Cara Pembesian Plat Lantai 2 Lapis, Manfaat, dan Biayanya

Rumah atau bangunan lainnya pastinya ingin dibangun kokoh dan kuat, sehingga bisa tahan lama menopang beban berat. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk membuat suatu bangunan berdiri kokoh adalah pembesian plat lantai 2 lapis.

Plat lantai merupakan komponen struktur bangunan yang memiliki dimensi yang terbilang tipis. Oleh karena berfungsi untuk menyalurkan beban mati dan beban hidup di atasnya untuk disalurkan pada penopangnya maka diperlukan perencanaan dan analisa yang baik terkait dengan dimensi plat lantai yang satu ini.

Seperti apa cara atau proses pembesian plat lantai 2 lapis? Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari pembesian tersebut? Berapa besarnya biaya yang diperlukan? Simak langsung informasi lebih lengkap tentang pembesian atau penulangan plat lantai dengan membaca artikel ini!



Apa Itu Pembesian Plat Lantai?


Pembesian plat lantai adalah suatu proses yang dilakukan dengan menanamkan atau memasang rangkaian plat besi pada lantai rumah atau bangunan lainnya. Pembesian plat lantai umumnya sebanyak dua lapisan agar lebih kokoh dan kuat.

Jenis plat besi yang digunakan dalam proses pembesian plat lantai ini juga harus berupa besi berkualitas yang disusun atau dirangkai sedemikian rupa. Kualitas plat besi yang digunakan dan proses perangkaiannya tentu saja akan sangat berpengaruh pada hasil pembesian plat lantai.

Seluruh proses pembesian ini harus dilakukan oleh tenaga ahli professional dan berpengalaman di bidangnya. Hal ini agar proses pembesian berjalan lebih cepat dan hasilnya pun berkualitas.

Pada umumnya pembesian plat lantai 2 lapis dilakukan pada bangunan-bangunan yang ingin dibuat dua lantai atau lebih. Namun, tidak ada salahnya juga proses ini dilakukan pada bangunan satu lantai karena ketika nanti akan ditinggikan atau menambah tingkatan, maka pondasinya sudah siap.


Baca juga: Cara Menghitung Volume Plat Lantai Dilengkapi dengan Contoh

Manfaat Pembesian Plat lantai


Kini pembesian plat lantai sebanyak dua lapisan semakin diminati oleh banyak orang ketika membangun bangunan. Fakta ini menunjukkan bahwa proses pembesian plat lantai memang memiliki banyak manfaat atau kelebihan.


Apa saja kelebihan dari pembesian plat lantai? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menerapkan pembesian plat lantai sebanyak dua lapis ketika pembangunan suatu konstruksi bangunan, yaitu:


1. Konstruksi Bangunan Menjadi Lebih Kuat dan Kokoh

Manfaat pertama yang akan didapatkan dengan menerapkan pembesian plat lantai adalah membuat konstruksi bangunan menjadi lebih kuat dan kokoh. Lantai dengan pembesian yang kuat sebagai dasar dari bangunan, tentu saja akan membuat bangunan juga berdiri lebih kuat dan kokoh.

Selain kuat dan kokoh, pembesian plat lantai dengan dua lapisan juga kedap air, tahan lama, bisa menopang beban berat, dan tidak mudah terbakar.

Oleh karena itu, proses pembesian plat lantai memang sangat disarankan untuk koastruksi bangunan. Misalnya, rumah, kantor, ruko, sekolah, gudang, dan lain sebagainya.


2. Kekuatan Kolom Akan Meningkat

Pembesian plat lantai sebanyak dua lapisan juga akan membuat kekuatan kolom sebagai pondasi konstruksi bangunan akan semakin meningkat. Selain kuat, kolom bangunan juga akan lebih tahan lama bahkan bisa digunakan berpuluh-puluh tahun. 


3. Cocok Digunakan untuk Bangunan Bertingkat

Pembesian plat lantai 1 lapis mungkin cocok untuk bangunan dengan satu lantai. Namun, konstruksi bangunan dengan dua lantai atau bertingkat akan lebih cocok menggunakan pembesian plat lantai sebanyak dua lapisan.

Bangunan bertingkat pun akan semakin kuat dan kokoh berdiri ketika menggunakan jenis pembesian plat lantai yang satu ini.


Cara Pembesian Plat Lantai 2 Lapis


Proses pembesian plat lantai suatu bangunan harus dilakukan oleh tenaga ahli dan professional. Lalu, bagaimana proses pembesian plat lantai yang menggunakan dua lapisan? Berikut ini beberapa tahapan dalam proses pembesian plat lantai dengan dua lapisan, yaitu:


1. Pemasangan Tulangan Pada Bagian Bawah

Setelah mempersiapkan semua material yang dibutuhkan, maka tahapan pertama yang dilakukan adalah memasang tulangan atau rangkaian plat besi di bagian bawah. Tulangan pada bagian bawah harus sangat kuat karena digunakan sebagai dasar.

Jenis tulangan yang digunakan dapat berupa besi beton decking. Ketebalan lapisan beton yang melapisi tulangan bagian bawah ini dibuat dengan ketebalan 2 cm.


2. Pemasangan Tulangan Pada Bagian Atas

Setelah proses pemasangan tulangan bagian atas selesai dan terpasang dengan baik, maka selanjutnya adalah pemasangan tulangan di bagian atasnya. Proses pemasangan tulangan bagian atas harus dalam posisi atau arah tegak lurus dengan tulangan bagian bawah.

Tulangan pada bagian atas juga harus dibuat kuat agar bangunan juga semakin kuat berdiri kokoh. Jarak pembesian plat lantai 2 lapis kurang lebih minimal 2,5 cm dan tidak boleh lebih dari 20 cm.


3. Pemasangan Bagian Kaki Ayam

Pemasangan bagian kaki ayam juga harus dilakukan. Tujuannya adalah mendapatkan jarak antar tulangan atas dan tulangan bawah. Bagian kaki ayam ini dibuat dari potongan besi kuat dan berkualitas dengan bentuk sedemikian rupa.


4. Proses Pengikatan Persilangan Menggunakan Kawat Beton

Pada proses pembesian juga dilakukan proses pengikatan persilangan. Proses pengikatan ini dilakukan menggunakan kawat beton agar lebih kuat dan kokoh. Pastinya proses pengikatan ini juga dilakukan dengan teknik tertentu agar ikatan semakin kuat dan tidak mudah lepas.


5. Proses Pengecekan atau Uji Kekuatan Pembesian

Tahapan terakhir yang harus dilakukan dalam proses pembesian adalah proses pengujuan atau pengecekan kualitas pembesian yang sudah dibangun. Tujuan tahapan ini adalah memastikan kembali kualitas pembesian.

Ketika dalam proses pengecekan ditemukan kesalahan atau kerusakan, maka bisa langsung dilakukan tindakan penanganan agar pembesian tetap kuat dan berkualitas. Contoh penanganannya adalah dilakukan penambalan, chipping dan concreting, serta menggunakan injeksi.

Kesalahan atau kerusakan seperti keropos sebenarnya jarang ditemukan jika proses pembesian dilakukan dengan baik dan teliti oleh tenaga ahli.


Biaya Pembesian Plat Lantai



Berapa besarnya biaya yang harus dilakukan untuk melakukan pembesian plat lantai dengan dua lapisan? Besarnya biaya yang diperlukan ditentukan oleh beberapa faktor, seperti jenis material yang digunakan, luas lantai, biaya jasa pembesian, dan lain sebagainya.

Besarnya biaya yang harus dihitung berupa biaya pembelian material, biaya pengadukan material coran, biaya pembesian, biaya cetakan beton, dan lain sebagainya.

Besarnya biaya pembesian plat lantai 2 lapis mulai dari belasan juta hingga puluhan juta rupiah. Pada pembuatan pembesian plat lantai dua lapisan dengan ukuran lantai yang luas bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Sebagai contoh pembesian plat lantai dengan luas 5 x 6 meter persegi membutuhkan biaya kurang lebih Rp 21.244.760.


Pembesian plat lantai 2 lapis memiliki banyak manfaat dan kelebihan, sehingga sangat menguntungkan. Proses pembuatannya harus dilakukan oleh tenaga ahli agar hasil pembesian plat lantai berkualias, kuat menopang beban berat, dan mampu bertahan lama.

0 Response to "Cara Pembesian Plat Lantai 2 Lapis, Manfaat, dan Biayanya"

Post a Comment