Perbedaan Plat Bordes dan Plat Kembang: Fungsi, Ukuran, Jenis, dan Harga

Istilah plat bordes masih sangat asing di kalangan masyarakat. Padahal, penggunaannya kerap kali ditemukan di beberapa tempat umum ataupun pribadi. Bahkan kehadiran plat bordes dalam berbagai ukuran telah mampu memenuhi kebutuhan berbagai konstruksi bangunan ataupun moda transportasi seperti kereta api.

Sesuai namanya, material ini tentunya berbentuk lempengan yang biasanya dipakai melapisi bagian tertentu dalam bangunan, konstruksi kapal laut, bus, dan moda transportasi umum lainnya. Agar bisa menggunakan sesuai fungsinya, maka pengetahuan terkait material konstruksi satu ini wajib diketahui.


 

Pengertian Plat Bordes


Plat bordes adalah salah satu jenis plat atau lempengan yang terbuat dari galvanis tahan karat dengan kontur atau motif yang bergelombang serta bervariasi pada permukaannya. Untuk meningkatkan kekuatannya, plat ini dibuat dengan teknik hot rolling serta sistem tekanan.

Plat jenis bordes ini biasanya digunakan sebagai komponen lantai, kendaraan, ataupun tangga yang menggunakan material besi dengan berbagai macam ukuran. Umumnya plat ini tercetak dalam ukuran sekitar 120 x 240 cm.

Fungsi Plat Bordes


Dengan daya tahan maksimal serta permukaan bergelombang yang bisa meminimalisir efek tergelincir, maka plat jenis border ini memiliki banyak fungsi dan manfaat dalam dunia konstruksi, di antaranya:

1. Membuat Kolom Gedung Pelapis Dinding

Plat yang menggunakan material stainless steel memungkinkan dibuat dalam lempengan yang lebih luas dan besar. Untuk bordes jenis ini biasa dimanfaatkan untuk membuat kolom pada gedung pelapis dinding yang materialnya dari besar.

2. Pelapis Meja Makan dan Papan Nama

Meski jarang disadari, plat jenis bordes ini juga bisa difungsikan sebagai bahan untuk melapisi meja makan. Tentunya menggunakan bordes yang memiliki tampilan dan wujud lebih elegan seperti transparan dan wujud cermin.

Papan nama yang ukurannya identik lebih besar juga bisa dibuat dengan bahan ini agar lebih awet ketika dipajang di luar ruangan.

3. Pelapis Tangga Besi

Fungsi yang satu ini paling banyak ditemukan di berbagai bangunan gedung lantai dua yang membutuhkan mobilitas sangat tinggi. Permukaan plat yang kasar dengan keausannya yang sangat rendah serta tahan terhadap cuaca ekstrim sangat cocok dijadikan pelapis tangga besi.

Dengan begitu, tentu saja orang yang berlalu lalang di atas tangga tersebut tidak akan mudah tergelincir meskipun posisi tangga berada di luar ruangan.

4. Pelapis Lantai Kendaraan Roda 4 atau Lebih

Plat jenis bordes ini juga sering dimanfaatkan sebagai lantai kendaraan roda 4 ataupun lebih. Ini disebabkan karena kendaraan biasa digunakan di luar yang rentan kerusakan. Penggunaan plat ini tentunya memungkinkan lantai kendaraan jadi lebih awet dan tidak licin.

Hampir semua jenis kendaraan menggunakan pelapis ini pada bagian lantai, seperti mobil, bus, pick up, truk pemadam kebakaran, hingga angkutan umum.

5. Deck Kapal

Kapal juga membutuhkan bagian lantai yang lebih luas dan memiliki daya cengkram kuat untuk meningkatkan keamanan penumpang. Plat jenis bordes yang memiliki pola mirip cakar ayam ini memenuhi kriteria tersebut sehingga sering kali difungsikan sebagai material lantai seperti pada deck kapal.

Perbedaan Plat Bordes dan Plat Kembang




Karena sama-sama sering digunakan dalam dunia konstruksi, banyak yang masih kesulitan membedakan antara plat jenis bordes dan kembang. Agar bisa menggunakan keduanya secara fungsional, berikut perbedaan yang perlu diketahui.

1. Pola Permukaan

a. Bordes

Plat jenis bordes memiliki pola yang khas yakni menyerupai cakar ayam yang timbul pada permukaan lempengan. Umumnya pola ini berupa 4 garis horizontal dan 4 garis vertikal yang disusun secara bersilang dengan bagian ujung yang tumpul.

b. Kembang

Polanya lebih mirip dengan jajaran genjang yang tersusun secara merata pada seluruh bagian plat yang digunakan. Namun garis vertikal dan horizontal yang bersilang bentuknya lebih tajam dan runcing. Meski sekilas mirip dengan pola bordes, keduanya bisa dibedakan dengan memperhatikannya secara teliti.

2. Perbedaan Ketebalan

a. Bordes

Plat border di Indonesia umumnya memiliki ukuran ketebalan 2 sampai 9 mm saja.

b. Kembang

Dimensinya lebih lebar dengan ukuran sekitar 0,7 mm sampai 9 mm.

3. Perbedaan Ukuran

a. Bordes

Ukuran plat bordes standarnya adalah 1,5 meter x 6 meter dan 1,22 meter x 3 meter yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaannya.

b. Kembang

Plat kembang memiliki ukuran standar yang lebih kecil yakni 1,2 meter x 2,4 meter. Tapi ukuran ini tidak bersifat wajib karena bisa diganti lebih besar atau lebih kecil sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

4. Perbedaan dari Segi Fungsi

a. Bordes

Lebih banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan eksterior, seperti pembuatan anak tangga luar ruangan ataupun anak tangga yang ada di bagian atas kapal. Ini dilakukan agar tangga tidak mudah licin saat tergenang air di area terbuka.

b. Kembang

Lebih difungsikan untuk bagian dalam ruangan, seperti kendaraan roda empat ataupun campuran material dinding dan plafon pada bangunan.

Jenis Plat Bordes


Jika dilihat dari faktor penggunaan, material, serta permukaannya, plat jenis bordes ini dikategorikan lagi menjadi 2 macam. Adapun jenis-jenis bordes yang beredar di pasaran adalah:

1. Bordes Stainless Steel

Plat stainless steel ini dibuat menggunakan bahan baja serta sistem tekanan, sehingga sangat kuat. Bordes stainless steel ini umumnya dipakai untuk melapisi kolom gedung ataupun dinding.

2. Bordes Galvanis

Sementara itu, bordes galvanis terbuat dari bahan baja dengan kontur yang sangat bergelombang. Dengan tampilan ini, maka penggunaannya lebih sering ditemukan sebagai pelapis tangga ataupun konstruksi lantai dengan mobilitas tinggi.

Harga Plat Bordes


Harga plat ini sangat dipengaruhi oleh jenis dan ukurannya. Semakin lebar dan tebal ukurannya, tentu saja kisaran harganya juga semakin mahal. Berikut daftar harga bordes sesuai dengan spesifikasinya di pasaran.

Ukuran

Tebal

Kisaran Harga

120 x 240 cm

2,3 mm

Rp883.478,00

4 x 8 inchi

6,0 mm

Rp1.789.000,00

4 x 8 inchi

4,5 mm

Rp1.357.000,00

4 x 8 inchi

3,2 mm

Rp984.000,00

4 x 8 inchi

2,3 mm

Rp728.000,00

4 x 8 inchi

3,0 mm

Rp926.000,00

4 x 8 inchi

4,0 mm

Rp. 1.216.000,00

4 x 8 inchi

5,0 mm

Rp. 1.516.000,00


Dengan banyaknya peran dan fungsi dari plat bordes, tidak heran jika penggunaannya dalam dunia konstruksi sering ditemukan. Terlebih materialnya terbilang sangat kuat dengan kisaran harga yang sangat terjangkau, sehingga bisa meningkatkan keamanan dan kesempurnaan suatu bangunan.

0 Response to "Perbedaan Plat Bordes dan Plat Kembang: Fungsi, Ukuran, Jenis, dan Harga"

Post a Comment