8 Inspirasi Lemari Bawah Tangga dan Keuntungan Menggunakannya

Area bawah tangga identik dengan ruangan kosong yang banyak debu. Namun lokasi ini bisa disulap menjadi menarik dan fungsional dengan memanfaatkan berbagai model lemari bawah tangga. Tentu saja tidak semua model dan jenis lemari bisa diletakkan di area ini.

Anda juga harus pandai memilih ukuran dan bentuk lemarinya agar ruangan bawah tangga justru tidak terlihat semakin sempit. Pemilihan model yang tepat tentunya bisa memberikan banyak keuntungan baik dari segi fungsinya ataupun nilai keindahan dekorasinya.





Keuntungan Menempatkan Lemari di Bawah Tangga


Meskipun jarang diterapkan oleh masyarakat Indonesia, nyatanya ada banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh dengan menggunakan lemari bawah tangga. Keuntungan tersebut tentunya bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk mencoba menggunakannya, yaitu:


1. Menjadikan Area Bawah Tangga Lebih Fungsional

Pada ruangan bertingkat yang identik sempit, tentu sangat rugi jika membiarkan area bawah tangga kosong. Apabila meletakkan lemari yang sesuai di bawahannya, tentu ruangan kosong ini bisa lebih fungsional dan bermanfaat bagi pemilik rumah. 


2. Meningkatkan Kerapian Ruangan

Area bawah tangga juga rentan terkena debu dan sarang laba-laba. Untuk mencegah kondisi tersebut,  area di bawah tangga bisa dibubuhkan lemari tertentu supaya tampilannya lebih bersih dan rapi. Peletakan lemari yang sering digunakan tentunya juga bisa mengurangi debu.

Adanya barang-barang penting di dalamnya juga menuntut pemilik lemari untuk lebih menjaga dan merawat kerapiannya sehingga tidak sampai terabaikan. 


3. Menghemat Ruangan yang Minimalis

Pemanfaatan area di bawah tangga dengan meletakkan lemari juga bisa sangat membantu pemilik rumah minimalis dalam menghemat ruangannya. Kalau kebetulan anggota keluarga di rumah sangat banyak, salah satunya bisa meletakkan lemarinya di area ini. 


4. Menjadi Desain Dekorasi yang Unik

Dekorasi rumah yang menarik tidak selalu membutuhkan aksesori, furniture, dan penghias ruangan saja. Lemari yang biasa difungsikan untuk penyimpanan juga bisa menjadi penambah nilai estetika suatu ruangan. 

Apalagi jika diletakkan di bawah tangga dengan posisi, bentuk, dan desain yang tidak biasa dari umumnya. 


5. Akses Lemari Lebih Mudah

Selain bermanfaat bagi pemilik rumah minimalis, lemari di bawah tangga juga sangat berguna bagi pemilik rumah yang terlalu besar. Pasalnya, saat ke luar rumah terkadang ada beberapa benda dan barang yang lupa terbawa.

Area bawah tangga bisa dipakai meletakkan lemari multifungsi untuk barang-barang yang sering dipakai ke luar. Jadi saat lupa membawanya, tidak perlu repot-repot naik tangga atau jauh-jauh masuk ke area kamar yang sudah terlanjur dikunci. 


Ide Model Lemari Bawah Tangga

Di Indonesia peletakan lemari di bawah tangga memang masih jarang ditemui. Namun ada banyak model dan jenis lemari yang bisa dijadikan inspirasi sebagai pengisi ruang kosong ini. Beberapa ide menarik yang bisa dicoba sesuai kebutuhan dan fungsinya meliputi:

1. Multifungsi dan Estetik dengan Lemari Baca di Bawah Tangga




Model lemari satu ini sangat cocok dipilih oleh kalangan akademisi yang menyukai ilmu dan hobi membaca. Area bawah tangga yang cukup luas bisa dilengkapi dengan rak atau lemari buku. Pastikan untuk memilih model rak yang bagian atasnya miring mengikuti bentuk tangga.

Jika tidak menemukannya, bisa juga dengan membuat sendiri  dengan bahan seadanya. Penataan buku yang rapi juga bisa mendukung desain ruangan yang bernilai seni dan estetik. Terutama kalau bisa menghiasi sudut-sudut rak buku dengan berbagai tanaman hijau hingga pigura.  

2. Ide Lemari Bawah Tangga untuk Tempat Outer,  Handuk Bersih dan Sejenisnya



Outer biasanya menjadi benda fashion yang tidak terlalu sering digunakan namun cukup memenuhi lemari kamar. Agar hemat tempat, buatlah lemari bawah tangga yang dikhususkan untuk menempatkan dan merapikan outer seperti jaket, cardigan, sweeter, dan sejenisnya di bawah tangga. 

Lokasi tangga yang strategis sangat membantu penghuni rumah saat lupa membawa outer. Jadi aksesnya bisa lebih cepat tanpa harus naik turun tangga atau masuk kamar. 

Tak hanya itu, lemari ini juga cocok untuk dijadikan penyimpanan handuk bersih. Area yang tidak lembap ini membuat outer, handuk, dan pakaian lainnya yang disimpan di dalam lemari bawah tangga ini akan terbebas dari jamur. 

3. Model Lemari Pojok untuk Pantry




Inspirasi model lemari yang satu ini sangat cocok diterapkan oleh mereka yang memiliki dapur dengan ruangan terbatas. Lengkapi area bawah tangga dengan lemari yang tentunya rapat dan aman sebagai pantry atau tempat menyimpan persediaan makanan serta peralatannya. 

Tentunya jenis makanan yang bisa disimpan di area ini adalah makanan kemasan tertutup dengan masa pemakaian yang masih lama. 

4. Rapi dengan Model Lemari Linen Bawah Tangga



Untuk kalangan yang sibuk bekerja dan tidak punya banyak waktu merapikan rumah, model lemari bawah tangga ini cukup mendukung kesibukan tersebut. Model lemari linen tentunya akan terlihat sangat rapi karena tertutup dan bisa dibuat dengan banyak sekat.

Sifatnya juga lebih multifungsi karena bisa digunakan untuk meletakkan berbagai jenis barang, termasuk perabotan dan mainan anak yang jarang terpakai. 

5. Lemari Bawah Tangga untuk Wardobe




Kalau kebetulan bawah tangga berada di area yang agak tertutup, bisa juga dilengkapi dengan lemari pakaian minimalis dengan 2 hingga 3 sekat. Lemari ini bisa dimanfaatkan sebagai lemari baju anak notabene tidak membutuhkan privasi tinggi. 

Baca juga: Perbedaan Walk in Closet dan Wardrobe


6. Lemari Susun Bawah Tangga untuk Rak Sepatu



Rak sepatu idealnya diletakkan di luar rumah agar lebih mudah saat akan keluar menggunakan sepatu atau melepasnya. Tapi banyaknya koleksi sandal dan sepatu yang dimiliki tentunya tidak memungkinkan untuk diletakkan di luar.

Selain tidak cukup, tatanan sepatu juga akan merusak pemandangan dari luar rumah. Demi menyiasatinya, ciptakan rak sepatu sendiri di bawah tangga. Lemari untuk sepatu ini sifatnya lebih dinamis karena bisa menyesuaikan ukuran ruangan bawah tangga, baik sempit ataupun luas. 

Baca juga: Ukuran Tangga Yang Nyaman dan Cara Menghitung Anak Tangga dan Bordes


7. Modern dan Elegan dengan Lemari Cermin




Penggunaan lemari di bawah sepatu juga bisa meningkatkan keindahan interior ruangan. Salah satunya dengan memilih model lemari cermin yang sangat elegan. Pantulan cahaya dari cermin tidak hanya membuat rumah terlihat terang, tapi juga lebih elegan dan luas.

Bagian dalamnya bisa dipakai untuk meletakkan pakaian keluarga yang tingkat privasinya tidak terlalu tinggi. Bisa juga digunakan untuk meletakkan barang lainnya yang sering digunakan di ruangan tengah atau di sekitar bawah tangga. 

8. Bawah Tangga untuk Ruang Kerja dengan Perangkat Lemari


Bekerja work from home (WFH) kini sudah menjadi trend. Jika ruang di rumah Anda terbatas, Anda dapat memanfaatkan kolong tangga sebagai ruang kerja. Untuk menghindari kesalahan setting ruangan, Anda dapat meminta ahli interior yang dapat mendesain bentuk sekaligus menata perlengkapan dengan posisi yang sempurna.

Namun sejatinya untuk ruang kerja di bawah tangga ini hanyalah membutuhkan meja dan kursi komputer, serta rak lemari untuk meletakkan dan menyimpan dokumen pekerjaan. That's it.


Dengan segala keuntungan yang diperoleh ketika memanfaatkan lemari bawah tangga, maka penggunaannya cocok untuk semua kalangan. Tentunya dengan memilih desain dan model yang paling sesuai kebutuhan. Misalnya untuk kepentingan estetika, bisa memilih model yang lebih elegan dan menarik.

0 Response to "8 Inspirasi Lemari Bawah Tangga dan Keuntungan Menggunakannya"

Post a Comment