Peran Housekeeping dan Hubungannya dengan Departemen Lainnya

Housekeeper sedangkan departemennya disebut housekeeping adalah bagian dalam struktur organisasi bisnis yang berkaitan dengan operasi pemeliharaan dan pembersihan di rumah tangga namun juga bisa di hotel, rumah sakit, sekolah, dan organisasi lainnya. 

Profesional yang bekerja di bidang housekeeping adalah asisten rumah tangga, roomboy/maid atau housekeeper dan tugas mereka bervariasi sesuai dengan perusahaan atau tempat tempat mereka bekerja. Biasanya housekeeper ini banyak digunakan dalam perusahaan perhotelan.

Dalam hal peran atau pekerjaannya, mereka membersihkan area publik, kamar, kemudian fasilitas yang tersedia di room tersebut serta, kebersihan kamar mandinya dan lain sebagainya. Kepuasan tamu merupakan tujuan yang paling utama dan perlu diperhatikan karena hal tersebut berpengaruh penting pada penjualan kamar.


Apa itu Housekeeping?

Housekeeping berasal dari dua kata, yaitu house yang memiliki arti bangunan atau rumah dan keeping (to keep) yang memiliki arti menjaga, memelihara, dan merawat. Jadi, dalam dunia perhotelan arti housekeeping adalah bagian atau departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel dan kamar huniannya tampak rapi, bersih, indah, menarik, dan menyenangkan bagi penghuni atau tamu yang menginap. 

Sementara itu petugas housekeeping disebut housekeeper. Housekeeper adalah orang yang bertugas menjaga, merawat, serta memelihara kelengkapan kamar-kamar tamu, restoran, bar, dan tempat-tempat umum dalam hal ini hotel.


Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping Department


Tugas dan tanggungjawab departemen housekeeping adalah menjaga, memelihara, merawat kebersihan seluruh area hotel, meliputi:

  • Areal yang berada di luar ruangan hotel seperti areal parkir, kebun, dan swimming pool.
  • Areal yang berada di dalam bangunan gedung, yaitu kamar-kamar (room), ruangan-ruangan yang disewakan seperti office, meeting room, dan restaurant.
  • Areal khusus untuk tempat karyawan seperti locker, toilet, serta section lain yang mengurusi linen milik hotel sehingga area tersebut terlihat indah dan nyaman.

Departemen housekeeping mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapian, keindahan serta kenyamanan seluruh areal tersebut, juga memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para tamu hotel.


Peran Departemen Housekeeping Dalam Meningkatkan Kualitas Tingkat Hunian Kamar





Housekeeping adalah salah satu bagian dari suatu hotel yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan, kebersihan, perawatan, penataan, keindahan yang ada di hotel, baik secara menyeluruh maupun administrasi. Departemen housekeeping dapat dibagi lagi dalam beberapa section dan masing-masing section akan dipimpin oleh supervisor.

Section-section dalam departemen housekeeping adalah:

1. Housekeeping Office Section

  • Bertugas menyelesaikan administrasi seluruh kegiatan yang ada dalam departemen housekeeping.

2. Floor/ Room Section

  • Menjaga dan memelihara kebersihan, kerapian, kelengkapan fasilitas kamar tamu dan sekitarnya.
3. Houseman Section

  • Bertanggung jawab untuk memelihara dan menjaga kebersihan dan kerapian area publik hotel.
4. Roomboy/ maid

  • Peran dari roomboy adalah melaksanakan penataan, perawatan dan sekaligus melengkapi kebutuhan kamar-kamar tamu sesuai standar supplies yang telah ditentukan. Roomboy bertanggung jawab untuk membersihkan room setiap hari pada saat kamar ditempati tamu check in maupun check out dan dalam keadaan kamar kosong (vacant) biar selalu bersih dan indah. 

5. Linen and uniform section

  • Bertanggung jawab untuk pengadaan linen uniform bagi karyawan dan memastikan keadaannya dalam kondisi bersih dan siap pakai.

6. Gardener section

  • Bertugas untuk memelihara, menjaga, dan mengurus tanaman dan taman-taman baik di dalam maupun di luar sekitaran hotel.


7. Florist section

  • Menyiapkan dan mengadakan program penggantian bunga secara rutin pada area front office, bar & restaurant, dan lobby.
  • Menyediakan dan merangkai bunga untuk event, corsage dan kalung melati.
  • Membersihkan bunga yang sudah dipakai dalam suatu event.

8. Swimming Pool Section

  • Memelihara dan menjaga kebersihan, keindahan dan kerapian area kolam renang. Termasuk, melakukan tes kualitas air setiap hari.
  • Melayani dan menjaga keselamatan para tamu yang sedang berenang di area kolam.
  • Membantu departemen Food & Beverage jika ada orderan makanan dan minuman dari tamu yang sedang berenang.




Hubungan Departemen Housekeeping dengan Departemen lainnya


Untuk mencapai target penjualan kamar yang ingin dicapai dalam suatu periode tertentu, pihak housekeeping tidak dapat bekerja secara sendiri. Dalam pelaksanaan tugas hariannya, housekeeping harus bekerjasama dengan departemen lain. Adapun hubungan kerja tersebut meliputi dengan berbagai departemen lain dalam hotel:

a. Housekeeping dengan Front Office

Hubungan kerja antara departemen housekeeping dengan departemen front office sangat erat sehingga dibutuhkan komunikasi yang baik antara keduanya. Front office memiliki tugas untuk menjual kamar, sedangkan housekeeping adalah departemen yang bertugas menyiapkan kamar-kamar yang akan dijual, lengkap dengan fasilitas yang diperlukan. Oleh karenanya, kamar harus segera dibersihkan dan diperiksa oleh housekeeping sebelum front office bisa menjual kamar-kamar tersebut kepada tamu.


Front office harus memastikan bahwa status kamar harus akurat dan tepat waktu apakah kamar tersebut siap untuk dibooking, dibersihkan atau sedang diperiksa. 

Oleh karenanya, pihak  front desk setiap malam bertugas membuat sebuah occupancy report (laporan tingkat hunian kamar). Laporan ini menyediakan informasi terkait kamar-kamar yang dihuni tamu yang akan chek-out pada hari berikutnya. 

Dengan daftar occupancy report tersebut, petugas excutive housekeeping akan dimudahkan dalam membuat jadwal kamar-kamar mana saja yang harus dibersihkan oleh roomboy dan section lainnya yang bertugas.

Di akhir jam kerja Housekeeping, roomboy akan mempersiapkan status report yang menunjukkan status seluruh kamar yang ada di dalam hotel. Oleh karenanya, sistem informasi dan pengawasan antara departemen housekeeping dan front office harus berjalan dengan baik demi kelancaran operasional hotel.


b. Food and beverage Department dengan Housekeeping Department

Departemen housekeeping memiliki tanggung jawab terhadap kebersihan setiap bagian food and beverage department agar departemen ini dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya kepada tamu dan juga menyediakan makanan bagi housekeeping dalam keadaan nyaman.

Housekeeping menjalankan tugasnya untuk menjaga kebersihan, keindahan dan juga menyuplai kebutuhan linen ke departemen food and beverage sesuai kebutuhan.

c. Housekeeping dengan Departemen Accounting

Petugas executive housekeeping harus selalu menjalin kerja sama dengan pihak departemen accounting and finance untuk memantau atau monitoring keperluan apa saja yang dibutuhkan. Dengan begitu,  kegiatan operasional hotel tetap berjalan dengan baik tanpa harus mengganggu keadaan keuangan hotel.

d. Housekeeping dengan Departemen Engineering

Departemen enginering bertanggung jawab mengenai perawatan fasilitas yang ada di dalam hotel, termasuk juga bangunan hotel itu sendiri. 

Petugas housekeeping setiap harinya harus memeriksa seluruh fasilitas yang ada di hotel mulai dari yang berada di area publik hingga kamar hotel. Jika ditemukan adanya kerusakan dan perlu segera diperbaiki, maka petugas bisa segera melaporkannya kepada departemen engineering agar segeraiperbaiki sehingga fasilitas yang rusak tersebut dapat digunakan oleh tamu hotel.

e. Housekeeping dengan Departemen Security

Keamanan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi konsumen untuk memilih hotel yang akan digunakan sebagai tempat menginap atau mengadakan sebuah acara.

Tidak hanya security, roomboy juga dapat membantu menjaga keamanan hotel dengan selalu menjaga dan mengikuti standar operasional prosedur (SOP) pekerjaannya. Sebagai contoh, roomboy selalu memastikan penggunaan kunci master dan juga memastikan bahwa pintu kamar selalu terkunci sehabis dibersihkan dan diperiksa.


f. Housekeeping dengan Human Resources Department (HRD)

HRD bertugas untuk melaksanakan pelatihan dan orientasi pegawai-pegawai hotel, termasuk pegawai yang ada dalam departemen housekeeping. Petugas housekeeping perlu ditraining agar dapat bekerjasama dengan departemen lainnya secara baik.

g. Housekeeping dengan Sales and Marketing

Melalui departemen sales and marketing, hotel berusaha untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya melalui pengiklanan dan pemasaran. Departemen housekeeping memberikan konstribusi yang penting. Para tamu yang pernah menginap atau menggunakan fasilitas hotel bisa saja melakukan promosi atau merekemondasikan hotel tersebut ke teman atau saudaranya karena merasa puas dengan pelayanan dan kenyamanan yang diberikan oleh pihak hotel.

Itulah ulasan mengenai apa itu housekeeping dan peranannya dalam suatu bisnis perhotelan, termasuk juga hubungan housekeeping dengan departemen lainnya. Housekeeping adalah bagian yang mempunyai peranan dan fungsi yang sangat penting untuk keberadaannya, dalam memberikan pelayanan kepada para tamu dan juga dalam hal kenyamanan dan kebersihan hotel. 

0 Response to "Peran Housekeeping dan Hubungannya dengan Departemen Lainnya"

Post a Comment