√ Ukuran dan 16 Ide Desain Jendela Ruang Tamu

Jendela ruang tamu memang dibutuhkan keberadaannya. Hal tak lain karena alasan jenis jendela ini dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan ruang tamu. Keberadaan jendela di ruang tamu berfungsi layaknya seperti umumnya jendela, yaitu sebagai ventilasi udara. Namun, di sisi lain jendela ini juga difungsikan untuk menampilkan fasad bangunan agar tampak indah.

Memilih model jendela ruang tamu yang indah bisa dibilang sebuah keharusan di zaman sekarang ini. Selain itu, penghuni juga perlu menentukan lokasi penempatan jendela beserta ukurannya.



Ketentuan Ukuran Jendela Ruang Tamu yang Ideal


Umumnya rumah saat ini tidak memiliki space yang cukup untuk area samping kanan dan samping kiri dari sebuah rumah. Oleh karenanya, jendela yang bisa dimaksimalkan adalah bagian depan, yaitu bagian ruag tamu.

Mau tak mau kondisi tersebut harus membuat jendela ruang tamu ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan jendela di ruangan lainnya. Tujuannya tak lain agar bagian dalam rumah mendapatkan pencahayaan dari sinar matahari yang cukup. Dengan begitu, orang-orang yang berada di dalam ruang tamu tidak merasa sumpek. 

Nah, selengkapnya untuk ketentuan jenis dan ukuran jendela ruang tamu yang ideal adalah:

  1. Memiliki ukuran 60x110 cm atau 70x150 cm (jendela single daun) dan 120x100 atau 150x150 cm (jendela double daun), atau dapat disesuaikan menurut luas ruang tamutersebut.
  2. Tidak harus membuat jendela buka semua, bisa dikombinasikan dengan kaca mati.
  3. Ukuran tinggi jendela ruang tamu sebaiknya mengikuti dengan tinggi pintu utama agar tampak harmonis dan ideal.


16 Ide Desain Jendela Ruang Tamu


Nah, untuk memudahkan menemukan jenis jendela ruang tamu yang mungkin pas dengan hati Anda, berikut kami sajikan 16 ide desain jendela ruang tamu terkini yang mampu memperindah fasad rumah Anda.


1. Jendela Ruang Tamu Full Kaca Patri Warna Warni



Konsep rumah Anda ingin lebih privasi? Maka kaca patri untuk jendela ruang tamu bisa Anda pilih. Anda bisa mencoba untuk membuat jendela kaca patri berukuran besar dan penuh di ruang tamu Anda. Gunakan kaca patri berwarna gelap dan juga dipadukan dengan kaca tekstur lain supaya terlihat menawan dari dalam maupun luar.

Ketika mendapatkan pencahayaan dari luar, kaca patri ini akan memberikan efek warna-warni yang menghiasi ruang indoor.

2. Jendela Ruang Tamu Buka Tutup pada Dinding Samping



Jika samping kanan dan kiri rumah Anda masih memiliki space, artinya tidak ada bangunan lain, maka saatnya Anda bisa meletakkan jendela di dinding yang mengarah ke samping rumah. Pakailah jendela yang memiliki pintu buka-tutup sehingg udara sejuk dari luar bisa masuk.

Anda bisa menggunakan jendela sederhana dua daun ataupun satu daun.

3. Jendela Ruang Tamu dengan Tirai Penutup



Penggunaan tirai sebagai penutup jendela ini memberikan nuansa rumah tradisional Jepang. Apalagi, tirai yang digunakan adalah tirai bambu. Tirai ini dipilih karena ukuran jendelanya yang lebar. 

Meskipun ruang tamu ini cukup minimalis, bahkan juga difungsikan sebagai ruang keluarga, namun tetap bisa cantik dengan ukuran jendela yang lebar. 

Pemilihan jendela yang cocok untuk kondisi seperti ini adalah dengan memilih jendela kaca tanpa tiang tengah. Tanpa adanya tiang tengah, orang yang berada di dalam ruangan bisa melihat pemandangan di luar lebih luas tanpa terhalang tiang.


4. Jendela Ruang Tamu Sudut Minimalis



Untuk hunian yang minimalis tentu pemiliknya harus memperhatikan tiap detil sudut ruangan. Termasuk, masalah jendela ruang tamu ini. 

Kondisinya dengan luas ruangan yang terbatas, maka penggunaan jendela sudut berukuran kecil bisa menjadi pilihan. Yang terpenting dalam kondisi seperti adalah terdapat akses cahaya dan udara yang masuk ke dalam ruangan. Namun jika ruangan lebih luas, Anda bisa menggunakan jendela yang lebih lebar yang bisa dikreasikan sesuai selera.


5. Jendela Model French Window




Ide desain jendela ruang tamu berikutnya adalah jendela model french window.Jendela ini cocok untuk Anda ingin mengusung konsep rumah bergaya vintage. Meskipun bergaya vintage, model jendela ini tetap bisa diterapkan pada rumah klasik mewah.


6. Jendela Ruang Tamu Model Lengkung Bagian Atas atau Arch Window



Desain jendela ruang tamu berikutnya masih ke dalam jenis french window, namun memiliki model lengkung di bagian atasnya. Jenis jendela ini dikenal dengan arched window. Jendela ini memiliki ukuran yang besar dan tinggi sehingga mampu memberikan nuansa megah dan mewah pada ruang tamu. 

Kusen jendela ini bisa terbuat dari kayu, aluminiium ataupun stainless steel. Jendela arched window ini sering dipakai untuk rumah klasik modern.

7. Jendela Ruang Tamu Klasik dengan Jendela Kayu


Jendela kayu bisa menjadi solusi untuk desain rumah klasik. Model jendela yang bergaya Eropa kuno ini tampak menarik dengan perpanduan dinding unfinished. 

Anda dapat memilih cat berwarna gelap seperti coklat agar ruangan nampak lebih berwarna.


8. Jendela Ruang Tamu Sederhana Dengan Gorden




Fungsi gorden adalah untuk menghalangi sinar matahari agar tidak tembus masuk ke dalam rumah. Selain itu, gorden juga berguna untuk menjaga privasi orang yang sedang di dalam ruangan tersebut.

Sebelum membeli gorden jendela sebaiknya sesuaikan dahulu modelnya dengan jenis jendelanya agar tampilannya nanti harmonis dan serasi.


9. Jendela Ruang Tamu Geser (Sliding) untuk Hemat Ruang



Untuk area lahan yang terbatas, Anda bisa memilih untuk menggunakan model jendela geser atau sliding. Dengan memakai jendela geser, Anda bisa lebih hemat ruangan dan bisa menaruh barang di depan jendela karena jendela tidak didesain buka tutup samping. Sebagai contoh, Anda bisa meletakkan kursi atau pot tanaman bunga di depan jendela ini.


10. Model Jendela Busur / Bow Window



Desain jendela ruang tamu berikutnya adalah model busur atau melengkung yang biasa dikenal dengan bow windows. Bentuk jendela ini sangatlah unik dan harus didesain sesuai dengan perencanaan dinding rumah. Pada bagian lengkungannya, Anda bisa membuat dudukan pada area tersebut.


11. Jendela Ruang Tamu Curtain Wall Nuansa Putih



Memilih jendela warna putih dengan plafon yang tinggi sangat cocok dan jadi pilihan yang bagus untuk menampakkan ruang tamu tersebut nyaman. Konsep warna putih yang diusung tersebut membuat tampilan lebih elegan dan tidak terlalu mencolok.


12. Jendela Ruang Tamu Warna Hitam




Selain warna putih, Anda bisa mendesain jendela ruang tamu dengan variasi warna hitam. Jendela ini memiliki daya tarik sendiri karena kesannya kuat dengan bingkai modern artistik. Ornamen kotak-kotak pada duan jendela menambah mewah ketika tirai atau gorden dibuka.

13. Jendela Ruang Tamu Model Teluk (Bay Windows)



Jendela ruang tamu berikutnya adalah model teluk atau bay windows yang menjorok keluar. Posisi jendela ini mirip dengan bow windows namun lebih luas dan lebar.

Karena dinding didesain tidak lurus/tidak rata, maka pembuatan jendela ini harus diperhatikan ketika perencanaan proyek baru akan disusun.

Selain bentuknya yang bagus, area yang menjorok tersebut dapat diletakkan kursi atau sofa sehingga Anda dapat bersantai sambil melihat pemandangan di luar ruangan.


14. Jendela Ruan -Tamu dengan Desain Cavement Window Minimalis




Desain ide jendela ruang tamu berikutnya adalah jendela casement. Karena memiliki engsel pada bagian samping membuat jendela ini terlihat elegan baik dari luat maupu dalam ruangan.

Selain itu kelebihan jendela casement adalah mempunyai sirkulasi udara yang sangat maksimal. Saat ditutup pun tampilan jendela ini sangatlah mewah.


15. Jendela Ruag Tamu degan Penutup Kaca Mati Berukuran Tinggi dan Besar


Model berikutnya adalah jendela ruang tamu dengan ukuran besar layaknya curtain wall di gedung perkantoran. Jendela di atas termasuk jendela kaca mati yang tidak bisa dibuka-tutup. 

Jendela ini cocok untuk rumah yang memiliki pemandangan atau view yang bagus di area halamannya. Dengan model ini, orang yang berada di ruang tamu dapat melihat pemandangan taman di luar yang menambah kenyamanan dan juga kesejukan di dalam ruangan.

Jendela ini akan tampil menawan ketika bangunan rumah tersebut mempunyai plafon atau langit-langit  yang tinggi.


16. Jendela Ruang Tamu Lebar dengan Gorden




Jika ruang tamu Anda cukup lebar, maka jendela yang dibuat bisa menyesuiaknnya. Dengan jendela yang lebar pula, Anda bisa lebih leluasa melihat pemandangan di luar sana. Jangan lupa untuk memasag gorden yang berwarna sesuai dengan tema ruang tamu Anda. Jika ingin suasana yang cerah, Anda bisa menggunakan gorden warna krem atau putih dengan hiasan renda-rendanya.

Itulah ulasan mengenai ukuran jendela ruang tamu dan ide desainnya. Membuat ruang tamu yang nyaman memanglah tidak cukup dengan hanya megecat dinding dengan warna-warna yang menyejukkan, namun juga perlu memilih desain jendela ruangan yang elegan, enak dipandang, dan membuat sirkulasi udara lancar. Semoga beberapa ide di atas bisa menjadi solusi agar ruang tamu Anda memiliki udara yang sejuk dan juga tampilannya pun mengagumkan.

0 Response to "√ Ukuran dan 16 Ide Desain Jendela Ruang Tamu"

Post a Comment