Daftar Harga Marmer Termurah Sampai Termahal Lokal dan Impor

Marmer merupakan salah satu material bangunan kualitas premium yang dibanderol dengan harga cukup fantastis. Bisa dikatakan, sudah menjadi rahasia umum kalau harga marmer cukup mahal mengingat kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, marmer memiliki tampilan super mewah.

Seiring perkembangan zaman, popularitas marmer sebagai material bangunan semakin cemerlang. Mulai dari pengganti lantai keramik hingga pengganti wallpaper, marmer saat ini sudah menjadi primadona, khususnya mereka yang memiliki banyak uang. Melihat potensi marmer sebagai bahan lantai rumah dan dinding bangunan yang sangat prospek, produsen pun menggunakan kesempatan ini memproduksi berbagai varian marmer yang lebih beragam.




Daftar Harga Marmer Termurah Sampai Termahal Lokal dan Import


Di pasaran, umumnya marmer dijual menggunakan satuan meter atau slab (per lempeng), dan harga ditentukan dari ukuran. Namun, selain ukuran terdapat beberapa faktor lain yang mempengaruhi harga batu marmer, seperti pola atau corak, warna, merek, dan sebagainya.

Meskipun di Indonesia merupakan ada beberapa daerah penghasil batu marmer, namun Indonesia juga mengimpor produk marmer dari luar negeri seperti dari negara Italy. Di bawah ini adalah daftar harga produk marmer terlengkap dari lokal hingga impor, dari yang termurah sampai yang termahal, yang bisa dijadikan sebagai referensi:


1. Marmer Lokal

Produk

Ukuran

Harga

Crema Mangilu

60 cm x 60 cm

Rp. 954.100

Crema Mangilu

Slab

Rp. 1.023.100

Crema Iks

60 cm x 60 cm

Rp. 620.150

Crema Iks

Slab

Rp. 654.200

2. Marmer Citatah

Via Instagram @citatah.official


Produk

Ukuran

Harga

Marmer Citatah Lokal

Slab

Rp. 451.000

Slab

Rp. 280.500


3. Marmer Statuario

Marmer Statuario


Produk

Ukuran

Harga

Statuario Marmer

Slab

Rp. 3.251.900

Statuario Import

Slab

Rp. 2.801.000

Statuario Venato Putih Import Italy

Slab

Rp. 1.805.000

Statuario Marmer Putih (Quartz Stone)

Slab

Rp. 1.401.300

Statuario Bookmatch Import

Slab

Rp. 999.000

Statuario Buatan x03

Slab

Rp. 999.000

Statuario Lembaran Buatan (1220 x 2440 x 3,8 mm)

Slab

Rp. 999.000

4. Marmer Import

Travertine via mazzmar.com


Produk

Ukuran

Harga

Statuario

Slab

Rp. 3.555.000

Snow White

Slab

Rp. 2.101.500

Travertine Cream

Slab

Rp. 1.801.999

White Carrara

Slab

Rp. 1.451.000

Light Emperor

Slab

Rp. 1.371.000

Dark Emperor

Slab

Rp. 1.370.500

Serpegiante Grey

Slab

Rp. 1.274.000

Nero Assoluto

Slab

Rp. 1.251.500

Black Gold

Slab

Rp. 1.201.999

Portoro Silver

Slab

Rp. 1.201.000

Saint Laurent

Slab

Rp. 901.000

Nero Marquina

60P

Rp. 852.000


Faktor Faktor yang Mempengaruhi Harga Marble

Selain ukuran, masih ada beberapa faktor lain yang turut mempengaruhi harga material marmer, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Warna Alami

Perpaduan warna alami marmer menghadirkan visual memukau yang menjadi daya tariknya, sehingga wajar apabila dibanderol dengan harga tinggi. Berbeda dengan marmer yang menggunakan warna artifisial atau buatan, dimana harganya cenderung lebih murah.

Konsumen bisa memilih sesuai dengan budget yang dimiliki. Tidak perlu berkecil hati, sebab saat ini tidak sedikit produsen menerima pesanan marmer dengan warna buatan custom.


  • Merek

Tidak bisa dipungkiri kalau merek merupakan salah satu faktor utama yang menjadi penentu harga marble. Semakin terkenal suatu merek, maka semakin mahal pula harga produknya. Sebab merek ternama umumnya sangat memperhatikan kualitas produk yang dijual.


Namun, hal ini bukan berarti merek yang kurang terkenal atau new brand memiliki produk berkualitas rendah. Apalagi, mengingat produsen marmer semakin banyak saat ini.


  • Hasil Polesan

Finishing akhir marmer memang bisa menjadi penentu harga produk marmer. Hasil polesan terbaik akan membuat warna dan pola marmer semakin tegas. Oleh sebab itu, kalau polesannya bagus, bagian permukaan marmer akan terlihat mengkilap, estetik, dan mewah.

Baca juga: Biaya Jasa Poles Marmer


  • Pola

Salah satu ciri fisik marmer yang dapat mempengaruhi harganya adalah pola di permukaan marble. Semakin cantik dan menarik polanya, bisa dipastikan jika harganya juga mahal. Umumnya, pola urat pada marmer terbentuk secara alami hasil proses alam.


Agar pola yang dihadirkan tampak lebih indah dan artistik, maka tahapan pemotongan marmer harus dilakukan secara mendetail. Para penikmat seni pasti akan menjadikan pola yang terdapat pada marmer sebagai bahan pertimbangan membeli produk tersebut.


  • Kuantitas Pembelian

Jumlah produk marmer yang dibeli sudah pasti merupakan penentu mutlak harga marble. Karena marmer bukanlah material murah, sebagai smart buyer Anda harus mampu memperhitungkan jumlah marmer yang akan dibeli secara baik dan benar.


Oleh sebab itu, direkomendasikan untuk membuat rencana anggaran biaya secara rinci sesuai kebutuhan ruangan yang akan direnovasi atau dibangun agar tidak over budget.

Perbedaan Marmer Lokal dan Marmer Import


Sebelum membeli marmer, Anda pasti akan dihadapkan pada sebuah masalah klasik, seperti lebih baik menggunakan material marmer lokal atau import? Daripada bingung, berikut ini adalah perbedaan antara marmer produk lokal dengan impor yang bisa dijadikan referensi:


1. Marmer Lokal

Pertambangan marmer lokal dilakukan di wilayah Sulawesi, Jawa Timur, Jawa Barat, Sukabumi, dan Lampung. Setiap kawasan pertambangan menghasilkan marmer dengan karakteristik berbeda-beda dengan ciri khas, kelebihan, serta kekurangan masing-masing.

Marmer Sulawesi misalnya, dikenal dengan sebutan Ujung Pandang dan sangat terkenal di pasar lokal hingga mancanegara. Jenis ini memiliki kualitas grade bervariasi, mulai standar hingga premium. Seperti telah disebutkan, kualitas menentukan harga jualnya.


2. Marmer Import

Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai material marmer import di toko bangunan. Harga dan kualitas yang ditawarkan cukup variatif sehingga konsumen bisa memilih sesuai kebutuhan. Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan aspek keindahannya.

Marmer import umumnya didatangkan dari negara penghasil marble terbaik, seperti Italia, Spanyol, Turki, India, Iran, dan sebagainya. Apabila Anda jeli memilih, maka tidak menutup kemungkinan bisa mendapatkan marmer terbaik dengan harga yang terjangkau.

Tips Memilih Marmer Terbaik


Anda berencana menggunakan lantai atau dinding marmer untuk hunian, tapi bingung bagaimana cara memilih marmer terbaik? Selain faktor harga dan juga kualitasnya, berikut ini adalah tips dalam memilih produk marmer yang dijual di toko bangunan:

  • Fungsi Marmer

Setiap ruangan memiliki desain konsep dan fungsi berbeda. Anda perlu menyesuaikan fungsi ruang dengan karakteristik marmer. Apalagi, kalau Anda menerapkan unsur feng shui saat mendesain hunian. Dengan begitu, fungsi material senada dengan tema ruangan.


  • Pattern Marmer

Sebagian besar material marmer diolah tanpa merubah pola dan warna alaminya. Dengan kata lain, pola serat setiap produk marmer tidak mungkin sama. Namun, agar menciptakan kesan match, maka harus bisa menghadirkan unsur keserasian setiap pattern.


  • Warna Marmer

Pilihlah marmer dengan warna yang sesuai desain interior atau eksterior ruangan. Biasanya marmer lokal didominasi warna natural, seperti abu-abu dan krem. Sedangkan marmer import memiliki lebih banyak varian warna, mulai putih, merah, hitam, dan gradasi.

Setelah mengetahui harga marmer dan apa saja faktor yang mempengaruhinya, sekarang Anda bisa mulai membuat detail rencana anggaran untuk mempersiapkan budget yang diperlukan.

0 Response to "Daftar Harga Marmer Termurah Sampai Termahal Lokal dan Impor"

Post a Comment