10 Ide Desain Cat Dinding Corak Geometri Dan Cara Membuatnya

Secara umum pengecatan dinding dilakukan secara merata dengan pola dan warna yang sama. Namun, bagaimana jika menciptakan motif cat dinding corak geometri? Apakah akan menampilkaan kesan dinding yang menarik?

Pola geometri untuk cat dinding ini tentu akan membuat perpaduan beberapa warna yang mampu memberikan kesan berbeda pada sebuah ruangan. Apalagi jika Anda menemukan kombinasi pilihan warna cat yang sesuai. Pastinya mampu memberikan hasil tampilan ruangan yang banyak disukai oleh penghuni rumah. 





10 Ide Desain Cat Dinding Corak Geometri


Dulu cat dinding umumnya dipilih satu warna, namun kini tren yang semakin dinikmati oleh masyarakat adalah cat dinding motif geometri dengan pilihan lebih dari satu warna.

Dengan cat dinding corak geometri yang satu ini akan mampu membuat ruangan terkesan unik dan berbeda. Ada berbagai varian bentuk geometri, mulai dari pola garis tak beraturan, pola garis seperti gugusan bintang, bentuk bangun datar seperti persegi, persegi panjang, lingkaran, segitiga, trapesium dan limas.

Apabila merasa bossan dengan cat dinding yang monoton, pola cat dinding corak geometri adalah pilihan tepat. Nah, supaya nggak bertanya-tanya tentang kombinasi warna cat apa yang cocok untuk dinding corak geometri, beriku Anda bisa cek selengkapnya pada penjelasan di bawah:


1. Hitam dan Putih


Salah satu warna yang banyak diaplikasikan untuk dekorasi dinding ruangan adalah monokrom. Pilihan warna hitam dan putih tersebut juga bisa dibuat untuk corak dinding geometri. 

Anda bisa memilih untuk mengaplikasikan warna hitam yang mendominasi dan putih untuk garis sehingga membuat ruangan nampak lebih hidup. Warna monokrom ini cocok untuk diterapkan pada dinding kamar tidur dan juga ruang tamu.

2. Perpaduan 3 Warna




Anda bisa memilih pola dinding geometri dengan 3 warna sekaligus. Sebagai contohnya, warna abu-abu, putih, dan hijau teal. Perpaduan 3 warna untuk corak geometri mungkin cukuo sulit diaplikasikan. Namun, hasilnya akan sangat memuaskan dan nampak estetik lho. 

Pilihan ketiga warna di atas cocok untuk diterapkan pada ruangan perpustakaan mini di rumah dan juga area ruang tamu.


3. Pink




Rekomendasi pilihan warna cat dinding corak geometri berikutnya yaitu pink dan hitam. Pilhan dua warna tersebut memberikan kesan yang berbeda dengan warna pink sebagai background dan warna hitam berupa pola garis-garis sehingga membentuk seperti bangun 3 dimensi.

Bahkan Anda tidak hanya bisa mengaplikasika corak geometri untuk ruangan di rumah. Namun bisa diaplikasikan juga pada toko, seperti toko baju dan toko boneka.


4. Hijau Tua, Emas, dan Monokrom




Pola warna corak geometri pada dinding berikutnya yang bisa Anda pilih adalah hijau tua, emas, dan monokrom. Keempat macam warna tersebut berpadu untuk membuat ruangan tampak lebih mewah dan elegan.

Warna hijau tua berbalut warna emas ini cocok untuk menghiasi ruang tamu atau ruang keluarga. Kesan menarik akan terpancar ketika Anda berhasil menemukan furniture, sofa, dan meja yang memiliki warna senada.


5. Corak Geometri Perpaduan Warna Biru, Kuning, dan Abu-Abu




Cat dinding corak geometri berikutnya yang bisa jadi pilihan adalah perpaduan warna biru, kuning, dan abu-abu.

Warna kuning yang segar, digabungkan dengan abu-abu yang yang sedikit pudar membuat ruangan akan nampak segar dan trendy. Apalagi ketika ditambah dengan warna biru yang membuat dinding semakin penuh warna.

6. Cat Dinding Corak Geometri Warna Kuning, Abu-Abu dan Hitam




Kombinasi warna kuning gelap, abu-abu, dan hitam juga sangat cocok untuk corak geometri pada dinding. Perpaduan warna ini membuat ruangan terlihat lebih kalem meskipun menampilkan warna hitam di dalamnya.

Anda bisa menggunakan corak geometri ini pada sudut-sudut dinding tertentu, misalnya ruangan bawah tangga, dapur, atau salah satu dinding di kamar. Perpaduan ketiga warna ini akan semakin menarik ketika Anda menambahkan aksesoris atau furnitur berwarna putih. 


7. Corak Geometri Segitiga dan Trapesium






Selain menggunakan corak geometri dengan pola-pola garis dan juga bentuk-bentuk yang tidak beraturan, Anda bisa menggunakan pola geometri sederhana dari segitiga dan trapesium. Pola-pola segitiga sama kaki berada di dalam bentuk trapesium sehingga interior ruangan tersebut tampak lebih elegan. 


8. Corak Geometri Warna Hijau Metalik dengan Pola Garis Acak




Nah, jika Anda ingin motif yang lebih glamour, Anda bisa membuat cat dinding motif geometri dengan kombinasi warna hijau metalik tua dan pink sebagai background atau warna dasar dinding. 

Sedangkan pola garis lurus acaknya, Anda bisa memberikan warna emas yang mampu membuat kesan estetik dan glamour pada ruangan. 

Perpaduan warna dan corak geometri ini sangat cocok untuk area ruang keluarga dan juga ruang tamu.


9. Corak Geometri dengan Motif Polkadot





Mengaplikasikan cat dinding corak geometri bermotifkan polkadot mungkin bisa jadi pilihan untuk para pecinta polkadot.

Dengan perpaduan warna hitam dan putih; pink dan putih; biru muda dan coklat; serta lainnya, dapat membuat ruangan menjadi lebih manis dan lucu. 

Selain cat dinding tersebut, Anda bisa menambahkan furnitur berwarna senada agar tampak lebih manis.

10. Corak Geometri Pola Bangun Datar yang Beragam (Lingkaran dan Persegi Panjang)




Masih bingung mencari cat dinding corak geometri yang bagus? Coba untuk mengkreasikannya dengan pola yang beragam deperti gambar di atas. Selain polanya yang beragam, warna-warna yang dipilih juga sangatlah bervariasi. 

Anda bisa memilih warna-warna pastel agar ruangan nampak lembut dan kalem. Sebagai contohnya, kombinasikan warna pink pastel, hijau muda, coklat muda, kuning muda, dan abu-abu. 

Nah, motif ini akan sangat menarik apabila diaplikasikan pada ruangan menjadi pusat perhatian ketika penghuni atau tamu berkumpul. Misalnya pada salah satu dinding ruang santai keluarga. 


Cara Mengecat Dinding dengan Corak Geometri

Setelah mendapatkan ide pilihan warna dan pola untuk cat dinding corak geometri, maka langkah selanjutya adalah mengetahui metode atau cara mengecatnya. Berikut ini adalah langkah umum dalam mengecat dinding dengan pola-pola geometri:


1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebagaimana kegiatan konstruksi, alat dan bahan untuk proses pengecatan dinding corak geometri haruslah dipersiapkan. Adapun alat dan bahan untuk proses pengecatan dinding dengan corak geometri adalah

  • Cat minimal sebanyak dua macam warna atau lebih
  • Tiner
  • Kuas dan roll
  • Plester kertas/selotip kertas


2. Menggambar motif geometris

Untuk memastikan gambar motif nampak jelas, sebelumnya dinding sebaiknya dicat terlebih dahulu (tidak wajib, namun lebih baik jika dikerjakan). Langkah berikutnya, tempel dengan selotip kertas untuk pembuatan motif yang diinginkan.

Tempelkan plester atau selotip kertas sesuai dengan corak dinding yang ingin ditampilkan. Misalnya seperti motif dinding geometri di bawah ini yang sudah ditempel selotip kertas:




Sebisa mungkin untuk membuat penomoran pada setiap bidang geometri untuk memudahkan tahapan proses pengecatan. Penomoran tersebut juga berfungsi untuk jenis warna yang dipilih. Misalnya, nomor 1 untuk dicat dengan warna kuning; nomor 2 untuk dicat dengan warna abu-abu; dan nomor 3 untuk dicat dengan warna hitam.


3. Pengecatan

Jika sudah dibuat motif dengan menggunakan selotip kertas, maka tahapan berikutnya adalah proses pengecatan. Meskipun sudah dibatasi dengan selotip, tetap lakukan secara hati-hati dalam proses pengecatannya. 

Jika proses pengecatan sudah ramppung, tunggu sampai cat benar-benar kering biasanya satu hari agar keringnya maksimal. 





Itulah penjelasan mengenai 10 ide desain cat dinding corak geometri dan cara pengaplikasiannya. Semoga bermanfaat untuk menghasilkan ruangan yang lebih indah dan menarik.

0 Response to "10 Ide Desain Cat Dinding Corak Geometri Dan Cara Membuatnya"

Post a Comment