Mengenal Reverse Osmosis, Manfaat, Cara Kerja, dan Harga RO di Pasaran

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang Reverse Osmosis (RO), bukan? Istilah ini memang identik dengan air siap minum. Sebab reverse osmosis memang berfungsi sebagai water purify atau pemurni air berteknologi canggih. Namun, apa sebenarnya RO dan bagaimana cara kerjanya?

Reverse Osmosis terbukti efektif menyingkirkan berbagai jenis bakteri, virus, bahan kimia non organik, kontaminan seperti arsenic, dan zat berbahaya lain. Kemampuan ini pula yang membuat RO menjadi salah satu teknologi pengolah air terpopuler yang umum dipakai untuk menghasilkan air berkualitas.

Via Kusatsu


Apa itu Reverse Osmosis?

Seperti diketahui, air memiliki peran sangat penting bagi kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi, tidak terkecuali manusia. Namun, sadarkah Anda kalau air yang dikonsumsi sehari-hari memiliki potensi terkontaminasi sehingga dapat menimbulkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi?

Untuk meminimalisir hal tersebut, Anda bisa beralih menggunakan alat filter air, seperti reverse osmosis. Mengusung beberapa proses filtrasi bertahap, alat RO terbukti mampu meminimalisir kandungan virus, bakteri, logam berat, dan kotaminan berbahaya lain yang terdapat dalam air.

Lalu, apa itu reverse osmosis?

Reverse Osmosis adalah proses perpindahan molekul pelarut dari konsentrasi rendah ke tinggi. RO pada suatu sistem dibatasi membran semi permeable yang mengandung larutan dua zat berbeda. Saat ini, teknologi RO telah dimanfaatkan memurnikan air ledeng untuk menjadi air siap minum.

Sistem reverse osmosis umum digunakan dalam proses pemurnian air atau desalinasi (menghilangkan unsur garam pada air laut). Selain itu, RO juga bisa digunakan mendaur ulang air kotor menjadi bersih, memurnikan air untuk keperluan Boiler, hingga mengolah air limbah.

Di era modern ini, mesin RO merupakan jawaban atas permasalahan yang terjadi pada air, termasuk mengatasi problem kekurangan air bersih. Dilansir dari The Economist, sekitar 17% air di kawasan Perth, Australia, adalah hasil olahan sistem desalinasi sistem reverse osmosis.

Manfaat Reverse Osmosis

Menggunakan alat pemurni air minum reverse osmosis memiliki beberapa manfaat baik untuk pengguna, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Air Murni Langsung dari Sumber

Larutan air dari keran yang diolah dengan sistem reverse osmosis akan menghasilkan air bersih karena telah difilter sehingga siap minum. Risiko kontaminasi tentu lebih kecil sebab proses pemurnian akan membuat kualitas air menjadi lebih baik dan aman dikonsumsi.


  • Baik untuk Kesehatan

Air dari reverse osmosis memiliki molekul lebih ringan sehingga akan mudah diserap tubuh. Selain itu, kandungan zat dalam air juga sangat rendah, dan ini akan meringankan kerja ginjal. Dengan begitu, kesehatan Anda dan keluarga di rumah tetap terjaga.


  • Penghematan Jangka Panjang

Mungkin ada sebagian orang yang berpikir kalau membeli alat RO terkesan buang-buang uang. Padahal, kenyataannya hal tersebut salah besar. Justru Anda bisa lebih hemat sebab tidak perlu lagi membeli air minum kemasan atau galon secara berkala.


  • Kontribusi Terhadap Lingkungan

Dengan menggunakan alat pemurni air reverse osmosis, Anda juga berkontribusi dalam mengurangi sampah yang dihasilkan saat membeli air minum kemasan plastik sekali pakai.

Contoh Reverse Osmosis

Ada beberapa contoh reverse osmosis yang sangat identik dengan kehidupan sehari-hari, seperti:

  • Desalinasi

Reverse Osmosis terkenal dengan kemampuannya dalam menetralisir kadar garam pada air asin dan menghasilkan air segar siap minum. Pengembangan teknologi RO tentu memberi dampak menguntungkan bagi masyarakat yang tinggal di pesisir pantai.

Pasalnya, sekarang bisa mendapatkan air bersih bebas garam untuk digunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti keperluan memasak, mandi, dan lain sebagainya.

  • Mengolah Air

Reverse Osmosis menjadi solusi menghilangkan berbagai jenis kontaminan dalam air. Tanpa disadari, ada banyak partikel kotoran yang masuk dalam air, seperti logam berat dan fluorida. Namun, sistem RO akan mengolah air dan memprosesnya sehingga bebas kontaminan.

Pada akhirnya, yang tersisa hanyalah air segar yang memiliki rasa pure dan sehat dikonsumsi. Jadi, Anda dan keluarga tidak perlu merasa khawatir lagi dengan kualitas air di rumah. Karena komponen berbahaya dalam air telah difilter reverse osmosis.

  • Daur Ulang

Revolusi hijau memang sedang digalakkan di berbagai belahan dunia. Akan tetapi, daur ulang juga menghasilkan limbah terkontaminasi dalam jumlah besar. Instalasi alat RO di pabrik daur ulang bisa membantu memisahkan racun dan mendaur ulang larutan air.

  • Pembangkit Listrik

Dalam proses memproduksi energi, umumnya uap digunakan sebagai pemutar ubin. Jika uap diproses menggunakan sistem reverse osmosis, maka akan menghilangkan partikel. Secara otomatis, ini bisa mengurangi konsumsi SDA produksi energi.

Prinsip dan Proses Cara Kerja Reverse Osmosis

Prinsip kerja reverse osmosis berlangsung dengan memberikan tekanan tinggi pada larutan atau air yang dialihkan melalui membran semi permeable. Dalam proses ini pula pemisahan ion terjadi. Sehingga molekul air membentuk barier yang memungkin air lewat dan memfilter kontaminan.

Ilustrasi cara kerja RO misalnya, air mengisi kedua sisi membran. Air di salah satu sisi mempunyai perbedaan konsentrasi mineral terlarut, sebab punya sifat berpindah dari konsentrasi rendah menuju konsentrasi tinggi. Selanjutnya, air akan pindah (berdifusi) melalui sisi rendah ke yang lebih tinggi.

Proses tersebut akan mengakibatkan terjadinya tekanan osmosis yang melawan difusi. Tingkat penolakan zat kontaminan memiliki persentase sekitar 85% - 95% (tergantung pada kualitas awal air olahan). Oleh sebab itulah, air hasil olahan sistem reverse osmosis aman dikonsumsi.

Harga Reverse Osmosis




Tidak dapat dipungkiri, bahwa harga alat pemurni air reverse osmosis ditentukan oleh berbagai faktor, terutama kapasitas dan mereknya. Sebagai smart buyer, sudah seharusnya Anda memiliki referensi harga yang dapat dijadikan acuan. Jadi, bisa mulai mempersiapkan biaya sejak dini.

Di bawah ini adalah beberapa harga alat reverse osmosis terbaru dan terlengkap:

Produk

Estimasi Harga

Klaz Angel Pemurni Air RO 3 Filtrasi

Rp. 6.000.000

RO Industrial 3000 Kusatsu

Rp. 74.900.000

RO System Kusatsu 75GH08

Rp. 1.500.000

Mesin RO Kusatsu 100g – A02

Rp. 3.720.000

Mesin RO Aqualife 7 Stage

Rp. 3.805.000

RO 1500 Gpd Kapasitas 150 Galon per Hari

Rp. 11.700.000

Xiaomi Smart Mi Water Purifier RO

Rp. 4.400.000

RO 6000 Gpd

Rp. 31.000.000

GEA ISON RO Dispenser

Rp. 3.100.000


Reverse osmosis adalah salah satu metode pemurnian air paling direkomendasikan karena telah digunakan NASA dan berbagai bidang medis di dunia. Anda juga bisa menginstal alat RO di rumah untuk memenuhi kebutuhan air bersih murni yang aman dan sehat dikonsumsi oleh keluarga.

0 Response to "Mengenal Reverse Osmosis, Manfaat, Cara Kerja, dan Harga RO di Pasaran"

Post a Comment