baru aga bisa digunakan secara normal. Oleh karenanya, sangat penting mengetahui nama-nama komponen kompor gas, sehingga ketika Anda ingin membeli tak bingung lagi menyebut namanya.

0 Response to "9 Komponen Kompor Gas Portable"

Post a Comment