Apa itu Skun Kabel? Ini Jenis, Ukuran, Harga, dan Cara Memasangnya

Skun kabel atau dikenal juga dengan cable shoes adalah salah satu komponen penting dalam terminasi kabel. Meski mengandung kata "shoes", namun makna dari istilah ini tidak ada hubungannya dengan alas kaki, melainkan terkait dengan terminal tabung tembaga yang digunakan dalam industri listrik.

Namun, komponen berukuran kecil ini juga bukan merupakan sebuah kabel panjang seperti yang mungkin Anda bayangkan sekarang meskipun namanya mengandung kata kabel, tapi tentu saja berhubungan erat dengan kabel. Jadi, apa itu skun kabel? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Skun Kabel?



Dalam industri kelistrikan dan perkabelan ada banyak jenis kabel serta konektor yang digunakan untuk menghubungkan peralatan listrik dan mekanik. Salah satu konektor paling bermanfaat tapi tidak banyak diketahui orang adalah skun kabel.

Skun kabel adalah nama dari salah satu jenis konektor atau klem kabel yang fungsi paling umumnya adalah untuk menghubungkan satu kabel dengan kabel lain atau menghubungkan lebih dari dua kabel. 

Tidak hanya itu, skun kabel juga dapat digunakan untuk menghubungkan dua perangkat listrik lain tidak sejenis misalnya kabel ke peralatan listrik lain atau kabel dengan komponen listrik lain. Skun kabel ini terbuat dari tembaga elektrolitik berkualitas tinggi dengan berbagai ukuran lubang.

Konektor ini juga memiliki pelapis timah yang memberikan ketahanan terhadap korosi. Disebut juga dengan istilah kabel lug di sejumlah negara tertentu, berikut adalah manfaat dan karakteristik dari penggunaan skun kabel:

  1. Benda kecil ini dirancang agar mudah dipasang dan dilepas untuk memudahkan pemeliharaan atau perbaikan pada perangkat listrik.
  2. Menyambungkan dua perangkat listrik dengan skun kabel akan membuat suplai serta distribusi arus listrik menjadi lebih lancar tanpa hambatan.
  3. Skun kabel umum digunakan ketika kedua perangkat atau kedua kabel tidak dapat disambungkan secara permanen. 
  4. Skun kabel dilengkapi dengan penutup pengaman untuk mencegah kabel tidak mudah lepas dari kabel lug, serta untuk menghindari kerusakan pada kabel lug itu sendiri yang bisa menyebabkan korsleting. 
  5. Skun kabel bisa juga digunakan untuk menghubungkan sakelar beban, soket sekring, dan menghubungkan kabel lewat tegangan tinggi atau sambungan listrik jenis khusus lainnya.

Jenis-Jenis Kabel Skun


Skun kabel hadir dalam berbagai ukuran, jenis, bentuk, bahan dan bahkan konfigurasi yang digunakan. Berdasarkan bahan dasarnya, berikut adalah skun kabel yang paling umum dijual di pasar Indonesia:


1. Skun SC (Skandium) 


Via Tokopedia


Skun kabel jenis ini terbuat dari bahan tembaga yang dikrom, yang membuatnya tidak mudah berkarat karena adanya proses oksidasi. 

Finishing dari krom pada bahan tembaga tadi bisa mengkilap atau juga doff. Meski sedikit berbeda dalam hal warna, namun keduanya memiliki ketahanan dan fungsi yang sama. Sedangkan dalam hal ukuran, SC tersedia mulai dari 4 - 630 mm dengan ukuran lubang yang beragam juga sesuai ukuran panjang.

2. Skun AL (Aluminium)

Via Shopee

Skun kabel jenis ini memiliki tampilan fisik berwarna silver seluruhnya karena terbuat dari bahan aluminium dengan kemurnian sama dengan atau lebih besar dari 99,5%. 

Skun jenis ini cocok untuk menghubungkan kabel aluminium MV dan LV, 11kV-33kV, dan 630sqmm.


3. Skun CU (Tembaga)

Via Jayalistrik

Jenis ini berbahan utama tembaga dengan kemurnian mencapai 99,9%. Tapi ada juga yang dibuat dari tembaga fosfor terdeoksidasi (JIS H3300) yang dilapisi nikel. Ukuran skun CU berkisar dari 2,5-630 mm.

Skun kabel jenis ini paling umum digunakan untuk pemasangan terminal block, tembaga busbar, breaker MCCB, dan change over switch.


4. Skun AL-CU (Bimetal) 

Via Shopee


Skun AL-CU dibuat dari campuran palm tembaga dan barel aluminium. Jenis ini paling umum digunakan pada switchgear, panel kontrol, dan kotak penggabung di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk mencegah korosi dan memastikan ketahanannya.

Baca juga: Mengenal Panel Surya, Kelebihan dan Kekurangan, Cara Kerja, dan Biaya Pasang


Ukuran dan Harga Skun Kabel


Karena skun kabel umum digunakan untuk menghubungkan kabel dan perangkat listrik, maka sebagian besar konektor ini dibuat dari bahan yang tidak menghantarkan arus listrik, sehingga lebih aman. Sedangkan untuk ukuran, skun kabel hadir dalam beberapa jenis ukuran berbeda seperti daftar berikut:

Diameter Kabel (mm) x Ukuran Baut

Harga Satuan

2,5 x M5

Rp 2.500

4 x M5

Rp 2.900

6 x M6

Rp 4.200

10 x M6

Rp 5.200

16 x M6

Rp 8.500

25 x M6

Rp 13.000

35 x M6

Rp 17.500

50 x M10

Rp 26.000

70 x M10

Rp 43.300

95 x M12

Rp 52.000

120 x M12

Rp 61.200

150 x M12

Rp 72.500

185 x M16

Rp 138.000

240 x M16

Rp 163.500

300 x M20

Rp 268.800

400 x M20

Rp 385.900

500 x M20

Rp 938.000




Cara Memasang Skun Kabel

Via https://www.youtube.com/watch?v=4QtpplmISqU

Jika ingin melakukan penyambungan dua kabel semi permanen alias dapat dilepas dan pasang, maka berikut adalah langkah-langkah menggunakan skun kabel sebagai konektor kabel yang bisa Anda coba:

  1. Siapkan tang long nose (tang dengan ujung lancip).
  2. Gunakan tang tadi untuk mengupas bagian luar kabel pada bagian ujungnya.
  3. Pelintir ujung kabel yang sudah dikupas tadi agar serabut-serabut kabel menjadi rapi dan nantinya mudah dimasukkan ke dalam konektor.
  4. Sekarang masukkan ujung kabel ke dalam skun dengan posisi yang benar, dan gunakan tang untuk menjepit kedua perangkat agar lebih rapat dan kuat. 
  5. Lakukan hal yang sama pada kabel satu lagi yang akan disambungkan, dan selesai.

Berbagai jenis kabel skun tersedia di pasaran dengan ukuran dan bahkan bahan yang berbeda. Begitu juga dengan harganya. Masing-masing jenis menawarkan konduktivitas yang berbeda dan beberapa dapat menghantarkan listrik jauh lebih baik daripada jenis yang lain.

0 Response to "Apa itu Skun Kabel? Ini Jenis, Ukuran, Harga, dan Cara Memasangnya"

Post a Comment