Harga Neon Box, Jenis, Kelebihan, dan proses Pembuatannya

Neon box merupakan salah satu media promosi outdoor yang memiliki harga bervariasi sesuai dengan jenis dan juga ukurannya. Meskipun bersifat outdoor, neon box ini juga dapat ditempatkan di dalam ruangan untuk memberikan kesan mewah pada sebuah interior ruangan. 

Media promosi ini terlihat menarik dikarenakan menggunakan sistem pencahayaan backlight atau teknik pencahayaan dari belakang cover. Teknik ini yang memberikan nilai tambah pada media advertising yang satu ini. Tiap meter perseginya, neon box terdiri dari 3-5 buah neon (5 trafo). Oleh karenanya, harga neon box sendiri sangatlah bermacam-macam tergantung dengan bentuk dan ukurannya.




Pengertian Neon Box


Neon box adalah media promosi yang terbuat dari seng, plat alumunium, pipa staal, acrylic, calibrate, dan bahan lain sejenis yang kemudian disinari dengan sistem pencahayaan backlight.

Neon box dapat dipasang dengan cara digantung/ditempel/dibuat pada bangunan tembok atau juga dapat dipasang pada tiang yang konstruksinya dibangun khusus untuk pemasangan neon box.

Baca juga: Jenis Pajak Reklame dan Cara Menghitungnya

Kelebihan Neon Box 


Kelebihan neonbox dibandingkan dengan media promosi lainnya seperti baliho dan spanduk adalah:

  • Neon box dapat menyala di saat malam hari karena didalamnya terdapat lampu;
  • Memiliki bentuk yang bermacam-macam, mulai dari neon box bulat, neon box horizontal, neon box vertical, atau bahkan neon box sesuai dengan huruf (font) dari apa yang mau dipromosikan;
  • Desain neon box dapat disesuaikan dengan keinginan organisasi/perusahaan untuk menarik perhatian masyarakat;
  • Menambah nilai lebih dan juga trust dari sebuah organisasi/perusahaan karena artinya organisasi/perusahaan tersebut juga mengikuti perkembangan teknologi modern dalam media promosinya.


Jenis-Jenis Neon Box


Neon box mempunyai beberapa jenis yang berbeda-beda dengan harga yang berbeda-beda pula. Dari masing-masing jenis dan harga neon box tersebut tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara pembuatan dan pemasangan neon box, sebaiknya pahami dahulu masing-masing jenis neon box, rangka dan bahan yang digunakan untuk neon box dan cara memaksimalkan neon box.

1. Neon box akrilik

Neon box akrilik merupakan neon box yang terbuat dari perpaduan antara bahan kaca dan plastik. Kaca digunakan agar laampu yang digunakan dapat menembus dari belakang neon box. Sedangkan sifat plastik pada akrilik digunakan untuk memberikan kekuatan dan kelenturan bahannya. Oleh karena itu bahan akrilik yang digunakan untuk pembuatan neon box ini tidak mudah pecah.

Neon box jenis acrylic ini memiliki harga yang lebih mahal karena dalam prosesnya membutuhkan teknik desain yang lebih rumit. Semakin tebal bahannya maka harga neon box akrilik juga semakin mahal. 


2. Neon box vinyl/flexi

Neon box vinyl merupakan neon box yang terbuat dari lembaran kain dari material semi plastik atau bahan flexi. Hal ini menyebabkan harga neon box vinyl lebih murah dibandingkan neon box akrilik. 

Meskipun neon box berbahan vinyl memiliki harga yang relatif murah, namun hasil produk neon box ini memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah mudah ditembus cahaya saat lampu backlight dinyalakan. Saat bahan vinyl ini terkena paaparan sinar dari neon box maka warnanya akan lebih keluar. Jadi, neon box ini sangat cocok digunakan untuk promosi yang memiliki persentase desain gambar atau foto yang besar. 

Keunggulan lainnya dari neon box berbahan vinyl adalah pengerjaannya bisa dilakukan dengan teknik digital printing yang lebih mudah dan cepat dikerjakan. 

Bahan vinyl/flexi banyak tersedia di pasaran, mulai dari tersebar luas di pasaran seperti flexi China, flexi Korea hingga flexi Jerman. Dari masing-masing bahan tersebut tentu memiliki harga yang berbeda dan tentu saja kualitas cetak serta daya tahannya juga berbeda.


3. Neon Box Duratrans


Duratrans merupakan nama merk dagang, bukan sebuah bahan untuk pembuatan neon box. Duratrans ini biasanya diaplikasikan untuk neon box yang ditempatkan di dalam ruangan. Jika dipasang untuk display outdoor, maka pemasangannya harus terlindungi dari sinar matahari secara langsung.

Neon box duratrans ini memiliki material bahan yang lebih kuat jika dibandingan bahan vinyl. Tak ayal, jika harga neon box duratrans lebih mahal daripada neon box vinyl. 

Teknik pemasangan neon box duratrans menjadi lebih efisien lantaran bahannya yang kuat. Meskipun harganya terbilang mahal, namun neon box berbahan duratrans banyak diminati konsumen karena keunggulan dan kualitas yang dimilikinya.


Proses Pembuatan Neon Box

Cara membuat neon box ada dua, yaitu dengan menggunakan teknik acrylic dan teknik digital printing. Adapun tahapan pembuatan neon box dengan teknik digital printing adalah sebagai berikut:

1. Mempelajari Finished layout

Desainer membuat layout dari neon box, jika finished layout jadi dan disetujui, maka desainer akan menyerahkannya pada bagian produksi untuk dibuat menjadi bentuk jadi.

2. Menyiapkan bahan dan alat

Adapun bahan yang digunakan adalah satu lembar MMT jenis flexi yang bersifat back light. Misalnya, ukuran yang disediakan adalah 60 cm x 90 cm.

Setelah itu menyiapkan mesin eco solvent sebagai mesin digital printing yang bisa digunakan untuk mencetak Neon Box.

3. Proses printing

Prosesnya sama dengan pencetakan billboard. Kemudian, lampu neon di-setting terlebih dahulu pada tengah-tengah kerangka untuk memberikan efek backlight atau sinar dari dalam.

4. Pemasangan Flexi Back Light pada Media

Langkah yang terakhir adalah, media yang berupa MMT jenis flexi tersebut ditempelkan pada setiap tepinya dengan menggunakan blind rivet. Pada bagian tepi, termasuk sisi atas, bawah, kiri dan kanan ditutup dengan alumunium profile sehingga lampu neon dapat terlindungi dari cuaca.


Harga Neon Box

Harga neon box sangatlah bervariasi antara penyedia satu dengan yang lainnya. Harga tersebut tergantung dengan kualitas bahan yang digunakan.

Secara umum ukuran dan spesifikasi standar dari neon box memiliki harga Rp. 1.500.000 sampai dengan Rp. 2.500.000.

Harga jasa pembuatan neon box:


  • Ukuran 30 x 60 Rp 600.000
  • Ukuran 45 x 60 Rp. 750.000
  • Ukuran 60 x 90 Rp. 900.000
  • Pasang + tiang Rp. 900.000
  • Neon box flexi printing Rp. 1.500.000/meter
  • Neon box acrylic sticker printing Rp. 1.600.000/meter
  • Neon box flexi berukuran kecil dengan tampilan muka 1 sisi Rp. 1.500.000
  • Neon box flexi berukuran kecil dengan tampilan muka 2 sisi Rp. 2.500.000
  • Neon box custom Rp. 1.700.000


Secara detail untuk harga tiang pembuatan neon box dengan pondasi cor beton adalah sebagai berikut:

  • Pipa besi ukuran 2.5” dengan cor beton Rp. 900.000
  • Pipa besi ukuran 3” dengan cor beton Rp. 1050.000
  • Pipa besi ukuran 4” dengan cor beton Rp. 1.300.000
  • Pipa besi ukuran 5” dengan cor beton Rp. 1.500.000
  • Pipa besi ukuran 6” dengan cor beton Rp. 1.700.000

Contoh-Contoh Neon Box


Berikut ini adalah beberapa contoh desain neon box yang mungkin menginspirasi kamu dalam membuat desain neon box:

1. Neon Box Minimarket




2. neon box Rumah Sakit



3. neon box Perusahaan Jasa Pengiriman Barang dan Logistik






4. Neon Box Cafe




5. Neon Box Apotek



6. Neon Box Perbankan


7. Neon Box Franchise F&B


8. Neon Box Lembaga Keuangan Non Bank (LKNB)


Neon box sebagai salah satu media iklan luar ruang saat ini banyak digemari oleh sebuah organisasi atau perusahaan. Harga neon box yang bervariasi dengan beragam ukurannya menjadi alasan perusahaan menggunakan media ini sebagai alat untuk mengiklankan produk atau jasa yang akan ditawarkannya. Neon box dinilai lebih menarik dalam penyampaian iklannya dibandingkan media advertising lainnya.

0 Response to "Harga Neon Box, Jenis, Kelebihan, dan proses Pembuatannya"

Post a Comment