Jenis dan Ukuran Dimensi Truk di Pasaran

Truk adalah satu jenis moda transportasi yang biasanya digunakan untuk mengangkut barang. Ukuran dimensi truk cukup beragam guna untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Ada beragam jenis truk dan kapasitasnya, seperti truk trailer, truk fuso, truk pickup, dan lain sebagainya.

Perbedaan jenis dan ukuran dimensi truk ini seringkali menjadi dilema tersendiri bagi para pelanggan yang ingin menggunakan jasa sewa truk. Mereka sebelumnya harus survey dulu guna untuk memilih tipe truk yang memiliki ukuran cocok dengan barang yang akan dimuat.





Cara Menghitung Kubikasi Container


Kubikasi adalah volume ukuran suatu benda atau dalam bahasa matematis dapat dirumuskan panjang x lebar x tinggi. Satuan dari kubikasi juga bisa disebut dengan CBM/Kubik.

CBM ini nantinya akan memudahkan bagi pelanggan atau sopir untuk menentukan jenis truk yang akan dipilih untuk mengangkut barang. Sebagai contoh, perhitungan kubikasi barang yang akan diangkut oleh container adalah sebagai berikut:

Lemari es memiliki dimensi ukuran 555 x 1400 x 585mm. Maka, dapat dihitung 55,5 x 140 x 58,5 cm/1000.000 (perhitungan standar penyewaan container) = 0,454545 CBM. Jika Lemari es tersebut berjumlah 100 yang akan dikirimkan, maka truk container yang dipilih adalah yang memiliki muatan 45,4545 CPM atau jika tidak ada bisa dibagi menjadi beberapa truk untuk mengangkutnya.



Kenali Apa itu Sumbu Truk


Sumbu truk berfungsi sebagi tempat pemasangan roda. Jika pada mobil umum jumlah sumbu hanya ada dua, lain halnya pada truk. Truk memiliki jumlah sumbu yang tidak hanya ada dua, melainkan bisa lebih dari dua. Semakin banyak jumlah sumbu, semakin banyak jumlah roda truk yang terpasang.

Selain ukuran bak truk, jumlah sumbu truk tersebut juga sangat berpengaruh bagi sopir dalam menentukan menentukan barang apa yang akan diangkutnya nanti. Dengan begitu, dalam perjalanan truk tidak akan oleng atau tergelincir dikarenakan kelebihan muatan.

Jenis-Jenis Truk Berdasarkan Ukurannya

Berikut adalah penjelasan jenis-jenis truk yang dijual di pasaran yang dapat dibedakan berdasarkan jumlah sumbu, jumlah roda, ukuran bak truk, dan kapasitas muatan/kubikasi, diantaranya yaitu:


1. Truk Pick Up

Ukuran dimensi truk yang paling kecil adalah truk pick up. Jenis truk ini hanya memiliki dua jumlah sumbu dan beroda empat. Oleh karenanya, penyebutan nama truk pickup di Indonesia sangat jarang sekali terjadi, yang ada adalah mobil pickup, baik itu mobil pickup bak, box maupun gran max.

Mobil pick up ini umumnya memiliki ukuran bak: panjang 2-3 meter, lebar 1-1,8 meter, dan tinggi 1-1,8 meter. Dengan kapasitas maksimalnya sekitar 1-2 ton. Sehingga, rata-rata truk pick up ini memiliki volume kapasitas maksimal 1 CBM..

Masyarakat Indonesia banyak memilih dan menggunakan mobil pick up merek carry pick up, Mitsubishi L300 dan grand max/blind van. Mereka menggunakannya untuk aktivitas perniagaan terutama pada jalanan-jalanan sempit di pedasaan maupun di lintas kabupaten.


2. Truck Trailer

Trailer adalah sebuah bagian dari moda transportasi yang tidak memiliki mesin yang ditarik oleh kendaraan yang memiliki mesin (truk). Karena memang trailer ini dirancang khusus sebagai kargo yang digunakan untuk mengangkut barang atau material berukuran besar dan berat. Daya angkutnya sendiri bisa mencapai 20 ton sampai 60 ton

Trailer didesain menjadi dua jenis, yaitu trailer 20 feet dengan jumlah sumbu 4 dan 5. Dan trailer 40 feet yang memiliki jumlah sumbu 6. Selain itu, trailer juga memiliki tipe yang lebih banyak, seperti trailer lowbed, flatbed, flattrack, box, bak dan lainnya. Dimensi truk trailer sendiri berukuran panjang 6 meter, lebar 2,3 meter, dan tinggi 2,5-3 meter.


3. Truk Colt Diesel


Ukuran bak dari truk colt diesel umumnya memiliki panjang 3-4 meter, lebar 1-2 meter, dan tinggi 1,5-2 meter. Adapun berat kapasitas maksimal bisa mencapai 2-3,5 ton atau sekitar 14 kubik. Nah, terdapa dua jenis truk colt diesel, yaitu:

  • Truk Colt Diesel Engkel (CDE)

Truk Colt Diesel Engkel (CDE) biasa disebut dengan truk engkel saja. Jenis truk ini memiliki dua sumbu dan empat jumlah roda seperti halnya truk pick up. Akan tetapi, yang membedakan antara truk CDE dan truk pick up adalah  truk CDE memiliki kubikasi 6 CBM dengan kapasitas muatan maksimalnya 2-3,5 ton.

Truk engkel ini tidak hanya berfungsi untuk mengirimkan barang berat, namun juga biasa digunakan untuk truk sampah lho.

  • Truk Colt Diesel Double (CDD)

Truk Colt Diesel Double (CDD) biasa disebut juga dengan sebutan truk canter. Jenis truk ini memiliki dua sumbu dan beroda enam.

Truk canter memiliki ukuran sedikit lebih lebar jika dibandingkan truk engkel, yaitu volume muatannya berkapasitas 12 CBM dan berat muatan maksimal 4 Ton.

Sementara itu keunggulan dari truk canter adalah memiliki kemampuan untuk membawa barang/muatan yang lebih banyak dengan cara memodifikasinya menjadi truk CDD Long.


4. Truck Fuso


Truk Fuso merupakan varian dari jenis truk engkel sehingga mirip dengan truk Colt Diesel Double (CDD) namun kapasitas fuso jauh lebih besar, yakni 25 CBM dengan kapasitas berat 7 hingga 15 Ton.

Sementara itu untuk dimensi truk engkel Fuso standar yaitu: panjang 6-7 meter, lebar 2,2-3 meter dan tingginya 2-2,5 meter.  Fuso ini banyak dimanfaatkan sebagai kendaraan niaga di kelas light dan medium truck.

5. Truk Tronton

Standar umum dari truk tronton adalah mempunyai 3 sumbu dengan jumlah roda ada 10, konfigurasi rodanya adalah 2 – 4 – 4. Ukuran bak truk tronton lebih besar dibandingkan dari truk engkel Fuso yaitu: berukuran panjang 7-9 meter, lebar 2-2,5 meter, dan tinggi 2,3-2,5 meter. Sedangkan kapasitas truk tronton mampu membawa muatan cukup banyak, yaitu 30 CBM dengan berat maksimal 10 Ton.

Seperhati halnya truk colt diesel, truk tronton ini juga sering dimodifikasi sesuai kebutuhan. Sebagai contoh dari modifikasi truk tronton diantaranya: truk tangki dan dump truk yang dilengkapi dengan fasilitas hidrolik sehingga bisa bekerja sendiri saat proses unloading. 

6. Truk Wingbox



Truk Wingbox cukup banyak digemari oleh masyarakat karena memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki jenis truk lainnya. Salah satu kelebihannya adalah truk wingbox pada 3 sisi atau sayapnya (samping kanan, samping kiri dan belakang) dapat dibuka seluruhnya sehingga dapat mempercepat saat pekerjaan bongkar muat barang dalam muatan.

Adapun ukuran dimensi truk wingbox adalah memiliki panjang 8,8 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi 2,1 meter. Truk wingbox memiliki kapasitas muat maksimal 32-36 ton atau sekitar 34 CBM.

Jenis dari truk wingbox ada dua jenis, yaitu yang memiliki dua sumbu dan tiga sumbu. Sementara itu berat maksimal dan kapasitasnya juga sangat bervariasi karena bersifat built-up, bukan buatan perusahaan manufaktur truk.

7. Container

Container adalah sebuah peti kemas yang didesain untuk menyimpan dan memuat barang berukuran besar. Kelebihan dari container adalah bersifat fleksibel yang dapat dibawa atau dikirim kemanapun sesuai dengan keinginan. Karena sebenarnya container tidak memiliki roda ataupun mesin sehingga harus disambung dengan truk trailer.

Berdasarkan ukuran dimensinya, container dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu 20 feet, container 40 feet dan container high cube.

Kami akan menjelaskan dimensi truk container untuk yang 20 feet dan 40 feet seperti di bawah ini:

  • Truk Container 20 Feet

Adapun ukuran dimensi container 20 feet adalah mempunyai ukuran: panjang 5,9-6,2 meter, lebar 2,3-2,6 meter, dan tinggi 2,5-2,7 meter. Sementara itu truk ini mempunyai kapasitas muat hingga 20 ton atau sekitar 30 CBM.

  •  Truk Container 40 Feet

Ukuran bagian dalam truk container 40 feet lebih besar jika dibandingkan container 20 feet sehingga daya angkutnya juga lebih besar. Ukuran dimensinya yaitu memiliki panjang 12-12,3 meter, lebar 2,3-3,6 meter dengan kapasitas maksimal 27 CBM.

Daftar Perusahaan Penyedia Sewa Truk 


NAMA PERUSAHAAN

KOTA

CV. DEDI BUANA

JAKARTA BARAT

GAMMA SAKTI TRANSPORTATION

JAKARTA BARAT

PT.MAXINDO SUKSES EXPRESS

JAKARTA BARAT

LAKSANA JAYA TRANS

JAKARTA BARAT

JAKARTA TRUCK RENTAL

JAKARTA SELATAN

HMT TRUCK RENTAL

CENGKARENG

PT.TONGKONAN TRANS

JAKARTA UTARA

TIFA TRANS

JAKARTA UTARA

KHAIRA JAYA MANDIRI

BOGOR

SEWA WING BOX RIMAN

BEKASI

0 Response to "Jenis dan Ukuran Dimensi Truk di Pasaran"

Post a Comment