8 Merek Pelapis Kolam Ikan untuk Mencegah Kebocoran: Ini Cara Penggunaannya!

Saya termasuk orang yang memiliki hobi memelihara ikan. Sekaligus suatu saat nanti jika kembali ke desa, ingin sekali rasanya membuat kolam ikan untuk membudidayakan berbagai jenis ikan. Nah, informasi yang saya dapat, kolam ikan itu diperlukan cat pelapis agar tidak bocor. Selain untuk menjaga kualitas air, pelapis kolam ikan (waterproofing) juga menjaga keselamatan ikan itu sendiri.

Secara umum pelapis anti bocor berbahan semen fleksibel yang tidak beracun dan aman untuk ikan. Nah, ada banyak sekali merek cat pelapis kolam ikan tersebut. Untuk selengkapnya baca artikel di bawah ini ya.



Rekomendasi Cat Pelapis Kolam Ikan Agar Tidak Bocor

Penggunaan cat pelapis anti bocor untuk sebuah kolam ikan amatlah penting. Kolam ikan yang merembes/bocor tentu mengakibatkan sejumlah kerugian. Dua di antaranya adalah area sekitarnya menjadi cepat kotor dan ikan di dalamnya akan mengalami penurunan kesehatan atau bahkan kematian.

Untuk itu diperlukan pelapis cat waterproof yang berkualitas untuk kolam ikan. Coba pertimbangkan untuk menggunakan salah satu merek di bawah ini untuk melapisi kolam ikan Anda:


1. Cat No Drop 100

Cat no drop tidak hanya memproduksi cat pelapis dinding, melainkan secara khusus juga mengeluarkan cat No drop 100 yang dikhususkan sebagai pelapis anti bocor untuk objek-objek yang bersentuhan langsung dengan air. Seperti kolam ikan atau kolam renang.

Cat No Drop 100 memiliki dua kompenen utama, yaitu mortar dan liquid. Cara penggunaannya cukup simple. Anda cukup melapiskannya pada dinding kolam dan juga dasar kolam sebelum dipasangi keramik (jika kolam tersebut dipasangi keramik).


2. Cat Aquagard

Cat pelapis kolam ikan agar tidak bocor selanjutnya adalah keluaran merek Aquagard. Cat pelapis waterproofing ini tahan terhadap genangan air, salah satunya kolam ikan. 

Memiliki daya lekat yang sangat tinggi dan kuat membuat cat Aquagard dapat bertahan sampai 5 tahun lebih. 

Aquagard terdiri dari dua komponen utama, yaitu bahan dasar campuran semen dan komponen cair dengan bahan dasar emulsi polymer sintetis. 

Selain kolam ikan, Aquaguard juga cocok untuk diaplikasikan pada kamar mandi, dak beton, atau tempat penampungan air. 

Jika kolam ikan dibangun di outdoor, maka sangat direkomendasikan menggunakan cat pelapis yang satu ini. Dengan dukungan Flexible Cementitious Technology. cat Aquagard mampu menghasilkan campuran waterproofing yang berbentuk seperti semen namun sifatnya fleksibel, sehingga permukaan kolam ikan tidak akan mudah retak meskipun sering terkena panasnya sinar matahari.


3. Flexycoat Waterponding



Tidak semua merek cat pelapis cocok dengan ikan tertentu. Jika Anda berencana untuk memelihara ikan koi, maka sangat disarankan untuk menggunakan Flexycoat Waterponding. Pilih warna cat hitam sehingga mampu menambah keindahan ikan koi ketika dilihat. Warna hitam yang netral akan mampu menciptkan harmonisasi perpaduan antara warna ikan koi dengan permukaan lantai kolam yang indah.


Baca juga: 6 Desain Kolam Ikan Koi: Teknik Pengerjaan, Instalasi Filter dan Sistem Pencahayaan


4. Cat Indeks

Untuk Anda yang menyukai cat pelapis dengan pilihan warna yang unik, maka cat indeks solusinya. Selain hadir dengan pilihan warna yang beragam, cat indeks memiliki keunggulan seperti tahan terhadap alkali, anti jamur, dan juga tidak mudah luntur.


5. Cat kolam Glotex

Glotex cat kolam merupakan pelapis kolam agar tidak bocor yang diformulasikan untuk pengecatan kolam renang, kolam ikan, ruang lab/ rumah sakit, dan tangki air minum atau yang penggunaanya bukan untuk penyimpanan bahan kimia dengan pelarut kuat.

Sifatnya sangat mudah mengering dan juga tersedia dalam pemilihan warna - warna yang menarik. Jika Anda ingin mengecat kolam dengan warna-warna pastel cerah, maka cat ini solusinya.

6. Cat Aquatite

 

Aquatite merupakan pelapis anti bocor yang berbahan dasar Acrylic. Cat ini memiliki daya tahan yang baik terhadap tekanan air dan penetrasi bahan kimia. Kemampuannya untuk melindungi kolam dari terbentuknya jamur dan lumut juga bagus sekali.

Produk ramah lingkungan ini sangat cocok untuk digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan.

 

7. Cat Lemkra Hybrid Waterlock


Lemkra Hybrid Waterproofing Coating merupakan cat waterproofing yang menggunakan teknologi waterlock hybrid steryne Acrilic+ Polyurethane sehingga cocok digunakan pada kolam renang maupun kolam ikan.

Sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari cat pelapis kolam ikan terbaik untuk jangka waktu yang panjang karena kemampuan produk ini memiliki daya tahan hingga 10 tahun. Memang benar harganya terbilang mahal, namun worth it jika Anda tidak ingin terlalu sering melakukan maintenance dan juga renovasi terhada kolam.

8. Cat Propan Ultralastic UL-920

 

ULTRALASTIC UL-920 merupakan semen mortar waterproofing dengan kandungan resin cementitious. Cat ini sangat cocok diaplikasikan pada struktur bangunan, terutama yang tergenang air secara terus menerus. 

ULTRALASTIC UL-920 termasuk produk ramah lingkungan. Jadi, produk ini sangat cocok diaplikasikan pada kolam ikan karena tidak beracun.


Cara Aplikasi Pelapis Kolam Ikan Agar Tidak Bocor




    Nah, setelah penjelasan mengenai sejumlah merek cat pelapis kolam untuk menghindari rembesan/bocor seperti yang ada di atas, sekarang saatnya memberikan informasi mengenai standar cara pengaplikasian cat pelapis anti bocor untuk kolam ikan, yaitu:

    1. Apabila masih ditemykan permukaan kolam yang berlubang/retak, maka sebaiknya segara lakukan penambalan terlebih dahulu dengan menggunakan campuran Super Cement dan air dengan perbandingan volume 1:5. Selanjutnya, tambahkan semen dan pasir hingga mendapat kekentalan yang sempurna.
    2. Membersihkan permukaan kolam ikan dari segala jenis kotoran dan pastikan permukaan kolam dalam keadaan kering sempurna.
    3. Tahapan selanjutnya adalah pelapisan cat dasar atau primer dengan menggunakan campuran Super Cement dan semen dengan menggunakan perbandingan volume 1:1,25. Cara pengaplikasiannya dengan menggunakan kuas atau rol. Pelapisan ini bertujuan agar daya lekat waterproofing nantinya dapat melekat secara sempurna.
    4. Setelah lapisan cat dasar mengering sempurna, campur komponen cair dan komponen bubuk cat pelapis anti bocor sesuai dengan merek yang dipilih dengan perbandingan 1:3. Selanjutnya, aplikasikan dengan menggunakan kuas atau rol sebanyak dua kali lapis. 
    5. Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan Aquaproof Polyester Mesh yang diaplikasikan pada bagian sudut kolam untuk lebih menambah daya ikatnya.

    Itulah ulasan mengenai merek pelapis kolam ikan untuk menghindari bocor/rembes. Semoga bermanfaat.

    0 Response to "8 Merek Pelapis Kolam Ikan untuk Mencegah Kebocoran: Ini Cara Penggunaannya!"

    Post a Comment